Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Faktur Pajak Masukan Yang Sudah Sukses Upload

Untuk faktur pajak masukan memang berbeda dengan faktur pajak keluaran. Apabila faktur pajak keluaran setelah upload terdapat kesalahan dalam measukkan nominal harga, nama barang yang dijual, atau alamat lawan transaksi masih bisa diganti dengan menerbitkan faktur pajak pengganti. Yang menjadi pertanyaan banyak wajib pajak, bagaimana dengan faktur pajak masukan yang setelah upload ternyata terdapat kesalahan?

Biasanya kesalahan yang terdapat dalam upload faktur pajak masukan adalah kesalahan mengkreditkan masa pajak, ada juga yang salah dalam memasukkan nominal. Padahal untuk nominal seharusnya jika tidak sama dengan faktur pajaknya tidak akan sukses upload. Permasalahan ini belum saya ketahui secara pasti mengapa salah nominal bisa saja sukses upload. Seharusnya memang ada auto correction untuk nominal ini.

Secara aplikasi e-faktur, jika faktur pajak masukan sudah sukses terupload maka tidak dapat diubah maupun diganti. Kecuali lawan transaksi atau penerbit faktur pajak keluaranlah yang mengganti dengan menerbitkan faktur pajak pengganti. Terus jika salah masa pajak gimana dong? Ya bisa saja diatasi dan diganti, tetapi memang ada cara yang sedikit rumit. Berikut caranya
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan

  • Download aplikasi e-faktur yang baru sesuai dengan versi laptop/pc anda 32 bit atau 64 bit. Jika anda sudah memiliki aplikasi e-faktur versi terbaru yang belum tergistrasi gunakan saja.
  • Selanjutnya masuk pada folder Backup di aplikasi e-faktur lama anda (yang terdapat pajak masukan salah upload). Di dalam folder backup terdapat beberapa file dengan type WinrarZIP archive. Cari tanggal dimana faktur pajak masukan anda belum diinput dan/atau belum diupload. Misalnya tanggal 14 Januari 2017 (lihat gambar).
  • Copy dan pastekan ke tempat lain kemudian Extract file tersebut hingga membentuk folder db.
  • Folder db tersebut copy dan pastekan ke dalam aplikasi e-faktur yang barusan anda download atau belum registrasi.
  • Jalan EtaxInvoice dan setelah berhasil login lihat dalam administrasi faktur pajak masukannya. Faktur pajak masukan yang salah masa (salah mengkreditkan) sudah hilang.
  • Yang perlu anda lakukan adalah input ulang faktur pajak masukannya dan upload kembali. Diperhatikan lagi masa pajak yang akan anda kreditkan.
Cara diatas merupakan cara merubah faktur pajak masukan yang sudah sukses upload. Sedikit rumit memang. Catatan penting untuk cara diatas adalah database yang terinput setelah tanggal 14 Januari 2017 tidak akan terinput ke dalam aplikasi baru. Yang harus anda lakukan adalah silahkan ekport data-data aplikasi e-faktur lama mulai dari faktur pajak keluaran, lawan transaksi, nama barang kemudian anda imporkan ke dalam aplikasi e-faktur yang baru. Dengan cara tersebut data e-faktur lama akan masuk ke dalam aplikasi e-faktur baru.

Selanjutnya, untuk administrasi faktur pajak silahkan menggunakan aplikasi e-faktur yang baru. Demikian, semoga bermanfaat.

88 comments for "Cara Merubah Faktur Pajak Masukan Yang Sudah Sukses Upload"

  1. Mas, saya mengalami kendala yang sama yaitu salah input periode pengkreditan PM. saya sudah coba ikuti instruksi di atas, namun ketika aplikasi e faktur yang baru saya buka, malah muncul pesan error :"database tidak dapat diakses, pastikan aplikasi e faktur tidak berjalan". saya pun coba ambil db yang sebelumnya secara berurutan, tapi tetap saja tidak bisa. Ada masukan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu databasenya bermasalah mas. coba mas ambil db yang seblumnya misal tanggal kemrin 24 april 2017, ekstrak. Setelah itu download atau ambil aplikasi efaktur versi 46 yang masih baru. masukkan hasil ekatrakaan 9db) tadi ke aplikasi tersebut.

