Software Pendukung Yang Wajib Ada Sebelum Install Aplikasi eSPT

Aplikasi Perpajakan terutama untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan atau sering disingkat eSPT, sekarang sudah berkembang dan banyak diterapkan di beberapa Pajak Penghasilan (PPh). Hal tersebut tentunya sangat membantu para wajib pajak dalam memenuhi hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak. Aplikasi eSPT PPh yang sudah direlease dan dapat digunakan antara lain eSPT PPh Pasal 15, eSPT PPh Pasal 21/26, eSPT PPh Pasal 22, eSPT PPh Pasal 23/26, eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2, eSPT PPh Tahunan Orang Pribadi, eSPT PPh Tahunan Badan. Semua aplikasi eSPT dapat anda install di PC/Laptop sesuai dengan kemampuan PC/Laptop yang dimiliki sehingga penggunaanya akan sangat bermanfaat.

Sebelum melakukan install aplikasi eSPT PPh pada PC/Laptop tentunya harus memperhatikan dan memeriksa environmental conditions di PC/Laptop. Tujuan pemeriksaan environmental conditions digunakan untuk memastikan aplikasi nantinya dapat digunakan dengan baik/benar pasca melakukan Instalasi. Software tersebut bermacam-macam dan tergantung kondisi PC/Laptop. Berikut saya sampaikan sofware lain yang harus diinstal sebelum melakukan Instalasi eSPT.

Install NET Framework 4.0

NET Framework adalah software yang digunakan pada Sistem Operasi Microsoft Windows. NET Framework tersusun oleh dua komponen utama, yaitu Common Language Runtime dan NET Framework Class Library. NET Framework merupakan lingkungan untuk membangun, mendeploy, serta menjalankan services Web dan aplikasi lainnya. 

Fungsi dari NET Framework secara garis besar adalah untuk melakukan penerjemahan bahasa komputer (assembly). Disamping itu NET Framework berfungsi untuk mengeksekusi sebuah software dalam hal ini adalah aplikasi eSPT agar dapat dijalankan. Jika NET Framework tidak  atau belum terinstal maka aplikasi eSPT tidak dapat terinstal akan selalu muncul peringatan untuk melakukan instalasi NET Framework 4.0. Seperti yang saya lakukan ketika belum install NET Framework dalam Laptop yang saya gunakan. Install eSPT Tahunan PPh OP selalu muncul peringatan install NET Framework 4.0. 

Install eSPT dan NET Framework
NET Framework 4.0
Untuk mendapatkan NET Framework 4.0 silahkan Download Disini.

Install Crystal Report

Crystal Report merupakan software untuk membuat laporan dalam pemograman. Crystal report memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam menyajikan laporan serta pengaturannya sehingga PC atau Laptop yang anda miliki perlu diinstal crystal report terlebih dahulu. Download Crystal Report.

Setting Printer Default

Jadikan Microsoft XPS Document Writer sebagai settingan default printer pada PC/Laptop. Hal ini berfungsi untuk pencetakan formulir saat mencetak lembaran SPT. Microsoft XPS Document Writer sangat membantu saat anda melakukan input data di aplikasi eSPT dan melakukan pencetakan karena hanya dapat dicetak langsung melalui aplikasi eSPT. Saat printer biasa tidak dapat melakukan cetak atau hasil cetakan tidak sempurna dengan settingan dapat teratasi.

Demikian, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Pendukung Yang Wajib Ada Sebelum Install Aplikasi eSPT"

Post a Comment