Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Server e-Faktur Sedang Offline atau Tidak

Server e-faktur offline
Server e-faktur offline
Beberapa kali ada pertanyaan terkait dengan error e-faktur yang selalu dan selalu banyak dipertanyakan oleh PKP selaku user aplikasi e-faktur. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan notifikasi error ETAX 40001 Tidak dapat menghubungi EtaxInvoice. Tidak hanya itu, meskipun tidak ada notifikasi error, e-faktur yang sudah diinput tidak dapat diupload bahkan bagi anda yang akan registrasi e-faktur tidak bisa selalu muncul ETAX 40002.

Ada juga, ketika anda mengaktifkan uploader di Management Upload - Upload Faktur/Retur tidak bisa dijalankan, hanya loading yang selalu berputar. Bingung, pusing mungkin bagi anda juga kesel, padahal dipakai untuk internetan saja lancar. Sudah dilakukan sesuai solusi sebelumnya yaitu Solusi error ETAX-40001 juga tidak bisa upload faktur serta gagal koneksi ke server DJP.

Jangan patah arah dulu, mungkin ada perbaikan atau server DJP sedang offline. Jika terdapat perbaikan atau server DJP sedang offline, DJP tidak memberikan informasi kepada user aplikasi e-faktur secara langsung sehingga banyak pertanyaan di berbagai forum.

Untuk mengetahui server e-faktur sedang perbaikan atau offline, anda hanya perlu kunjungi link dibawah ini
http://svc.efaktur.pajak.go.id/wsdl/MasterFakturService.wsdl
apabila saat ini server e-faktur sedang dalam perbaikan atau server e-faktur sedang offline, akan muncul pesan atau peringatan seperti "Service e-Faktur sedang dalam perbaikan untuk Release update terbaru. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan". Jika server normal atau online akan muncul kode-kode XML. Demikian, semoga bermanfaat.

15 comments for "Cara Cek Server e-Faktur Sedang Offline atau Tidak"

  1. Kalau koneksi internet kami lancar untuk streaming youtube aja lancar, tapi ketika upload fp gagal, muncul error 40001, dan kami klik hyperlink xml normal berisi codingan. itu masalah dimana nya ya?

    ReplyDelete
  2. @Allandra Dibtiya : sudah import ulang sertifikat elektronik? Kalau belum silahkan import ulang sertifikat elektronik di menu referensi.

    Usahakan download sertifikat yang baru di enofa online. Hasil download sertifikat elektronik jangan lupa disimpan satu folder di aplikasi efaktur

    Semoga berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas solusinya,,,saya berhasil upload efaktur,,dengan cara copy sertifikat elektronik ke folder efaktur ,,dan instal sertifikat elektronik tersebut

      Delete
  3. Malam rekan,
    Mau nanya, knpa y tidak dapat menyimpan ssp? Sedangkan tadi siang saya menyimpan ssp dengan masa yang berbeda bisa... mohon bantuannya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. @eduard Amat : keterangan apa pak? coba cek NTPNnya, kebanyakan NTPNnya tidak sesuai input

    ReplyDelete
  5. Maaf bang mau nanya sekarang servernya down ya soalnya saya mau start uploader lama banget loading nya

    ReplyDelete
  6. Pagi Pak, saya sudah cek xml d atas tetap berjalan normal, koneksi internet saya juga ok sudah ganti jaringan menggunakan hp juga, firewall dan antivirus sdh sy matikan, sdh scan dgn adwcleaner juga tdk d temukan apa" tp tetap keluar Error ETAX 40001 saat mengupload faktur keluaran Pak,
    Bagaimana solusi selanjutnya ya Pak?
    terima kasih

    ReplyDelete
  7. saya juga sudah mengimport sertifikat digital yg baru di download kemarin tetap ga bisa Pak

    ReplyDelete
  8. Saya juga mengalami kendala tidak bisa upload efaktur sejak kemarin pagi. keluar notif error etax-40001 semua cara juga sudah dicoba (firewall & antivirus) saya cek di http://svc.efaktur.pajak.go.id/wsdl/MasterFakturService.wsdl keluar code coding. Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  9. eror 4001 kenapa ya...per hari ini mash eror terus,,

    ReplyDelete
  10. eror 4001 sy juga alami....berbagai cara sudah dilakukan tetap gak bisa juga

    ReplyDelete
  11. Iya neh....berat kayaknya Pajak sekarang semua sudah dilakukan masih saja....piye solusinyaaaaaaaaaaaaaaakkkkkk

    ReplyDelete
  12. solusi saya yg pernah praktek nih, download ulang sertifikat elektronik terlebih dahulu. kemudian tanam dalam setting browser kita (mozilla atau chrome). di menu setting, manage sertificate, import sertel. sampe keluar notif import sukses. Login ulang aplikasi efaktur lalu coba apload faktur kembali,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini next solusinya, setelah semua udah dilakuin

      Delete
    2. upayakan lakukan terus menerus login kemudian klik start uploader smp kembali normal atau dengan sign in - sign out secara berulang2...Caranya bisa di coba "refresh" di menu management upload smp muncul CAPTA kembali normal sm seperti mau upload efaktur
      silahkan mencoba ya rekan2

      Delete