      Delete
    2. sudah saya ambil db yang sebelumnya sampai lebih dari 5x. hasilnya masih sama. mungkin aplikasi efakturnya yang belum update. btw barusan saya saya coba akses pajak.go.id untuk donlot aplikasi efaktur versi 32 bit yang terbaru, tapi link donlotnya selalu error. ada rekomendasi mas link donlot utk efaktur 32 bit yang terbaru? terima kasih

      Delete
    3. silahkan download disini mas
      https://www.dropbox.com/s/s2l262of12wga5z/EFaktur_Windows_32bit.rar?dl=0
      jangan lupa nanti ekstrak dulu ya

      Delete
    4. Alhamdulillah sudah berhasil mas.
      Terima kasih ya atas bantuannya

      Delete
  2. Met malam numpang tanya, selain pajak masukan apakah bisa dilakukan cara diatas untuk pajak keluaran, alasannya ternyata belum saatnya diterbitkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas. Hnya untuk faktur pajak masukan saja. Kalau keteranganny belum saatnya diterbitkan berrti memang saat input tanggal dan masa tidam sesuai. Cek kembali tanggal dan masa pajkanya pastika tanggal tidak lebih dari hari ini

      Delete
  3. Database saya di folder back up cm 1
    Dan kalau dibuka hasilnya masih yg terbaru . Ga ada yg lama . Ada solusi ?

    ReplyDelete
  4. @green rind > sudah pasti kalau folder efaktur tersebut yang biasa dijalankan? Mohon dicek, takutnya salah masuk folder, seharusnya ketika membuka aplikasi e-faktur terbentuk backup (RAR)

    ReplyDelete
  5. Selamat pagi pak.

    Pak, saya ada kesalahan input untuk Faktur Pajak Masukan.

    Hari ini saya input data.

    Faktur pajak tertanggal 7 Juni 2017, harusnya masuk ke masa Juni 2017, tapi saya salah input masuk ke masa juli 2017 dan sudah uploded/ approved.

    Saya bingung. Saya tanya kring pajak, mereka bilang kalo sudah approved tidak bisa diubah atau dibatalkan.

    Saya baca artikel bapak, bisa diubah, tapi caranya saya kurang ngerti, maklum gaptek.

    Mohon pencerahannya pak.

    Terima kasih, agus

    ReplyDelete
  6. @Agus Simarmata > betul pak apa yg sudah disampaikan kring pajak. Memang PM yg sudah upload tidak bisa doubah tapi bisa diubah dengan cara diatas dengan memundurkan databasenya. Konsekuensi data2 faktur pajak jadi mundur juga sesuai tanggal pengambilan database. Cara di atas bisa diterapkan pak

    ReplyDelete
  7. Terima kasih pak atas infonya. Tapi apakah nanti bermasalah pak kalo kita ubah ? bukannya semua sudah online dan terhubung ke kantor pajak ?

    ReplyDelete
  8. Hari ini saya input dan salah input, jadi saya ambil data yang kemarin yah pak ? data db ?

    Setelah itu kita buka aplikasi e-fakturnya seperti biasa, dan datanya menggunakan data kemarin ?

    ReplyDelete
  9. @Agus Simarmata > betul pak pake db yang kmrin. db tersebut kemudian dimasukkan ke aplikasi e-faktur yag kosong belum tregistrasi.

    betul pak

    ReplyDelete
  10. download efaktur windows 64bit koo error terus ya... boneh minta saran link yg gak error buat download

    ReplyDelete
  11. http://www.efakturespt.com/2016/11/tips-mudah-dan-aman-menggunakan.html?m=1
    Silahkan download di alamat tersebut

    ReplyDelete
  12. terimakasih buat info dan sarannya,

    ReplyDelete
  13. pak mau tanya..saya baru dpt fp dari vendor yg mrpkan PMbuat kmi dibln juni danbaru diberikan di bln sept...bagaimana cara merevisi pm juni..apa perlu saya buat lagi upload pm juni kmudian spt masa juni juli dan agst saya buatkan penggantinya?

    ReplyDelete
  14. duh maaf jdi salah masuk ke komen deh

    ReplyDelete
  15. Jangka waktu PM kan 3 bulan. Jika memang sudah terlambat, bisa dimasukkan di juni, juli atau agustus tetapi nanti harus membuat pembetulan SPT Masa PPN (jika sudah lapor).

    ReplyDelete
  16. Dear admin,, mohon solusi jika faktur pajak masukkan sudah (approvel sukses) di masa 7 sedangkan saya ingin sebagian faktur pajak masuk di bulan 8 bagaimana yah ??

    Jika harus menggunakan cara diatas, apakah harua download e faktur yg baru? Apakah tdk bisa menggunakan efaktur lama?

    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Mohon maaf, ini Faktur yang masa 7 sudah sukses approval, apa sudah dilaporkan ke SPT masa Juli?

    ReplyDelete
  18. Jadi SPT 7 sudah lapor.
    Namun ada faktur pajak masukan yg bulan 7 belum lapor, jadi rencananya dilaporkan ke bulan 8 (krn masa berlaku FM adalah 3 bulan).

    Tetapi faktur masukan bulan 7 yg tadi rencananya dilaporkan ke bulan 8 sudah sukses approval tapi salahnya masuk ke bulan 7 (dimana bulan 7 sudah lapor SPT).

    Jadi, apakah saya harus menggunanakan cara diatas supaya FM nya bisa saya masukkan kembali ke bulan 8?

    Mohon bantuannya ya pak.

    ReplyDelete
  19. Sukses.
    Terima kasih utk info nya.
    Sangat membantu.

    ReplyDelete
  20. Baru mau dibalas udah sukses aja, sama sama :)

    ReplyDelete
  21. Selamat siang Pak Triwibowo.

    Saya sudah paham mengenai langkah-langkah yang bapak jelaskan. Tapi yang menjadi pertanyaan saya, apakah nanti ada masalah dengan kantor pajak di kemudian hari jika kita memundurkan database seperti itu ?

    Mohon pencerahannya menurut pengalaman bapak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Selamat siang Pak Triwibowo,

    saya sudah melakukan apa yg diinstruksikan bapak, tetapi setelah diupload di reject dikarenakan faktur sudah pernah dikreditkan ? bagaimana ya pak solusinya mohon bimbingannya. T
    erima kasih

    ReplyDelete
  23. Selamat siang
    Untuk efaktur versi 2.0, faktur pajak masukan yg sudah upload tidak dapat diupload lagi (hanya sekali uoload) dan tidak dapat diubah masa pengkreditannya.

    ReplyDelete
  24. ternyata versi 2 sudah tidak bisa pakai cara diatas ya pak, saya sudah coba berulang kali tapi tetap direject, faktur pajak sudah pernah dikreditkan.

    ReplyDelete
  25. Betul pak. Di versi 2, PM hanya sekali upload

    ReplyDelete
  26. mohon bantuannya pak bagaimana cara mengganti masa pajak untuk fp masukan yang sudah di upload tanpa harus membatalkan faktur tsb? saya menggunakan Efaktur Versi 2.0

    ReplyDelete
  27. Pak. Saya mempunyai masalah kesalahan input pajak masukan yang seharusnya diupload ke bulan desember 2016. Terupload ke bulan februari 2017. Saya udah konsul ke beberapa konsultan. Akan tetapi tidak ada solusi nya. Tlg dibantu pak. Tks

    ReplyDelete
  28. @J Comunication : untuk permasalahan pajak masukan jika sudah terupload tidak dapat diubah lagi (kecuali dibatalkan). berbeda dengan versi sebelumnya. Solusinya adalah tetap masuk februari dengan membuat pembetulan SPT masa februari

    ReplyDelete
  29. @delima siagian : mohon maaf bu, FP Masukan yg sudah upload tidak dapat diubah lagi

    ReplyDelete
  30. @J Comunication : untuk permasalahan pajak masukan jika sudah terupload tidak dapat diubah lagi (kecuali dibatalkan). berbeda dengan versi sebelumnya. Solusinya adalah tetap masuk februari dengan membuat pembetulan SPT masa febuari.

    @pak triwibowo. Bagaimana cara pembetulannya ?

    Sebagai informasi. Bahwa faktur panak yang udah di upload di febuari 2017 ini sebagian nya seharusnya terinput di bulan desember 2016 punya.

    Dan apabila melakukan pembetulan spt masa feb 2017. Jadi untuk nilai faktur pajak yang salah input tsb apakah isa dimasukan ke bulan desember 2016 kembali ?

    ReplyDelete
  31. @J Comunication : untuk permasalahan pajak masukan jika sudah terupload tidak dapat diubah lagi (kecuali dibatalkan). berbeda dengan versi sebelumnya. Solusinya adalah tetap masuk februari dengan membuat pembetulan SPT masa febuari.

    @pak triwibowo. Bagaimana cara pembetulannya ?

    Sebagai informasi. Bahwa faktur panak yang udah di upload di febuari 2017 ini sebagian nya seharusnya terinput di bulan desember 2016 punya.

    Dan apabila melakukan pembetulan spt masa feb 2017. Jadi untuk nilai faktur pajak yang salah input tsb apakah isa dimasukan ke bulan desember 2016 kembali ?

    ReplyDelete
  32. SELAMAT PAGI MAS .

    mas sya mau tanya nih saya kan ada kesalahan di faktur pajak masukan saya salah memasukan masa pajaknya seharusnya saya memasukan masa pajak bulan october tetapi saya malah memasukam masa pajak bulan september tetapi saya sudah memupload ya mas , untuk mengganti masa pajak ya kira kira gimna mas mohon bantuannya mas .

    terima kasih

    ReplyDelete
  33. Selamat pagi
    Untuk efaktur versi 2 faktur pajak masukan tidak dapt diubah lagi. ( uldate terkahir yg saya ketahui sudah tidak bisa diubah).

    Solusinya silahkan melakukab pembatalan faktur atau melakukan pembetulan spt masa ppn september

    ReplyDelete
  34. PAK @TRIWIBOWO mau tanya seperti rekan diatas salah pengkeritan faktur pajak sya mengiput faktur masukan dibulan 10 yang seharusnya dibulan 9 dan sudah diupload sya pake cara diatas sudah enggak bisa pak di reject, pak adakah solusisi lainnya, dan kalau solusinya pembatalan faktur masukan, apakah setealh dibatalkan bisa diinput kembali di efaktur terima kasih

    ReplyDelete
  35. @amsal tega Mendila : Memang PM hanya sekali upload sekarang ini. Sudah tidak bisa diganti.

    untuk pembatalan faktur pajak masukan harus melibatkan lawan transaksi pak. Setelah batal harus diterbitkan dengan nomor seri faktur yang baru. Jadi atas faktur yang sudah dibatalkan tidak bisa digunakan.

    Solusinya bisa buat SPT pembetulan atas masa faktur pajak masukan yang telah sukses upload

    ReplyDelete
  36. sudah enggak ada cara lain ya pak @Triwibowo soalnya lawan transaksinya enggak mau pak untuk menerbitkan nomer seri yang baru. trims

    ReplyDelete
  37. lalu cara mengembalikan fp masukan yg direject tersebut, bagaimana pak, yg sebelumnya hilang, karena pakai cara diatas versi 2.0, solusinya mas?

    ReplyDelete
  38. @Indri Octaviani : caranya dengan login database yang lama, yang sebelum dengan cara ini. Tinggal eksport data2nya lalu imporkan ke yang baru..

    ReplyDelete
  39. pak, aku juga ada salah kaya gitu harusnya di kreditin di masa 10 malah masanya jadi 9,
    kalo dibatalin dan dr lawan nya blm batalin gaboleh yah? jadi kita kudu pembetulan? jika gamau ad LB aku harus pembetulan tapi FM itu dilaporin atas faktur tidak dapat dikreditkan ya?

    ReplyDelete
  40. Siang Pak ,
    Pak saya mendapat faktur masukan bulan des 17, tp sebenarnya mau saya kreditkan di bulan jan 18. faktur tersebut sudah sya upload dan sudah approve. Kemudian saya mengikuti langkah2 bapak dan ternyata sukses. Jadi faktur masukan tersebut sudah hilang. Saya menggunakan e faktur versi 2.0.
    Nah yang saya tnyakan, apakh data yang masuk ke Dirjen Pajak bisa terupdate seperti milik saya skrg?

    ReplyDelete
  41. @Jeffy Hindriyanto : mohon maaf pak, untuk cara di atas sudah tidak dapat diterapkan di efaktur versi 2.0. Adanya update efaktur 2.0 faktur pajak masukan hanya dapat diupload sekali.

    Berbeda dengan efaktur versi 1, bisa beberapa kali kita upload dan dengan cara di atas jika kita ada salah dalam input masa pajak faktur pajak masukan.

    Oleh karena itu, meskipun faktur pajak masukan hilang dari administrasi faktur PM tidak akan merubah statusnya di server DJP (tidak update). Solusinya antara melakukan pembatalan transaksi atau tetap lanjut untuk dilaporkan di masa 12.

    ReplyDelete
  42. Siang Pak,
    Pak client saya ada masalah dengan efaktur. client saya input yang seharusnya di pajak masukan tapi malah input di pajak keluaran. sedangkan pihak lain tidak bisa melakukan pembatalan. saya sudah coba cara diatas namun db terahirnya sekitar bulan 10 2017 saya coba panggil dengan efaktur v2 tapi si databasenya versi 1 jadi muncul error. saya coba samakan aplikasi dengan versi databasenya. namun ketika dijalankan itu harus download versi 2. ada solusi lainkah? mohon penjelasannya terima kasih.

    ReplyDelete
  43. @Nur Endah : Selamat siang,
    apakah ketika salah input seharusnya pajak masuk tetapi terinput pajak keluaran sukses upload? harusnya kan sesuai tange NSFPnya

    ambil dbnya saja terus pindahkan ke client

    ReplyDelete
  44. Selamat pagi pak..

    Saya memiliki masalah, begini :
    Saya melaporkan 1 faktur pajak masukan pada bulan okt 2017.
    dan pada saat pelaporan bulan nov 2017 ternyata saya menerima faktur pengganti dan saya laporkan di bulan nov 2017 (dimana seharusnya dilapor di okt)
    Hal ini mengakibatkan nilai kompensasi saya bertambah.

    Mohon bimbingannya pak, sebaiknya saya proses bagaimana supaya kompensasinya bisa benar?

    thanks

    ReplyDelete
  45. Selamat pagi pak..

    Saya memiliki masalah, begini :
    Saya melaporkan 1 faktur pajak masukan pada bulan okt 2017.
    dan pada saat pelaporan bulan nov 2017 ternyata saya menerima faktur pengganti dan saya laporkan di bulan nov 2017 (dimana seharusnya dilapor di okt)
    Hal ini mengakibatkan nilai kompensasi saya bertambah.

    Mohon bimbingannya pak, sebaiknya saya proses bagaimana supaya kompensasinya bisa benar?

    thanks

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Selamat pagi pak..

    Saya memiliki masalah, begini :
    Saya melaporkan 1 faktur pajak masukan pada bulan okt 2017.
    dan pada saat pelaporan bulan nov 2017 ternyata saya menerima faktur pengganti dan saya laporkan di bulan nov 2017 (dimana seharusnya dilapor di okt)
    Hal ini mengakibatkan nilai kompensasi saya bertambah.

    Mohon bimbingannya pak, sebaiknya saya proses bagaimana supaya kompensasinya bisa benar?

    thanks

    ReplyDelete
  48. Selamat Siang Pak,

    Saya mau tanya saya salah input masa pajak masukan dan seharusnya masa 12 ini masa 9 solusinya gmn ya PM sdh di upload sukses lg

    ReplyDelete
  49. Selamat Siang Pak,

    Saya mau tanya saya salah input masa pajak masukan dan seharusnya masa 12 ini masa 9 solusinya gmn ya PM sdh di upload sukses lg

    ReplyDelete
  50. Selamat Siang Pak,

    Saya mau tanya saya salah input masa pajak masukan dan seharusnya masa 12 ini masa 9 solusinya gmn ya PM sdh di upload sukses lg

    ReplyDelete
  51. @windy : Selamat siang ibu, mohon maaf telat membalas

    untuk salah pajak masukan solusinya membuat pembetulan SPT Masa PPN masa 9

    ReplyDelete
  52. Mas tri, saran sebaiknya judulnya diupdate misalnya hanya untuk sebelum versi 2.0 supaya pembacanya tidak bingung

    ReplyDelete
  53. @arfah_cool : oh iya, nanti akan saya tambahkan keterangan tersebut di dalam artikelnya. Terima kasih sarannya :)

    ReplyDelete
  54. Selamat malam pak @triwibowo mohon pencerahannya pak.

    Kalau saya upload saya dpt pm untuk bulan nov dan des. Posisi sudah approve.
    Kalau mengikuti cara bpk, bisakah saya upload di bulan februari 2018?

    ReplyDelete
  55. @NUR INDAH ANDRIYANI : selamat malam bu nur indah, untuk faktur yg sudah upload sukses, sudah tidak dapat diupload kembali bu. Cara di atas berlaku untuk efaktur versi 1.

    ReplyDelete
  56. selamat sore pak.... sy mau nanya,sy salah input pajak keluaran dokumen lainnya seharusnya itu adalah pajak masukan pada dokumen lainnya. bagaimana solusinya pak. cara menghapusnya. terima kasih

    ReplyDelete
  57. Selamat malam.. untuk dokumen lain yang salah input bisa denga solusi berikut ini,

    http://www.efakturespt.com/2017/11/solusi-salah-input-dokumen-lain.html

    ReplyDelete
  58. Pak Triwibowo sy mau tanya kl faktur pajak sdh d ubah perkreditan,a pdhl shrs,a bs d kreditkan Krn sy cm mau ubh smntara, nah td kl sy bkin db baru g bs d upload ket reject fp sdh prnh d kreditkan,nah it gmn cr,a spy kt bs upload lg y pak admin mohon solusi,a..terima kasih sblm,a

    ReplyDelete
  59. Pagi pak.. saya mohon bimbingannya.. saya menginput pajak masukan dokumen lain sudah saya upload di bln maret 2018, lalu saya jg mengupload bln april dgn pajak masukan dokumen lain lagi.. knp di bln yg berbeda bisa mengupload lagi.. bagaimana solusiny? Kalau pajak masukan pasti bisa ke reject tp untuk pajak masukan dokumen lain kok tetap bisa di approve y pak..

    ReplyDelete
  60. @aiyu ameelia puutri meiddiasstutii : pagi bu aiyu, apakah nomor dokumen tsbt berbeda dari sebelumnya?

    ReplyDelete
  61. Saran diatas sudah saya lakukan d versi 2.1 awalnya sukses upload dan tiba2 kemarin reject.kenapa y mas

    ReplyDelete
  62. Pagi Pak, etelah sy baca semua komen, jd cara diatas sudah tdk bisa dipakai utk v21 ya ? Sy ada salah input masa pajak 2 PM sy langsung upload dn salahnya terupload yg 1 utk masa 5 dan 1 utk masa 6, yg harusnya dua2nya dimasa 7. Bagaimana solusinya ya ? Trims

    ReplyDelete
  63. rekan izin bertanya juga, kasus nya sama. Saya salah upload faktur pajak masukan,yang seharusnya masa 5 ini malah saya masukan ke masa 7. saya sudah ikutin cara rekan, tapi ketika akan di upload ulang faktur pajak masukan. starus nya menjadi rejact E-TAX eror - faktur pajak masukan sudah pernah dikreditkan.
    nah itu gmna rekan ya solusinya Y_Y
    saya mumet. mohon bantuannya rekan.

    ReplyDelete
  64. Mas...setelah selesai cara di atas ... kita coba input faktur masukan... namun muncul error.. faktur sdh pernah dikreditkan... mhn cerahan mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena faktur pajak masukan sekarang hanya sekali upload pak. Tidak bisa diupload ulang atau diubah

      Delete
  65. tapi mas gimana kalo kasusnya kita sudah upload dan sudah posting? apa nanti gaakan double posting d DJP??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf untuk cara ini sudah tidak bsia digunakan. karena faktur pajak masukan hanya sekali upload. Untuk merubahnya silahkan membuat faktur pajak pengganti. (koordinasi dengan lawan transaksi)

      Delete
  66. saya sudah upload PPN Masukan dan upload sukses, tapi ternyata ada kesalahan pada nominal PPN tersebut.
    itu bagaimana yah mas solusinya? setau saya harusnya ppn masukan itu reject tidak upload sukses kalo tidak sesuai

    ReplyDelete
  67. saya salah dengan tanggal faktur pajak masukan, sudah saya upload namun tetap statusnya siap Approve, tapi diketerangan " tanggal tidak sesuai dengan yg tercantum difaktur".
    Bagaimana merobahnya ya mas...tks.

    ReplyDelete
  68. selamat malam mas, saya mengalamin untuk faktur pajak di masa bulan 4 sudah terupload tapo karena telah terbit STP untuk membayar seluruh pajak keluaran tanpa mengkreditkan pm yg telah terinput (approve) pada masa bulan 4 tsb, solusinya supaya bisa mengkreditkan PM tersebut pada masa mei bagaimana ya pak?

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  69. Saya mau tanya, kalo salah masanya dlm memasukan pajak masukan hari ini. saya mencoba untuk melakukan cara d atas tp data backup saya hanya ada bulan mei terlalu lama dan berisikio. Tetapi saya tetap mencoba cara itu tadi dan berhasil hilang transaksi saya yg salah. Tapi saat saya upload kmbali statusnya di reject... kenapa?

    ReplyDelete
  70. saya mau tanya, saya ada impor pajak masukan tapi salah tidak dikreditkan, seharusnya dikreditkan. dan faktur pajak yang salah tadi ternyata retur. nah. itu gimana solusinya. untuk memindahkan pajak masukan itu menjadi dikreditkan.

    ReplyDelete
  71. mohon dibantu, sepertinya masalah saya sudah ada diatas, tapi saya kurang paham betul, masalah saya seperti ini: pada masa desember 2018 saya ada salah input Pm dimasa des 18, seharusnya saya input masa januari 19, sedangkan saat ini saya sedang audit, untuk diperiksa oleh auditor, adakah caranya supaya saya bisa membatalkan pm masa desember ini menjadi januari, walaupun saya harus pemb. 1 masa des 18, jika ada bagaimana caranya, apakah bisa saya batalkan pm secara sepihak di e-faktur saya tanpa informasi ke suplier, mohon dibantu

    ReplyDelete
  72. Mohon bantuannya, sy sudah coba cara diatas, setelah upload di reject dgn status faktur sudah pernah di kreditkan, gimn caranya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbk,, saya juga begitu 2 bulan lalu sampai sekarang masih nyari solusinya.

      Delete
  73. mohon pencerahan, apa fungsi dokumen lain pajak masukan? apakah bisa pajak masukan yang reject dimasukkan lagi pada dokumen lain?

    ReplyDelete
  74. selamat siang,, mau nanyak nih masalah faktur pajak masukan. biasanya saya mengerjakan faktur pajak masukan dengan cara mengimport data csv ke aplikasi e faktur.. setelah saya import dan upload fakturnya, statusnya approve sukses tapi eh ternyata ada faktur pajak masukan yang "is creditable" nya tidak di isi ( bernilai 0 ) itu gimana yaa soalnya pas cari lagi di filter e faktur.. faktur pajak masukanya itu gak muncul..
    mohon pencerahannya biar saya tenang .
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  75. Saya ud coba, PM yg salah bs terhapus
    Sdh input ulang, tp saat upload lg PM tetap dianggap sudah dikreditkan
    Gmn ini ya? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ria.. mau tanya akhirnya solusi kasusnya gmna? Krn skrg sy ngalamin jg

      Delete
  76. mas saya baru kejadian juga seperti ini, saya coba pakai data base saat belum upload pajaka masukan, betul memang di database saya hilang dan bisa diinput ulang..
    tetapi saat saya melakukan cek di Web efaktur ternyata tetap saja sudah terdaftar..
    apakah ada solusi lain?

    ReplyDelete
  77. Saya sukses pakai cara diatas PM yg sudah sukses upload jadi tidak ada setelah pakai cara diatas. namun setelah saya mo mengupload ulang balik ke prepopulated PM yg sebelumnya diupload koq tidak ada y. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete