Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Input SSP PBK di e-Faktur Versi 2.0

Apakah di aplikasi e-faktur versi 2.0 sudah mengakomodir input SSP melalui Pemindahbukuan (PBK)? Tentu saja jawabannya adalah sudah bisa. Di aplikasi e-faktur versi 2.0, Anda masih tetap dapat input SSP melalui Pemindahbukuan (PBK). Meskpiun sekarang harus upload dahulu, PBK bisa diinput.

Pada saat saya input SSP PBK di aplikasi e-faktur kok muncul error ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP dan ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid? Padahal bukti pemindahbukuan sudah ada, NTPN sudah sesuai PBK terinput dan Nomor PBK Valid dari Kantor Pajak. Nah, itulah keluh kesah yang banyak diamali oleh rekan-rekan pengguna aplikasi e-faktur (PKP).


Baca juga : Solusi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP

Input PBK di Aplikasi e-Faktur
Input PBK di Aplikasi e-Faktur

Untuk PBK, sah apabila terdapat bukti PBK yang sudah tertera Nomor PBK, Rincian PBK, dan tertera Tanda Tangan dari Kepala Kantor Pelayanan Pajak.

Apabila anda akan input SSP PBK di aplikasi e-faktur yang harus anda perhatikan adalah Nomor dan Nilai PBK, pastikan yang masuk ke dalam Tabel PBK nilainya sama dengan nilai Kurang Bayar di aplikasi e-Faktur (tidak ada selisih). Setelah itu Nomor PBK, pastikan Nomor PBK yang anda input telah sesuai. Jangan lupa untuk mencentang checklist "PBK".

Jika nilai PBK dan Nomor PBK yang sudah anda input benar sesuai Bukti Pemindahbukuan yang anda terima tetapi masih muncul error, silahkan kroscek ke KPP tempat anda menerima bukti Pemindahbukuan. Demikian, semoga bermanfaat.

5 comments for "Input SSP PBK di e-Faktur Versi 2.0"

  1. untuk tanggal yang diinput itu tanggal pembayaran atau tanggal diterbitkan pbk ya?

    ReplyDelete
  2. pagi gan sy ada kesalahn input bulan seharusnya bulan 9 untuk pemabyaran ,sy kliru tulisbulan 8 tapi approvel sukses ...apakah gk ada maslah ya gn ,,trims

    ReplyDelete
  3. teman-teman, liat no. pbk nya di surat pbk ya, jangan di ssp, antara titik dan tanda minus harus hati-hati, karena dia sensitif case deh. Aku berhasil waktu ngubah titik ke minus.

    ReplyDelete
  4. Gan kl saya wkt itu bayar 4,9jt tp seharusnya 4.545.545 setelah di input & otomatis dikatakan ada selisih, ketika di simpan selalu error seperti penjelasan itu bgmn?

    ReplyDelete