Import Faktur Error ETAX-30005 : Error Objek Mapping

Pembahasan kali ini terkait dengan ekspor import faktur pajak. Bagi anda yang belum mengetahui, sebenarnya untuk proses input faktur pajak dapat dilakukan dengan mekanisme import. Tentunya untuk mendapatkan format/excel untuk diimport ke aplikasi e-faktur dapat kita lihat dengan cara eksport salah satu faktur. Setelah itu kita dapat melihat format-format yang harus diisi.

Jika kita sudah melihat format excel yang akan digunakan untuk import faktur pajak pasti tidak akan bingung dengan pembahasan kali ini.
Baca juga : Import data e-Faktur Error ETAX-20002
Tapi di sini saya tidak akan membahas bagaimana cara import faktur pajak di e-faktur. Pokok bahasan adalah error yang terjadi saat proses import faktur. Pada saat melakukan import faktur pajak keluaran di aplikasi e-faktur ternyata muncul Error ETAX-30005 : Error Objek Mapping PPN Salah. Dicoba ulang juga tetap muncul error ETAX-30005.
Error ETAX 30005 Saat Import Data Faktur Pajak

Penyebab Error ETAX-30005

Sebelum memasuki solusi alangkah baiknya kita mengetahui penyebab munculnya error ETAX-30005. Pertama yang menjadi fokus penyebab adalah adanya tanda petik (') atau karakter lain yang termasuk UTF 8 pada Nama Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak.

Adanya field atau kolom yang tidak terisi (blank). Biasanya pada kolom Harga Satuan tidak terisi sehingga tidak termapping di aplikasi e-faktur.

Solusi ETAX-30005

Setelah kita mengetahui apa penyebab yang ditimbulkan oleh error ETAX-30005 : Error Objek Mapping PPN Salah. Mari kita bahas solusinya. Pertama, silahkan buka file excelnya kemudian cek kolom Nama Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak apakah mengandung tanda petik atau karakter UTF8. Jika dalam kolom tersebut terdapat karakter yang tidak familiar (tanda petik atau UTF 8) silahkan untuk dihapus. Selain itu, apabila di kolom lain ada tanda yang tidak familiar dapat dihapus juga.

Pada kolom Harga Satuan apabila tidak terisi (blank) silahkan diisi. Untuk solusi yang terakhir ini belum pernah saya buktikan tetapi tidak salahnya jik saya memberikan saran kepada anda. Cek Regional Setting laptop/PC anda dan ubahlah ke English (United States). Caranya masuk pada Control Panel - Clock, Language, and Region - Region and Language - Format Pilih English (United States), terakhir klik Apply dan OK.

Kebanyakan permasalahan error ETAX 30005 disebabkan oleh adanya karakter UTF 8, jadi sebelum melakukan import dicek terlebih dahulu data faktur pajaknya. Setelah anda melakukan tahap-tahap yang telah dijelaskan, import kembali data faktur. Demikian, semoga bermanfaat
Import Faktur Error ETAX-30005 : Error Objek Mapping Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment