CSV eSPT PPh 21 Selalu Salah Masa Pajak dan Dikembalikan Oleh KPP

CSV eSPT PPh 21
CSV eSPT PPh 21 Dikembalikan

Tanggal 20 merupakan batas waktu pelaporan SPT Masa PPh 21. Jika anda berkunjung ke KPP sekaligus lapor pajak di tanggal 20 pasti akan rame oleh antrian wajib pajak. Oleh karena itu saya sarankan, apabila anda lapor pajak terutama SPT Masa PPh 21 jangan pas hari terakhir.

Saya tidak akan membahas jangka waktu atau jatuh tempo pelaporan SPT Masa PPh 21 tetapi saya akan membahas terkait error yang dialami oleh wajib pajak saat lapor SPT Masa PPh 21. Mungkin anda sedang mengalami masalah yang sama, tepat sekali saya akan memberikan solusinya.

Ada wajib pajak lapor SPT Masa PPh 21 dengan metode lapor eSPT ke loket atau TPT KPP. Sebagai syarat untuk dapat lapor pajak, wajib pajak telah membawa file excel CSV eSPT PPh 21 beserta hardcopynya. Selanjutnya, ketika file CSV eSPT PPh 21 akan di load di Aplikasi DJP oleh petugas pajak ternyata terdapat masalah. Masa Pajak dan Tahun Pajak file CSV tidak sesuai, seharusnya Masa Agustus 2017 ternyata terbaca Masa September 2015.

Berdasarkan penuturan wajib pajak, beliau telah sesuai membuat file CSV dari eSPT PPh 21. Sesuai memilih masa dan tahun pajaknya. Berulang kali membuat tetap selalu muncul masa September 2015. Jika anda mengalami error yang sama, berikut saya berikan solusinya
  • Pertama, usahakan jika anda membuat file CSV di seluruh aplikasi eSPT (tidak hanya eSPT PPh 21) jangan langsung simpan di Flashdisk. Simpan dulu di penyimpanan PC/Laptop anda, baru dicopy ke flashdisk.
  • Apabila cara pertama tidak berhasil memecahkan permasalahan salah masa dan tahun pajak. Cek versi eSPT PPh 21 yang terinstal. Pastikan versi aplikasi eSPT PPh 21 sudah versi 2.4 (minimal versi 2.3).
  • Apabila versi yang anda gunakan saat ini masih Versi 2.2 ke bawah dipastikan penyebabnya adalah hal tersebut.
  • Patch atau update aplikasi eSPT PPh 21 menjadi versi 2.4
Baca juga : Download eSPT PPh 21 Versi Terbaru 2.4
Apabila anda sudah berhasil melakukan update atau patch eSPT Masa PPh 21, silahkan coba kembali membuat file CSV. Hal ini terbukti saya lakukan dan berhasil membuat wajib pajak tersenyum lebar karena dapat lapor pajak. Demikian, semoga bermanfaat.
CSV eSPT PPh 21 Selalu Salah Masa Pajak dan Dikembalikan Oleh KPP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment