Cara Bayar Pajak Lewat Internet Banking Mandiri

Untuk pembayaran pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bekerja sama dengan beberapa bank di Indonesia telah menciptakan beberapa inovasi dalam cara pembayaran pajak. Banyak sekali metode pembayaran pajak sekarang ini, anda dapat membayar melalui ATM, Internet Banking, Mini ATM (EDC) yang disediakan di setiap Kantor Pelayanan Pajak (KPP), dan anda juga masih bisa langsung membayar ke teller Bank.

Kemudahan pembayaran pajak memang sangat diperlukan masyarakat Indonesia sekarang ini. Selain bertujuan untuk mendorong rasa sadar pajak masyarakat juga dapat menaikkan penerimaan pajak. Stigma bayar pajak susah sudah tidak ada lagi, Anda bisa buat kode billing sekaligus melakukan pembayaran di rumah, contohnya melakukan pembayaran melalui internet banking. Berikut akan saya uraikan cara bayar pajak lewat Internet Banking Mandiri.

Buat Kode Billing Pajak

Sebelum saya menjelaskan tata cara bayar pajak lewat Internet banking mandiri. Yang pertama harus anda lakukan dan miliki adalah kode billing pajak. Anda dapat membuat kode billing melalui tiga cara yaitu dengan layanan mandiri kode billing di KPP, melalui website pajak, dan buat kode billing pajak menggunakan telepon selluler.

Website pajak untuk pembuatan kode billing pajak yang sangat saya rekomendasikan adalah Surat Setoran Elektronik V.3. Saya sangat menyarankan menggunakan SSE 3 karena penggunaannya sangat mudah dan syaratnya juga hanya menggunakan NPWP dan alamat email.
Baca juga : Cara Menggunakan e-Billing Pajak SSE 3
Sedangkan jika anda akan membuat kode billing pajak menggunakan telepon selluer tidak kalah mudah tetapi anda akan dikenakan biaya. Tata cara pembuatan kode billing pajak dengan telepon selluer dapat anda baca link di bawah ini. 
Baca juga : Cara Membuat Kode Billing Pajak Dengan Telepon Selluler 

Bayar Pajak Lewat Internet Banking Mandiri

Untuk dapat melakukan pembayaran melalui internet banking mandiri pastikan anda sudah terdaftar di internet banking mandiri. Untuk cara mendaftar internet banking mandiri silahkan menghubungi kantor bank mandiri terdekat atau searching di internet terlebih dahulu.
Login internet banking mandiri
Halaman Login Internet Banking Mandiri
Pertama, silahkan masuk ke dalam web internet banking mandiri di alamat https://ib.bankmandiri.co.id. Di halaman login utama anda diminta memasukkan User ID dan PIN Internet Banking. USER ID merupakan kombinasi huruf dan angka sebanyak 6-10 karakter sedangkan PIN merupakan sandi yang bersifat "rahasia" terdiri 6 angka.

Bayar Pajak Lewat Internet Banking Mandiri
Pilih menu Bayar - Penerimaan Negara - Pajak/PNBP/Cukai
Setelah anda berhasil login, pilih menu Bayar - Penerimaan Negara. Akan muncul menu dialog penerimaan negara, pilih rekening tabungan anda. Untuk Jenis Pajak silahkan pilih Pajak/PNBP/Cukai. Nah, ini yang penting juga, masukkan kode billing yang sudah anda buat dan anda miliki. Untuk pembuatan kode billing dapat anda scroll ke atas. Kode Billing berjumlah 15 angka. Lalu klik Lanjutkan untuk proses selanjutnya.

Bayar Pajak Lewat Internet Banking Mandiri
Cek kebenaran data yang akan dibayarkan
Setelah anda klik Lanjutkan, akan muncul rincian pembayaran pajak yang harus anda bayar. Pastikan Mata Anggara, Jenis Setoran, dan Masa Pajaknya sudah sesuai. Pada gambar 1, jangan lupa centang nominal yang harus anda bayarkan, dibawah mata uang. Apabila sudah sesuai, data pembayaran dan nominalnya klik Lanjutkan.

Ini tahap terakhir cara membayar pajak melalui internet banking mandiri. Pada gambar 2, masukkan PIN mandiri untuk konfirmasi (Metode APPLI 1) dengan menggunakan token mandiri yang sudah anda miliki. Masukkan PINnya dan klik Kirim. Tunggu sampai muncul keterangan transaksi anda sukses terbayar.

Cetaklah bukti pembayaran sebagai bukti yang sah bahwa anda telah melakukan pembayaran pajak. Dengan internet banking, tidak perlu keluar rumah, bayar pajak bisa kapan saja dan dimana saja tanpa ada alasan "susah bayar pajak". Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Bayar Pajak Lewat Internet Banking Mandiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment