Solusi Error ETAX-20007 Nomor Faktur Tidak Lengkap

Untuk dapat rekam faktur pajak di aplikasi e-faktur, salah satu langkah yang harus anda lakukan adalah melakukan rekam range nomor faktur di Menu Referensi. Range nomor faktur yang harus diinput adalah nomor-nomor faktur yang telah diberikan/disetujui oleh DJP melalui permohonan.

Anda dapat melakukan permohonan NSFP secara online dan tidak perlu lagi datang ke Kantor Pajak membawa berkas-berkas permohonan.


Setelah berhasil rekam range nomor faktur, anda dapat rekam faktur pajak sesuai dengan transaksi yang akan dilakukan dengan lawan transaksi. Saat rekam faktur pajak, pastikan data-data yang anda masukkan telah sesuai dengan ketentuan.

Meskipun telah rekam faktur pajak sesuai dengan transaksi dan ketentuan, ternyata saat akan simpan faktur pajak muncul error ETAX-20007 Nomor Faktur Tidak Lengkap, Kode Jenis Transaksi 03 tidak diperbolehkan untuk faktur pajak.

Solusi Error ETAX-20007 Nomor Faktur Tidak Lengkap

Apabila anda mengalami error yang sama, ETAX-20007 Nomor Faktur Tidak Lengkap saat rekam faktur pajak, berikut solusi yang dapat anda lakukan.


1. Silahkan anda restart aplikasi e-faktur, dengan tutup aplikasi e-faktur kemudian buka kembali. Coba rekam faktur kembali.

2. Setelah restart aplikasi e-faktur tidak membuahkan hasil dan masih muncul error ETAX-20007 Nomor Faktur Tidak Lengkap, langkah selanjutnya koneksikan ulang database anda.

Masuk menu File - Administrasi DB. Pilih database yang sedang anda gunakan lalu klik Konek Ke Database. Setelah itu coba anda rekam faktur kembali.

3. Cara kedua tetap tidak membuahkan hasil, solusi berikutnya ada cek database yang anda gunakan. Apabila anda baru saja menambahkan database, kemungkinan besar masalah terjadi pada database e-faktur baru.

Silahkan anda tutup aplikasi e-faktur, setelah itu masuk dalam folder aplikasi e-faktur. Masuk folder db, cari nama database yang baru saja anda tambahkan. Misalnya db yang baru anda tambahkan bernama "efakturespt new". Langsung saja hapus "efakturespt new" dan pastikan hilang dari folder db.

Karena db sudah anda hapus, langkah selanjutnya adalah membuat database kembali dan input range nomor faktur. Saat anda membuat database baru pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan agar tidak mengganggu aplikasi e-faktur.


Solusi nomor 3 dapat anda lakukan apabila anda baru saja menambahkan database baru atau db baru. Apabila anda hanya menggunakan 1 database, silahkan lakukan solusi 1 dan 2. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Solusi Error ETAX-20007 Nomor Faktur Tidak Lengkap"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel