Error Install eSPT PPh 21, NET Framework Initialization Error

Pembahasan kali ini mengenai Instalasi eSPT PPh 21, sebelumnya perlu anda ketahui juga bahwa aplikasi eSPT PPh 21 terbaru adalah Versi 2.4. Update eSPT PPh 21 versi 2.4 yang rilis pada 21 November 2016 telah mengakomodir PTKP 2016 terbaru tanpa harus mengganti manual.

Jika anda masih menggunakan aplikasi eSPT PPh 21 versi sebelumnya, saya sarankan untuk segera update ke versi 2.4 dengan memakai patch atau single installer yang sudah disediakan oleh DJP. Meskipun eSPT PPh 21 versi 2.2 dan 2.3 masih dapat melakukan pelaporan di KPP, alangkah baiknya anda update karena suatu saat jika hanya diberlakukan 2.4 anda tidak kebingungan.
Baca juga : Download eSPT PPh 21 Versi 2.4
Saya tidak akan membahas, asal usul eSPT PPh 21 ataupun cara mengupdatenya. Yang akan saya bahas adalah error yang dialami oleh wajib pajak saat melakukan install eSPT PPh 21 versi 2.4 menggunakan Single Installer. Untuk proses instal eSPT PPh 21 menggunakan single installer sangat mudah, tinggal download dan langsung install ikuti petunjuknya. Berbeda dengan patch, kadang ada yang mengalami kegagalan.
Error Saat Install eSPT PPh 21
Error Saat Install eSPT PPh 21

Pada saat instal eSPT PPh 21 di laptop wajib pajak, awalnya berjalan. Waktu loading setengah jalan ternyata terhenti dan muncul error dengan dialog error "NET Framework Initialization Error". Keterangan di dalamnya "To run this application, you first must install one of the following versions of the NET Framework v.4.0.30319, Contact your application publisher for instructions about obtaining appropriate version of the NET Framework". Atau lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di atas.
Baca juga : Sofware Pendukung Yang Wajib Ada Untuk Instal eSPT
Sekilas, kita membaca keterangan error yang muncul disebabkan oleh NET Framework. Aplikasi eSPT meminta NET Framework 4, Benar saja saya cek di laptop wajib pajak memang belum terinstal. NET Framework 4 memang merupakan salah satu komponen pendukung untuk menjalankan aplikasi eSPT.

Setelah selesai melakukan instalasi NET Framework 4, saya lanjutkan untuk install kembali eSPT PPh 21 versi 2.4. Akhirnya dengan kesabaran menunggu berhasil juga. Inti dari error tersebut adalah NET Framework 4 belum terinstal. Demikian, semoga dapat menjadikan referensi bagi anda jika mengalami error yang sama. Semoga bermanfaat.
Error Install eSPT PPh 21, NET Framework Initialization Error Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment