eBilling : Gunakan Sistem Billing Pajak Versi Terbaru sse3.pajak.go.id

Seiring dengan kesadaran masyarakat indonesia dengan adanya pajak, maka Direktorat Jenderal Pajak (DJP) selaku pemilik otoritas pajak wajib memberikan pelayanan dengan semudah mungkin. Tak heran sekarang banyak masyarakat yang berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk melakukan kewajiban melakukan laporan SPT atau hanya sekedar konsultasi berkaitan pajak. DJPpun terus berbenah demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pajak dan demi mencapai tarhet penerimaan yang dari tahun ke tahun semakin tinggi.

Memang, menjadi keharusan bagi DJP untuk memberikan kenyamanan dalam transaksi perpajakan kepada wajib pajak. Baru-baru ini diawal bulan desember 2016, DJP telah meluncurkan salah satu sistem billing terbaru yang yaitu ebilling pajak versi 2. eBilling merupakan metode pembayaran pajak secara elektronik menggunakan Kode Billing dan Kode billing itu adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem Billing atas suatu pembayaran atau setoran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak.

Sistem Billing Pajak Versi Terbaru dapat diakses pada sse3.pajak.go.id. Meskipun DJP telah menerbitkan sistem billing pajak baru, sistem billing lama yaitu sse.pajak.go.id masih dapat diakses dan digunakan seperti biasa. Keterangan lebih lanjut terkait sistem billing pajak baru sebagai berikut

  • Apabila anda belum terdaftar dalam sistem billing pajak silahkan menggunakan sse3.pajak.go.id (versi terbaru) untuk melakukan pendaftaran.
  • Apabila anda telah memiliki akun Sistem Billing Pajak maka dapat login pada eBilling Pajak versi 2 atau sse3.pajak.go.id menggunakan NPWP dan PIN seperti pada eBilling Pajak versi sebelumnya (sse.pajak.go.id)
  • Terdapat fitur tambahan pada sistem billing pajak versi baru, yaitu pembuatan Billing atas NPWP pihak lain (untuk Potongan/Pungutan pajak) dan pembuatan Billing untuk untuk jenis Pembayaran Pajak tanpa-NPWP
  • Tidak perlu aktivasi EFIN layaknya DJP Online
  • Apabila anda sudah terdaftar dalam DJP online, anda tidak perlu melakukan pendaftaran atau buat akun. Yang harus dilakukan adalah menggunakan fasilitas Lupa PIN.

Cara Daftar dan Menggunakan sse3.pajak.go.id

Pertama, persiapkan alamat email aktif dan nomor NPWP yang anda miliki karena pendaftaran akan mewajibkan anda untuk mengisi alamat email serta NPWP. Masuk alamat website sse3.pajak.go.id atau link sse3.pajak.go.id. Apabila anda sudah memiliki akun versi pertama silahkan gunakan untuk login. Sedangkan bagi anda yang belum memili akun, silahkan klik belum punya akun.

Cara daftar ebilling versi terbaru sse3.pajak.go.id
Cara daftar ebilling versi terbaru
Isikan data sesuai dengan nomor NPWP yang anda miliki, jika sesuai nama akan otomatis muncul nama anda. Masukkan email aktif yang telah anda persiapkan sebelumnya, isikan PIN berjumlah 6 digit sesuai keinginan anda, lalu masukkan captcha yang telah tersedia dan klik daftar. Pastikan captcha benar karena jika salah anda akan mengisi form dari awal. 

Setelah sukses melakukan pendaftaran, silahakan cek email anda untuk membuka link aktivasi yang sudah dikirimkan oleh DJP. Cek inbox email dan spam, pastikan telah ada. Jika link aktivasi belum anda terima silahkan minta kirim ulang link aktivasi dengan klik "belum menerima link aktivasi" pada halaman pertama sse3.pajak.go.id. 

Klik link aktivasi, login dengan NPWP dan PIN yang sudah anda buat waktu pengisian form pendaftaran. Gunakan untuk buat kode billing sesuai pembayaran pajak yang akan anda lakukan. Demikian, semoga bermanfaat.
eBilling : Gunakan Sistem Billing Pajak Versi Terbaru sse3.pajak.go.id Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

4 comments:

miar said...

Sudah terdftar tapi lupa pin.apa yg harus dilakukan.

Triwibowo said...

Silahkan gunakan fasilitas lupa pin (sblm login). Nanti akan diminta memasukkan NPWP dan email. Setelah itu, cek email

WYSIWYG said...

sudah terdaftar akan tetapi lupa pin dan emailnya sdh tidak aktif/tdk bisa buka email, bagaimana solusinya ?

Triwibowo said...

kalau untuk masalah email saya belum pernah coba. Coba klik LUPA PIN, masukkan NPWP dan email baru. Jika dengan hal tersebut tidak berhasil, silahkan menghubungi kring pajak di 1500200 untuk direset dengan email baru.

Post a Comment