Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Error Validasi NIK Jadi NPWP Kesalahan PRF021-88

Sesuai dengan PMK-112/PMK.03/2022 tentang NPWP Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, Wajib Pajak Badan, dan Wajib Pajak Instansi Pemerintah, bahwa s.d. 31 Desember 2023 NIK dan NPWP dengan format 16 digit dilakukan pada layanan administrasi perpajakan secara terbatas.

Jadi, saya sarankan untuk validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebelum pelaporan SPT Tahunan 2022.

Untuk cara validasi NIK menjadi NPWP, silahkan ikut panduan yang ada pada artikel berikut ini. Caranya sangat mudah dan bisa anda lakukan dengan sendirinya.

Baca juga : Cara Singkat Validasi NIK Jadi NPWP


Error Validasi NIK Jadi NPWP Kesalahan PRF021-88


Error Kesalahan PRF021-88

Mudahnya validasi NIK jadi NPWP tidak terlepas dari error atau kegagalan. Seperti yang pernah saya alami sebelumnya saat validasi NIK jadi NPWP di DJP Online.

Ketika saya memvalidasi NIK yang telah sesuai dengan KTP, ternyata muncul error dengan pesan Kesalahan PRF021-88 Perubahan profil tidak dapat dilakukan. NIK sudah terdaftar pada sistem. Silahkan hubungi KPP Administrasi untuk informasi lebih lanjut.

Akibatnya, gagal validasi NIK. Saya coba berulang kali hasilnya sama saja tetap muncul error kesalahan PRF021-88. 

Ternyata, penyebab error PRF021-88 adalah NPWP saya ganda. Entah darimana asalnya, perkiraan karena adanya program PEN yang menerbitkan NPWP secara jabatan. Penerbitan NPWP Secara Jabatan.

Untuk mengecek apakah NPWP anda ganda akibat adanya NPWP jabatan, silahkan hubungi KPP tempat anda terdaftar.

Penghapusan NPWP

Agar dapat validasi NIK jadi NPWP, solusi untuk error kesalahan PRF021-88 adalah melakukan penghapusan salah satu NPWP. Ketika NPWP telah terhapus, maka sudah tidak ada kendala lagi untuk validasi NIK jadi NPWP.

Baca juga : Cara dan Syarat Penghapusan NPWP

Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Error Validasi NIK Jadi NPWP Kesalahan PRF021-88"