E-Faktur Error ETAX-10001 : Error Database. Database Tidak Bisa Dijalankan

Database merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu aplikasi yang menggunakan basis data dalam pemogramannya. Database merupakan bagian yang tak terpisahkan karena berisi kumpulan informasi yang tersusun secara sistematis. Tak terkecuali aplikasi e-faktur yang terdapat suatu database yang berisi kumpulan informasi hasil kerja aplikasi e-faktur. Database e-faktur berisi kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) yang diorganisasikan berdasarkan skema atau terstruktur.

Namun, ketika akan menjalankan aplikasi e-faktur secara tiba-tiba muncul notifikasi error.

e-faktur mengalami error ETAX-10001 Database tidak dapat dijalankan
Error ETAX-10001


  • Kemungkinan besar yang terjadi, database (db) aplikasi e-faktur corrupt atau hilang (di dalam folder db corrupt atau hilang). Bisa jadi akibat melakukan copy database saat aplikasi e-faktur berjalan. Cek pada folder "db" aplikasi e-faktur, pastikan hanya ada satu Folder "ETaxInvoice" (Jika ada lebih dari satu hapus salah satu dengan melihat data modified) dan isinya lengkap terdapat log, seg0, tmp, db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILES, service.properties.
  • Versi Aplikasi e-faktur yang dijalankan tidak sama dengan versi db. Hal tersebut biasanya karena aplikasi belum terupdate. Hubungkan dengan internet dan tunggu aplikasi hingga terupdate. Jika update tidak dapat berjalan, copy folder "db" dan pastekan ke folder aplikasi e-faktur versi terbaru. Setelah mengcopy db ke dalam folder aplikasi e-faktur versi terbaru, aplikasi tetap tidak dapat dijalankan, hal terburuknya adalah db error/corrupt. Yang perlu dilakukan adalah melakukan reset aplikasi e-faktur dan melakukan registrasi ulang aplikasi e-faktur dengan aplikasi e-faktur terbaru. 

Cara memindahkan folder db ke dalam folder aplikasi e-faktur versi terbaru pernah saya lakukan dan berhasil. Semoga bermanfaat.
E-Faktur Error ETAX-10001 : Error Database. Database Tidak Bisa Dijalankan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

8 comments:

vangompal.blogspot.com said...

min aplikasi efaktur saya tidak bisa connect ke database juga padahal db sebelumnya di sudah di copas ke aplikasi yang abru. solusinya gmn ya min?

Triwibowo said...

aplikasi efaktur sudah update ke versi 2 atau mash lama? Silahkan rekan untuk update manual versi 2

mymy said...

min aplikasi etax tmpt saya bekerja tidak bisa login selalu ada tlsan error 1001. ada solusi nya ngga min? saya juga sudah update kersi baru ttp tidak mau.

joinme said...
This comment has been removed by the author.
Triwibowo said...

tidak. Data yang lama akan masih ada utuh.

Andi Anderpati said...

proses tersebut berjalan dan aplikasi e faktur bisa kebuka, tetapi setelah update profil PKP minta restart aplikasi, nah pas dibuka lagi tetap eror database , mohon solusinya ?

Triwibowo said...

ini registrasi efaktur baru ya?
coba dengan cara ini
1. Matikan internet
2. jalankan efaktur versi lama yaitu 1.0.0.46
3. Setelah terbuka pastikan terbentuk folder db
4. Tutup efaktur lama tersebut
5. Pindahkan folder db dari efaktur lama ke folder efaktur 2.1
6. Update dbnya dengan menjalankan ETaxInvoiceUpd.exe
7. Setelah selesai rename ETaxInvoiceUpd.exe jadi old
8. Jalankan aplikasi efaktur 2.1 untuk registrasi

Muhammad Abil said...

trims pak @tribowo

Post a Comment