Solusi Error ETAX-60001 : Gagal Simpan SSP | ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid

Terkait adanya update aplikasi e-faktur versi 2.0, wajib pajak banyak yang mengalami error mulai dari gagal update e-faktur, setelah berhasil update tidak bisa upload faktur pajak (uploader putar-putar), bahkan ada yang ketika proses update meminta registrasi terus. Tenang, asti ada pelangi setelah hujan, kita sabar menanti sambil mecoba berulang ulang dan tanya rekan-rekan pajak. InsyaAllah pasti akan ada yang membantu.

Masih berkaitan dengan seputar update aplikasi e-faktur versi 2.0. Setelah berhasil update bahkan kabar gembiranya sudah sukses upload faktur pajak, ada wajib pajak yang mengalami error saat input SSP di aplikasi e-faktur.

Ketika input SSP di aplikasi e-Faktur, Formulir Induk 1111 - Bagian II.G wajib pajak banyak yang mengalai error. Error bagian SSP ini memang tergolong baru semenjak adanya update e-faktur versi 2.0. Error yang muncul adalah ETAX-60001 : Gagal Simpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid. null
efaktur error ETAX-60001 dan ETAXSERVICE-50001
Input SSP Error ETAX-60001 dan ETAXSERVICE-50001

Solusi ETAX-60001 dan ETAXSERVICE-50001

Bagi anda yang mengalami error saat input SSP di aplikasi e-faktur muncul error ETAX-60001 : Gagal Simpan SSP dan ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid berikut saya berikan solusinya
  • Untuk input SSP di aplikasi e-faktur, aplikasi e-faktur harus terhubung dengan internet (berbeda dengan sebelumnya)
  • Saat anda membayar atas KB SPT Masa PPN (SSP tersebut), system membutuhkan waktu untuk dapat mensinkronkan data pembayaran yang telah anda lakukan. Meskipun realtime, terkadang validasi butuh jeda beberapa saat. Jadi, setelah anda melakukan pembayaran pajak, tunggu beberapa saat paling tidak 45 menit, baru input ke dalam aplikasi e-faktur.
  • System input SSP di aplikasi e-faktur sudah online, pastikan data pembayaran yang anda masukkan telah sesuai. Pastikan NTPN/PBK benar.
Untuk menghindari error saat input SSP di aplikasi e-Faktur, saya menyarankan untuk melakukan pembayaran sehari sebelumnya. Apabila setelah menunggu tetapi masih error juga, silahkan menghubungi kring pajak di 1500200 atau KPP tempat anda terdaftar. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Error ETAX-60001 : Gagal Simpan SSP | ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

39 comments:

Klinik ICS said...

Saya sudah berhasil menjalankan E-faktur Ver 2.0. Pada saat melakukan Pembetulan ke 2 SPT bulan Juni 2017, pada saat klik tombol posting muncul error message E-TAX-60011: Gagal Menyimpan SSP Nomor NTPN sudah digunakan. Jika diteruskan hasil SPT Induk pada SPT Pembetulan ke 2 Bulan Juni tersebut, dibagian kolom NTPN nya kosong. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

Fanraf Tegar Prakarsa said...

solusi
permintaan NSFP muncul sertifikat elektronik tidak valid
mohon bantuan nya
trims

Fanraf Tegar Prakarsa said...

solusi
permintaan NSFP muncul sertifikat elektronik tidak valid
mohon bantuan nya
trims

Unknown said...

saya sudah update efaktur tapi masih eror etax 4001

Unknown said...

mohon bantuanya

Techy said...

terima kasih sudah bisa ditunggu sekitar 10 menit-an

Triwibowo said...

@techy > malah tambah cepet. samasama

Unknown said...

saya mengalami hal yang sama pada saat ingin memposting pembetulan muncul keterangan ETAX-600011 : Gagal menyimpan SSP Nomor NTPN sudah digunakan ?

beberapa kali saya coba hapus dan posting pembetulan ulang bahkan sampai merestart ulang pc, tapi setelah saya posting ulang tetep sama saja eror ETAX-600011.

mohon bantuan solusinya ?

Muri agatapromar said...

saya mengalami hal yang sama pada saat ingin memposting pembetulan muncul keterangan ETAX-60011 : Gagal menyimpan SSP Nomor NTPN sudah digunakan ?

beberapa kali saya coba hapus dan posting pembetulan ulang bahkan sampai merestart ulang pc, tapi setelah saya posting ulang tetep sama saja eror ETAX-60011.

mohon bantuan solusinya ?

Maria said...

Iya sama saya juga gagal terus mau memasukkan NTPN.
ETAX-60011 : Gagal menyimpan SSP
ETAXSERVICE-50001:SSP tidak valid.
Minta solusi dong

Bssp Pom said...

ETAX-60011 : Gagal menyimpan SSP
ETAXSERVICE-50001:SSP tidak valiD
Sebaiknya NTPN Yang Anda Masukan diperhatikan lagi, atau bisa di lihat di https://sse.pajak.go.id pilih menu konfirmasi ntpn

ekles maduwu said...

Dear temen-temen yang gagal penyimpan SSP,
sebelumnya saya sama seperti temn2, putus asa dan pilihan terakhir adalah membawa CPU ke KPP, Hadeewwwhh!!!
setelah saya coba berkali-kali, antara angka 0 (nol) dengan huruf O, dalam printout NTPN nya benar-benar mirip, setelah otak-atik antara nol dan O ternyata berhasil, dan sumber masalahnya adalah NTPN nya salah input. kalao mau lebih praktis NTPN sebaiknya di ferifikasi terlebih dahulu di Surat Setoran Elektronik Versi 1 (versi lama)supaya tidak salah input antara angka 0 dengan huruf O,...
demikian, semoga membantu,..tks

Maria said...

apakah ada cara lain untuk verifikasi no NTPN nya, karena Surat Setoran Elektronik Versi 1 (versi lama) saya tidak bisa? Telpon Kring Pajak bisa gak ya?

muthi mardhatillah said...

mau tanya, jadi untuk efaktur versi baru, harus bayar dulu PPN nya supaya mendapatkan NTPN gitu yah? baru setelah itu kita posting ulang SSPnya? Mohon dijawab yaa nuhuun.

Triwibowo said...

@maria : Hanya ada di sse versi satu bu untuk verifikasi NTPN

@muthi mardhatillah : iya, setelah selesai penghitungan di SPT Masa PPN, apabila Kurang Bayar (KB) silahkan lakukan pembayaran dahulu, setelah itu input NTPN (SSP).

Herni MCP said...

update berhasil, input e faktur baru lancar tapi ketika klik simpan malah ada notif error : "terjadi kesalahan, tidak dapat mneyimpan faktur", ada yang tau solusinya ?

davina said...

ETAX_60011 :Gagal menyimpan SSP
ETAXSERVICE_50001:SSP tidak valid
ETAX_API__60014: NOT FOUND
Mohon solusinya dong....

Triwibowo said...

Silahkan cek NTPN-nya, kebanyakan tertukar antara "o" dengan angka 0

BISNIS INDONESIA said...

ETAX_60011 :Gagal menyimpan SSP
ETAXSERVICE_50001:SSP tidak valid
ETAX_API__60014: NOT FOUND
Mohon solusinya dong....
Sebelumnya saya selalu menggunakan kode billing untuk SSP, karena saya pembayaran melalui mandiri online dan dibukti pembayaran tidak tercantum NTPN. Bagaimana ya solusinya.
Atas jawaban dan solusinya terimakasih.

YULIA RISKA said...

E TAX 60001 : GAGAL MENYIMPAN SSP
E TAX SERVICE -50001 : SSP TIDAK VALID
E- TAX API- 600014 NOT FOUND,
Bagaimana solusinya biar bisa menyimpan ssp? mohon pencerahaanya? mksh

Falia Yasin said...
This comment has been removed by the author.
Falia Yasin said...

mengalami ETAX-60001 pada saat melakukan pembetulan, dan ternyata jumlah PPN Masukan pada dokumen lain SPT Normal tidak terbawa ke SPT Pembetulan. Mohon diperbaiki sistemnya. Tks.

Triwibowo said...

@falia yasin : apakah dokumen yang di spt normal sudah diupload. Karena jika tidak diupload tidak akan masuk dalam spt. Efaktur versi 2.0 untuk dokumen lain harus diupload

Falia Yasin said...

dokumen untuk SPT normal sudah diupload, kan SPT normal sudah dilaporkan. Tapi waktu upload create SPT pembetulan, keluar ETAX-60001 ssp sudah pernah dilaporkan, lalu saya cek jumlahnya tidak sesuai, ternyata PPN Masukan dokumen lain tidak carried forward. Tks Pak...

Mujid ah said...

Mohon bantuan solusinya

ETAX_60011 :Gagal menyimpan SSP ETAXSERVICE_50001:SSP tidak valid
kode akun pajak tidak sesuai dengan SSP

Yufman Solusi Karya said...

Kasus Sama dengan sdr Mujid

Mohon bantuan solusinya

ETAX_60011 :Gagal menyimpan SSP ETAXSERVICE_50001:SSP tidak valid
kode akun pajak tidak sesuai dengan SSP

SRI SURIPTIAN said...

Apakah ada cara lain selain utak-atik 0 dan O, karena NTPN punya saya variasi hurufnya hanya 0 dan O? Jadi banyak sekali peluang tukar-tukaran 0 dan O.

Triwibowo said...

@sri suriptian : sebenarnya untuk cek NTPN bisa langsung melalui SSE1. Jika ibu ada akun silahkan cek di SSE1. Selain cara tersebut belum ada kecuali menanyakan langsung ke KPP

Kumpulan Cerita said...

Betul2 nyusahin nih aplikasi...udahbolak balik masukin data nptn, masih juga gagal. udah cek di sse.pajak.go.id dg kode billing / ntpn, kok malah gak ada datanya. BLUDREKK...

Lulu Sopiatun said...

Saya sudah coba mengganti angka 0 dengan haruf o alhamdulillah berhasil.

Triwibowo said...

@lulu sopiatun : alhamdullilah, bisa buat referensi buat rekan lainnya

Juliana Achu said...

Siang, saya ingin memberikan info td saya ada tlp kring pajak mengenai masalah yg sedang dibahas yaitu tidak dapat menyimpan NTPN sudah digunakan.

saat melakukan posting masa lalu masuk buka spt dan perbarui tampilan , masa yang ingin dibetulkan muncul tp saat di buka spt kolom G.kurang bayar untuk memasukan NTPN nya kosong. itu tdk masalah karena versi terbaru e-faktur memang seperti itu akan tetapi jika itu pembetulannya nihil . jika ada kurang byr pasti akan disuruh untuk memasukan NTPN yg kurang byr yg sudah dibyr.

sekian dan terimakasih
semoga bermanfaat

pelita bs said...

BARU KETEMU GAN SOLUSINYA , ternyata buka ebiilling yang versi 1 trus viewdata-konfirmasi , nah disitu isi sop(lawan transaksi aja) terus yng filter pilih (billing) nah baru isi billingnya disitu ntar keluar ntpn yang bener nya , thh

Psr910 Yamaha said...

susah mmg pajak kita ini, saya mau lapor malah terbentur di tidak bisa konfirmasi ntpn lewat kode billing, hasil cetak jelas ttp diinput di lapor spt nya gak ada hasil yg ada error terus,, di sse pajak gak mau nampil ntpn nya

Psr910 Yamaha said...

sam juga kausu kita bro Kumpulan Cerita said, bagaimana org indonesia mau tepat lapor bayar kl aplikasinya nyusahin....betooolllll??

Psr910 Yamaha said...

capek deh antara O n 0 juga tidak ada hasilnya da di utak atik....yg benar hasil print nya di loket2 pembayaran harusnya jd perhatian perpajakan agar wajib pajak tidak dibuat susah dan makan waktu hanya ngurusi O n null

Rahma said...

wkwk NTPN aku udah cukup jelas, jelas banget malah . dan gaada o atau 0 nya . kan bingung hahha

Juni Parulian Panggabean said...

SISTEM CACAD

Kasyadi Duri said...

saya gan jumlah bayar lebih satu rupiah dari pbk ,,,
data yanng di masukan tidak valid gan...
sarannya gan..

Post a Comment