Update e-Faktur Versi 2.0 Database Hilang

Masih berkaitan dengan update aplikasi e-faktur versi 2.0. Ada wajib pajak yang sudah 20 hari semenjak direleasenya e-faktur versi 2.0 baru mengetahui. Hal tersebut diketahui wajib pajak saat akan melakukan upload faktur pajak, jika terhubung dengan jaringan internet aplikasi e-faktur akan otomatis update. Namun, saat otomatis update gagal dan update tidak berjalan.


Baca juga : Update Manual e-Faktur Versi 2.0
Akhirnya kita lakukan update manual dengan mengcopy database lama ke dalam aplikasi e-faktur baru versi 2.0.

Nah, setelah berhasil melakukan update manual e-faktur versi 2.0 ada masalah lagi yang muncul. Setelah dilakukan cek pada faktur-faktur pajak yang sudah diterbitkan ternyata hilang sebagian, mulai dari tahun pajak 2016 sampai 2017 faktur pajak yang sudah diterbitkan hilang.

Sudah dilakukan refresh berkali kali dan restart aplikasi e-faktur tetap saja tidak muncul. Hal ini juga diperkuat dengan hilangnya arsip SPT Masa PPN yang sudah terposting. Saya tanyakan kepada wajib pajak tersebut terkait lokasi database e-fakturnya memang hanya satu tersebut. Bahkan hanya menjalankannya di folder tersebut.

Selang beberapa saat saya terpikirkan bahwa database e-faktur melakukan backup tidak di folder yang seharusnya. Artinya database tersebut bisa jadi berada di Virtual Store. Kenapa saya terpikirkan Virtual Store? karena wajib pajak menyimpan dan menjalankan aplikasi e-faktur berada di C:\Program Files dan menggunakan sistem operasi windows 10, 64 Bit.


setting hidden folder and files
Setting Hidden Folders, Files, and Drives


Setting Hidden Folders

Untuk dapat melihat lokasi data di Virtual Store silahkan anda ubah pengaturan Hidden Foldernya terlebih dahulu. Caranya, masuk Windows Explorer lalu Klik Organize (pojok kiri atas). Pilih Folder and Search Options. Setelah muncul kotak dialog Folder Options, klik view. Pada Hidden Files and Folders pilih "Show Hidden files, folders, and drives". Klik Apply dan OK. (lihat gambar di atas)

Untuk settingan Hidden Folders di atas saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7, 32 bit.


User Account Control Settings
User Account Control Settings


Database e-Faktur di Virtual Store

Saya belum mengetahui secara pasti mengapa, db e-faktur dapat masuk ke dalam virtual store. Tetapi ada yang pernah share, folder atau file dapat masuk ke dalam virtual store karena User Account Control Settings. User Account Control Setting, tersetting always notify. Disamping itu, folder e-faktur tersimpan dalam folder C:\Program Files.

Untuk mengoperasikan aplikasi e-faktur dan e-SPT usahakan folder ditempatkan di folder selain :C dan atur User Account Control Settings ke Never Notify. Masuk Control Panel - User Accounts and Family Safety - User Accounts. Pilih Change User Accout Control Settings dan tempatkan ke Never Notify.

Sudah tahu sedikit penyebabnya, lanjut kita masuk pada db e-faktur yang tersimpan di virtual store. Masuk folder C:\Users\[nama user]\AppData\Local\VirtualStore. Dalam virtual store tersebut cari nama folder yang anda gunakan untuk menyimpan aplikasi e-faktur. Silahkan anda cek apakah ada folder db yang tersimpan disana. Jika ada folder db, ambil dan lakukan untuk update e-faktur versi 2.0.

Kasus di atas juga sering kali menyebabkan sewaktu melakukan update e-faktur versi 2.0 database kosong dan meminta untuk registrasi e-faktur. Demikian, semoga bermanfaat.
Update e-Faktur Versi 2.0 Database Hilang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment