Solusi Menu Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Tidak Muncul

Pernah ada masalah eSPT Tahunan PPh Badan yang bisa jadi masalah tersebut adalah sepele dan membuat saya bingung tanya-tanya ke sana kemari. Ada wajib pajak yang datang ke KPP dengan membawa laptop yang sudah terinstal aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan. Tidak hanya itu, aplikasi eSPTnya pun sudah siap untuk membuat file CSV yang berarti sudah selesai input data SPT. File CSV merupakan salah satu syarat wajib bagi wajib pajak yang akan lapor SPT Tahunan PPh Badan.

Saat akan membuat file CSV, ternyata masalahnya adalah tombol create CSV tersebut tidak aktif atau tidak muncul. Ya tentunya tidak akan bisa lapor dong kalau menu create file CSVnya tidak muncul. Saya otak-atik, lihat apakah ada yang error aplikasinya. Ternyata tidak ada masalah dalam aplikasi eSPTnya.
Menu Create CSV Tidak Muncul solusinya Input SSP
Menu Create CSV Tidak Muncul - Input SSP
Telusur-telusur, penyebabnya adalah Surat Setoran Pajak atau SSP belum diinput dalam aplikasi eSPT. Karena SPT milik wajib pajak status akhirnya Kurang Bayar (KB) maka wajib untuk input SSP. SSP yang sudah terbayarkan dan dinyatakan sah kemudian saya inputkan ke dalam eSPT di menu SPT PPh - Daftar Surat Setoran Pajak.

Setelah itu coba kembali create file CSV, akhirnya muncul dan file CSV berhasil terbentuk untuk dilaporkan. Permasalahannya sepele tetapi jika memang tidak memahami alur eSPT ya bingung juga dengan mengahruskan isi SSP terlebih dahulu sebelum buat file CSV. 

Selain itu, terdapat penyebab lain yang menyebabkan menu create CSV di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan tidak muncul. Lampiran V dan VI biasanya wajib pajak lupa untuk mengisi. Seharusnya Lampiran V dan VI SPT Tahunan PPh Badan diisi (open form) dan transkrip kutipan elemen lapangan keuangan juga harus diisi. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Menu Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Tidak Muncul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

17 comments:

Herrin Tanudjaya said...

test

Triwibowo said...

@Herrin Tanudjaya > ada yg bisa dibantu?

Bunda Atiek said...

terima kasih mas Tri, sangat membantu... terkadang klo buru-buru, masalah itu ada aja... :)

Triwibowo said...

samasama Bunda Atiek, iya bu buru-buru asal teliti ya hehe :)

Deni S SE MM MAk said...

Klu NTPN di isi 0000000000 apa bisa dibuatkan csv sementara dulu

Triwibowo said...

ketika lapor akan keliatan pak, daripada menimbulkan masalah di kemudian hari lebih baik isi NTPN yang sesuai.

Nini Mustika said...

sore mas kemarin saya ada lapor pph 23 dengan menggunakan file csv yang sudah diisi ssp tetapi dari djp wilayah saya tidak mau csv yang sudah terinput ssp nya,mereka mau yang kurang bayar,pertanyaannya apakah ada jalan lain selain input ssp untuk dapat create csv mas?

Nini Mustika said...

mohon pencerahannya mas

Triwibowo said...

@nini mustika : apakah SPT PPh 23 dalah hal ini kurang bayar? kok ada inputan SSP?

kalau input SSP berrti ada kurang bayar bu. Mkasdnya dari "mereka mau yang kurang bayar" gimana ya buk?

Hayaharyati Arifin said...

kalau di kolom surat setoran pajak, kotak dialog "simpan" nya tidak aktif, kenapa ya

Triwibowo said...

@Hayaharyati Arifin : SSPnya diinout dulu buk. Baru nanti tombolnya akan aktif

Sisie Anggraeni said...

Malam mas, saya mau tanya. Saya mengalami hal seperti diatas, tidak bisa create csv spt 1771. Status memang kurang bayar, jd cara nya saya harus bayar kurang bayar tersebut baru bisa buat file csv ya? Bayarnya kemana ya? Mohon pencerahannya mas, saya bingung dan ga ketemu jawabannya

Triwibowo said...

@Sisie Anggraeni : betul buk. Harus bayar terlebih dahulu jika kurang bayar. Sebelum bayar harus buat kode billing terlebih dahulu bisa melalui sse3.pajak.go.id

Kode billing yg telah dibuat berisi MAP dan KJS serta nominal kurang bayar. Setelah dapat kode billing baru bisa bayar atas kode billinh tsbt melalui teller, atm, atau internet banking

Dari pembayaran trsbt kan dapat NTPNnya nah itu yang dimasukkan ke dalam sptnya. Baru deh bisa create file CSV.

Odie Yafa said...

mas saya sudah input ssp maupun lampiran V tapi tombol create masih belum muncul, mohon bantuannya

Siluman Bebek said...
This comment has been removed by the author.
Davin Tjandra said...

kalau sudah create csv lalu ada tulisan csv sudah tersimpan dalam bentuk csv , tapi di lokasi penyimpanan kosong , bagaimana itu ??

Triwibowo said...

@Davin Tjandra : Mohon maaf pak baru membalas, coba pak tambahkan file zlib.dll di hasil instal eSPT-nya. Biasanya kan hasil instal espt tahunan pph badan ada di C-Program Files-DJP-eSPT 1771 Badan. Nah ekstrak file zlib.dll berikut lalu letakkan di dalam folder tersebut.

https://drive.google.com/file/d/1C21OltrlgB4STIsk3-qp2UaXo2dHYsFb/view?usp=sharing

Post a Comment