Cara Setting Firewall Antivirus Untuk Koneksi e-Faktur

Firewall Avast Internet Security Keadaan off
Firewall Avast Internet Security Keadaan off
Sebenarnya yang akan dibahas pada kali ini masih berkaitan dengan error yang sering terjadi di aplikasi e-faktur. Bagi anda mungkin sering dan bisa jadi sedang mengalami permasalahan dengan koneksi jaringan di aplikasi e-faktur. Biasanya yang terjadi aplikasi e-faktur tidak dapat terkoneksi jaringan internet meskipun internet stabil, wifi kenceng dan buat browsing saja lancar.
Baca juga : Solusi e-faktur error ETAX 40001
Aplikasi e-faktur biasanya diblock oleh Firewall sebuah antivirus yang terinstal di komputer atau laptop anda. Akibat diblocknya koneksi jaringan internet di aplikasi e-faktur menyebabkan aplikasi e-faktur error ETAX 40001 "tidak dapat menghubungi server", saat mengaktifkan uploader hanya loading terus, bahkan saat upload status approvalnya "siap approve" terus.

Untuk antivirus yang menjadi perhatian saya ketika menjalankan aplikasi e-faktur ada 2 yaitu Avast Internet Security dan AVG Internet Security. Firewall Avast internet security dan AVG Internet security menyebabkan kegagalan koneksi jaringan internet e-faktur.

Memang awalnya saat menjalankan aplikasi e-faktur antivirus Avast dan AVG tidak terdapat masalah. Berjalan aman tanpa masalah, lancar saat upload e-faktur. Namun, entah karena update atau gimana saya juga kurang paham betul, Avast dan AVG menyebabkan aplikasi e-faktur tidak dapat terkoneksi internet atau error ETAX 40001.

Solusinya saya mencoba untuk mematikan antivirus Avast dan/atau AVG tetapi takutnya malah menjadikan internet security yang ada di komputer/laptop menjadi lemah mudah tertembus malware atau adware. Kemudian saya mematikan saja firewall yang ada pada Avast Internet Security dan AVG Internet Security.

Menonaktifkan Firewall Avast Internet Security

Menonaktifkan firewall pada Avast Internet Securty sangatlah mudah tetapi perlu diingat juga sebaiknya melakukannya hanya jika komputer anda tidak terhubung ke Internet terutama saat aplikasi e-faktur anda memang diblokir oleh Avast. Hal ini memungkinkan anda akan tetap aman dari malware atau adware.

  • Buka Avast Internet Security
  • Pilih dan klik Pengaturan/setting
  • Pilih dan klik Proteksi aktif, kemudian klik firewall ke posisi mati/off.
  • Klik Ok
Jika anda telah melakukan sesuai dengan panduan di atas, status Avast anda harus berubah warna kuning dengan pesan peringatan "Firewall is turned off. Turn on". Untuk mengaktifkannya kembali, cukup klik pada 'Turn On' link atau melakukan langkah yang sama seperti yang anda lakukan saat mematikan.

Menonaktifkan Firewall AVG internet security

AVG Internet Security dilengkapi dengan firewall yang mengeblock ancaman dari luar ke komputer anda. Namun, firewall terkadang memblokir program dalam hal ini aplikasi e-faktur dari koneksi jaringan Internet. Jika hal ini terjadi, anda dapat menonaktifkan sementara firewall untuk memungkinkan aplikasi e-faktur terhubung internet.
  • Buka AVG Internet Security
  • Klik tab "Firewall" dan pilih "Change" di sebelah Firewall Mode.
  • Klik tombol di samping "Aktifkan perlindungan firewall off (tidak disarankan)."
  • Klik "OK" untuk menerapkan perubahan dan menonaktifkan firewall.
  • Apabila anda akan mengaktifkan kembali firewall pada AVG Internet Security silahkan masuk dalam settingan firewall dan pilih "Mode Otomatis (Disarankan)"
Demikian, semoga bermanfaat
Cara Setting Firewall Antivirus Untuk Koneksi e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment