Database eSPT Tahunan PPh Badan Kosong Saat Dipindahkan ke Komputer Lain

Pada pembahasan kali ini, titik fokusnya adalah berkaitan dengan database eSPT Tahunan PPh Badan. Barangkali anda juga sedang mengalami permasalahan berkaitan dengan database eSPT Tahunan PPh Badan. Ada wajib pajak yang mengalami permasalahan di database eSPT Tahunan PPh Badan Versi terbaru.

Setelah melakukan instal eSPT Tahunan PPh Badan Versi terbaru dan telah menggunakan untuk melakukan laporan SPT ternyata atas aplikasi tersebut beserta databasenya akan dipindahkan ke komputer lain. Sebenarnya untuk pemindahan aplikasi eSPT yang paling vital adalah databasenya. Tinggal instal aplikasi eSPT di komputer lain dan masukkan databasenya (yang lama) ke dalam aplikasi eSPT tersebut.

Setelah wajib pajak mengcopy database eSPT Tahunan PPh Badan dan membuka aplikasi eSPT di komputer lain ternyata database tersebut kosong. Disamping itu mengharuskan untuk input ulang dari awal yaitu mulai NPWP selanjutnya profil wajib pajak. Padahal database tersebut dicopy dari folder C:\Program Files\DJP\ (untuk windows 32 bit) dan C:\Program Files(x86)\DJP\ (Untuk windows 64 bit). Tentu bingung dong, sudah ada isinya kok kosong.
error database eSPT tahunan pph badan kosong

Penyebab Database Kosong

Sebelum memasuki solusi dari database eSPT Tahunan PPh Badan yang dicopy kosong, alangkah baiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Pasti komputer yang anda gunakan adalah komputer dengan Operating System Windows baik windows 7 maupun 8 atau vista. 

Database yang anda input selama ini masuk di Virtual Store, karena anda running aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan bukan sebagai administrator. Bisa juga User Account Control (UAC) belum anda setting ke never notify. Fungsi UAC adalah untuk membantu mencegah malware atau virus yang dianggap potensial mengganggu program di komputer dari perubahan/pengaturan yang anda lakukan.

Jika anda memilih setting User Account Control (UAC) ke never notify maka anda dapat melakukan instalasi atau menggunakan program yang tidak tersertifikasi oleh windows. Untuk proses settingnya silahkan masuk ke Control Panel - dengan category User Account and Family Safety - User Account - Change User Account Control Setting lalu arahkan ke paling bawah pada posisi never notify.

Itulah penyebab mengapa database eSPT yang anda copy jika dibuka di komputer lain kosong. Selanjutnya mari bahas untuk penyelesainnya.

Solusi Database Saat Dipindahkan Kosong


  • Buka folder :C pilih Users
  • Buka folder User (tergantung proses instalasi yang pernah anda lakukan)
  • Buka folder AppData. Untuk folder AppData tersembunyi biasanya (terhidden), pastikan View Hidden Files and folders pada folder options (ada di Organize) terchecklist pada bagian Show hidden files, folders, dan drives. Cara masuk settingan tersebut, masuk windows explorer, pada pojok kiri atas klik Organize - Folder and search options.
  • Selanjutnya buka folder Local dan pilih Virtual Store
  • Buka folder Program Files - DJP dan pilih eSPT Tahunan PPh Badan atau yang anda kehendaki
  • Buka folder database sesuai pilihan anda, copy database tersebut kemudian pindahkan ke komputer lain
Baca juga : Cara Setting DSN Untuk Database eSPT Tahunan PPh Badan
Apabila saat anda membuka database tersebut di eSPT Tahunan PPh Badan tiba-tiba tidak bisa membuka databasenya (error) dan muncul peringatan “koneksi ke database gagal, silahkan cek DSN yang dipilih" maka yang harus anda lakukan adalah setting DSN terlebih dahulu. Demikian, semoga bermanfaat.
Database eSPT Tahunan PPh Badan Kosong Saat Dipindahkan ke Komputer Lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

3 comments:

Indra Sanjaya said...

Terima kasih Kang... tutorialnya sangat membantu sekali.

Triwibowo said...

samasama mas, senang bisa membantu

Marlina Nur Khasanah said...

Terimakasih, penjelasannya sangat membatu :)

Post a Comment