e-Faktur Gagal Update Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File

Satu hal yang dapat membuat kegaduhan di kalangan pengguna aplikasi e-faktur yaitu Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah adanya update aplikasi e-faktur. Sampai dengan bulan Juni 2017 ini DJP belum lagi mengeluarkan update terkait aplikasi e-faktur. Untuk versi terakhir sampai saat ini adalah Versi 46.

Ya dengan kelegaan juga sampai saat ini aplikasi e-faktur dapat dibilang dalam jalur yang tepat, karena sebagian error yang dialami oleh wajib pajak dapat teratasi. Untuk masalah update aplikasi e-faktur biasanya aplikasi akan menjalankan autoupdate jika terhubung dengan internet.

Tidak dibisa dibayangkan, jika seluruh indonesia mengalami update aplikasi e-faktur secara bersamaan. Apalagi dengan kapasitas update yang lebih 100 Mb, tentunya beberapa akan mengalami error. Error tersebut dapat terjadi karena update yang tidak sampai selesai, tidak jalannya autoupdate. Untuk melakukan autoupdate ini seharusnya didukung dengan jaringan internet yang mumpuni. Jika tidak alhasil akan mengalami error.

Kebanyakan yang dialami oleh wajib pajak jika telah selesai melakukan autoupdate aplikasi e-faktur mengalami error “the main startup class is not valid main method missing”.  Setelah aplikasi e-faktur dibuka kembali akan muncul notifikasi “the main startup class is not valid main method missing” dan aplikasi e-faktur tidak dapat dibuka.
Baca juga : Solusi e-Faktur Error “the main startup class is not valid main method missing”
Error tersebut pernah saya bahas, silahkan dapat anda baca sebagai referensi jika suatu saat mengalami error. Melanjutkan pembahasan terkait error pada saat update aplikasi e-faktur.

Ada juga beberapa wajib pajak yang mengalami error saat update aplikasi e-faktur Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File. Belum lama ini juga saya menemukan Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File pada aplikasi e-faktur wajib pajak. Error tersebut muncul karena wajib pajak salah menggunakan versi aplikasi e-faktur, alhasil melakukan update dan tidak dapat berjalan.

Jika anda mengalami Error ETAX-40006, silahkan ganti aplikasi e-faktur anda langsung ke versi 46. Untuk download aplikasi e-faktur terbaru versi 46 silahkan download di link bawah.
Baca juga : Download Aplikasi e-Faktur Versi 46
Caranya, ambil backup aplikasi e-faktur anda yang lama dengan mengambil folder db. Setelah anda download aplikasi e-faktur jangan lupa melakukan ekstrak. Apabila sudah teresktak dan terbentuk folder masukkan folder db hasil backup aplikasi e-faktur lama anda. Jadi di dalam folder aplikasi e-faktur hasil ekstrak tadi terdapat folder db dari e-faktur lama. 

Jalankan EtaxInvoice.exe, patch kembali sertifikat elektronik di menu referensi jika diminta. Cara tersebut memang saya lakukan beberapa kali dan terbukti berhasil. Demikian, semoga bermanfaat.
e-Faktur Gagal Update Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment