Fungsi Menu di Aplikasi e-Nofa Online (www.efaktur.pajak.go.id) Terhadap e-Faktur

Selain aplikasi e-faktur tentunya Pengusaha Kena Pajak tahu mengenai aplikasi e-Nofa Online. Aplikasi e-Nofa Online berkaitan erat dengan aplikasi e-faktur karena sebagian menu di aplikasi e-Nofa Online terintegrasi dengan e-faktur. Bagi yang belum tahu mengenai aplikasi e-Nofa Online sekarang harus tahu. Jika terjadi suatu hal atau permasalahan terhadap aplikasi e-faktur dapat diselesaikan di aplikasi e-Nofa Online. 

  1. Home
    Menu home merupakan menu utama ketika berhasil login di Aplikasi e-Nofa Online. Di dalam home terdapat beberapa penjelasan terkait aplikasi e-Nofa Online seperti hak dan kewajiban PKP, Peraturan mengenai Permintaan Nomor Faktur, Petunjuk menu, dan informasi update aplikasi.
  2. Profile User
    Di menu profile user ini terdapat identitas lengkap PKP. Yang perlu digaris bawahi terkait informasi di menu profile user adalah Kode Aktivasi (jika lupa dapat dilihat disini dan saat kode aktivasi gantipun dapat dilihat disini), ada juga kode aktivasi eFaktur dekstop yang merupakan kode aktivasi terbaru yang digunakan saat ini, status aplikasi eFaktur dekstop, dan Nama Account Representative (AR) karena jika mengalami kesulitan berkaitan hak dan kewajiban perpajakan bisa konsultasi langsung ke AR di Kantor Pelayanan Pajak terdaftar
  3. Administrasi Cabang
    Digunakan Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk merekam dan memohon Sertifikat Elektronik Perusahaan Cabang yang akan menggunakan Aplikasi Faktur Pajak Elektronik. Di dalam menu administrasi cabang Pengusaha Kena Pajak dapat menambahkan data Perusahaan Cabang yang akan menerbitkan Faktur Pajak menggunakan Aplikasi e-faktur (sudah terdapat formnya). Tinggal ikuti petunjuk di dalamnya.
  4. Permintaan NSFP
    Merupakan menu untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak secara online. Sesuai dengan Pasal 9 ayat (2) huruf b Peraturan Dirjen Pajak nomor PER-17/PJ/2014 mulai tanggal 1 Juli 2014 PKP yang memenuhi persyaratan dapat melakukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak secara mandiri (online) melalui aplikasi e-Nofa Online dengan syarat sudah memiliki Sertifikat Elektronik. 
    baca : Cara Melakukan Permintaan NSFP Online
  5. Riwayat Permintaan NSFP
    Jika lupa terhadap permohonan NSFP baik yang telah dilakukan secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak atau online dapat dilihat sekaligus dicetak di menu ini. Jadi, semua riwayat permintaan Nomor Seri Faktur yang pernah diajukan ada di menu ini datanya.
  6. Pengecekan NSFP
    Menu ini merupakan fitur yang tak kalah pentingnya. Fitur pengecekan NSFP ini berfungsi untuk validasi faktur pajak yang diterbitkan. Ketika mendapat faktur pajak dan ketika rekam di aplikasi e-faktur ternyata ditemukan kejanggalan dapat dilakukan pengecekan di menu ini. Tinggal masukkan NPWP Penerbit Faktur, Nomor Seri Fakturnya serta tanggal fakturnya.
  7. Download Sertifikat Digital
    Berfungsi jika PKP kehilangan sertifikat elektronik dapat didownload atau diunduh di menu ini. Tinggal klik unduh
  8. Reset Aplikasi Client
    Menu di berfungsi untuk melakukan reset aplikasi client e-faktur.
    baca : Cara Reset Aplikasi e-Faktur
Demikian pembahasan berkaitan menu di aplikasi e-Nofa Online. Semoga bermanfaat.
Fungsi Menu di Aplikasi e-Nofa Online (www.efaktur.pajak.go.id) Terhadap e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment