Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Error ETAX-30005 Error Objek Mapping KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG Salah

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa aplikasi efaktur pajak telah mengalami pembaharuan, yaitu efaktur update versi 3.1. Tentu saja pada update kali ini terdapat beberapa fitur-fitur baru pada aplikasi efaktur 3.1 seperti Pengkreditan Pajak Masukan yang ditagihkan dengan SKP, Penginputan dokumen PMSE pada efaktur 3.1, Prepopulated dokumen BC 4.0 dan Validasi SPPB Saat Penginputan Faktur Pajak 07.

Biasanya adanya update efaktur tidak terlepas dari munculnya error-error dengan kode baru. Seperti pembahasan kali ini.


Pada saat impor database atau rar/zip hasil permintaan data di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), biasanya sekali impor langsung sukses. Namun, kali ini berbeda. Tiba tiba gagal dan muncul error ETAX-30005 Error Objek Mapping Kode_Dokumen_Pendukung Salah.

Setelah di cek, ternyata aplikasi efaktur sudah menggunakan versi 3.1. Berarti ada yang tidak sesuai dengan skema impor efaktur kali ini.

Ternyata eh ternyata, informasi terbarunya bahwa aplikasi efaktur 3.1 terjadi perubahan skema impor. Hal ini dikarenakan adanya validasi SPPB saat penginputan faktur pajak kode 07.

Error ETAX-30005 Error Objek Mapping Kode_Dokumen_Pendukung Salah

Solusi Error ETAX-30005

Apabila anda mengalami error yang sama saat impor data faktur pajak, error ETAX-30005 Error Objek Mapping Kode_Dokumen_Pendukung Salah, silahkan anda ubah skema impor pada file CSV.

Luh kak, data yang dari KPP kan gak bisa diekstrak?


Tenang, sewaktu anda impor data yang dari KPP dan gagal, saat itu juga akan terbentuk file CSV di folder yang sama dimana data dari KPP tersimpan. Dibawah file rar/zip akan terbentuk file CSV secara otomatis.

Silahkan anda buka file CSV tersebut, kemudian tambahkan di kolom T KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG atau tepat setelah kolom REFERENSI.

skema impor efaktur 3.1 error ETAX-30005 Error Objek Mapping Kode_Dokumen_Pendukung Salah

Anda hanya menambahkan header saja KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG, tanpa mengisi data lainnya di kolom tersebut, kecuali memang ada faktur pajak dengan kode 07.


Sedikit saran saja, saat anda membuka file CSV bukalah dengan format all text untuk menghindari berubahnya susunan data pada file tersebut. Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Solusi Error ETAX-30005 Error Objek Mapping KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG Salah"