E-Faktur Error ETAX-10001 : Error Database. Database Tidak Bisa Dijalankan

Database merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu aplikasi yang menggunakan basis data dalam pemogramannya. Database merupakan bagian yang tak terpisahkan karena berisi kumpulan informasi yang tersusun secara sistematis. Tak terkecuali aplikasi e-faktur yang terdapat suatu database yang berisi kumpulan informasi hasil kerja aplikasi e-faktur. Database e-faktur berisi kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) yang diorganisasikan berdasarkan skema atau terstruktur.

Namun, ketika akan menjalankan aplikasi e-faktur secara tiba-tiba muncul notifikasi error.

e-faktur mengalami error ETAX-10001 Database tidak dapat dijalankan
Error ETAX-10001


  • Kemungkinan besar yang terjadi, database (db) aplikasi e-faktur corrupt atau hilang (di dalam folder db corrupt atau hilang). Bisa jadi akibat melakukan copy database saat aplikasi e-faktur berjalan. Cek pada folder "db" aplikasi e-faktur, pastikan hanya ada satu Folder "ETaxInvoice" (Jika ada lebih dari satu hapus salah satu dengan melihat data modified) dan isinya lengkap terdapat log, seg0, tmp, db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILES, service.properties.
  • Versi Aplikasi e-faktur yang dijalankan tidak sama dengan versi db. Hal tersebut biasanya karena aplikasi belum terupdate. Hubungkan dengan internet dan tunggu aplikasi hingga terupdate. Jika update tidak dapat berjalan, copy folder "db" dan pastekan ke folder aplikasi e-faktur versi terbaru. Setelah mengcopy db ke dalam folder aplikasi e-faktur versi terbaru, aplikasi tetap tidak dapat dijalankan, hal terburuknya adalah db error/corrupt. Yang perlu dilakukan adalah melakukan reset aplikasi e-faktur dan melakukan registrasi ulang aplikasi e-faktur dengan aplikasi e-faktur terbaru. 

Cara memindahkan folder db ke dalam folder aplikasi e-faktur versi terbaru pernah saya lakukan dan berhasil. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "E-Faktur Error ETAX-10001 : Error Database. Database Tidak Bisa Dijalankan"

Post a Comment