Perhatian! Satu Komputer/Laptop Dapat Digunakan Untuk Beberapa Aplikasi e-Faktur

Setiap aplikasi yang dibuat pasti memiliki keunggulan dan kelemahan dalam pengoperasiannya. Oleh pembuat aplikasi, aplikasi pasti sudah diuji coba trial and error, sehingga dapat diketahui cara penggunaan yang sesuai dan mana yang harus dihindari agar tidak terjadi error.

Seperti halnya aplikasi e-faktur, salah satu aplikasi online yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang tentunya terdapat kelebihan serta kelemahan. Aplikasi e-faktur merupakan aplikasi terobosan terbaru DJP, dasar dibuatnya aplikasi e-faktur karena masih banyaknya kasus penyalahgunaan Faktur Pajak. Penyalahgunaan faktur pajak contohnya antara lain, wajib pajak nonPKP menerbitkan faktur pajak padahal tidak berhak menerbitkan faktur pajak, faktur pajak yang terlambat diterbitkan, faktur pajak fiktif, atau faktur pajak ganda. Untuk pengajuan aplikasi e-faktur silahkan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak tempat terdaftar.

Mungkin dalam hal ini anda adalah seorang PKP usahawan atau PKP badan usaha yang baru saja mendapatkan aplikasi e-faktur. Disamping itu, anda juga memiliki multi badan usaha atau perusahaan yang menggunakan aplikasi e-faktur. Pasti yang terpikirkan biar praktis adalah menggunakan beberapa aplikasi e-faktur dalam satu komputer atau laptop. Iya kan?
e-Faktur Beberapa Komputer
e-Faktur Beberapa Komputer
Secara prinsipnya satu komputer atau laptop dapat digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi e-faktur yang sudah teregistrasi. Akan tetapi, sangat tidak disarankan untuk menjalankan beberapa aplikasi e-faktur dalam satu komputer atau laptop karena berkaitan dengan keamanan data transaksi dan kenyamanan aplikasi. Coba anda lakukan beberapa registrasi e-faktur dan operasikan secara bersamaan dalam satu komputer. Pasti bisa tetapi rasanya tidak akan nyaman.

Lebih baik satu komputer atau laptop untuk satu aplikasi e-faktur, agar data yang tersimpan dalam database e-faktur aman tidak crash atau corrupt. Sebagai saran lagi, usahakan jika mengoperasikan aplikasi e-faktur langsung di komputer atau laptop, jangan di flashdisk yang main colok lepas karena sangat rentan database e-faktur terinfeksi oleh virus yang berakibat database corrupt. 

Sudah terdapat beberapa user aplikasi e-faktur yang melakukan hal tersebut, kemudian terkena virus, db corrupt, dan akhirnya harus reset aplikasi e-faktur. Demikian, semoga bermanfaat.
Perhatian! Satu Komputer/Laptop Dapat Digunakan Untuk Beberapa Aplikasi e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment