Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Backup database efaktur_eksportimport

Melanjutkan cara membackup database e-faktur, kali ini saya akan menjelaskan metode yang kedua yaitu metode eksportimport. Untuk metode ini kita harus login ke dalam aplikasi efaktur. Langsung saja kita masuk dalam penjelasan. Login aplikasi e-faktur anda dan pilih mana yang akan anda backup, kalau saran saya semuanya mulai dari Faktur Keluaran, Faktur Masukan, retur keluaran, retur masukan, dokumen lain, referensi lawan transaksi dan barang/jasa.

Eksort data e-faktur merupakan salah satu kegiatan memindahkan data dari sumbernya yaitu aplikasi e-faktur ke tempat lain. Hal ini saya sarankan untuk memindahkan atau menyimpan file di tempat terpisah seperti di flashdisk atau Compact Disk (CD) yang tentunya aman dari virus. Cara ini termasuk mudah dan aplikasi e-faktur untungnya mengakomodir cara ini sebagai salah satu cara untuk membackup data.

Sesuai penjeasan diatas bahwa untuk eksport impor berbeda dengan cara backup yang copy paste. Anda harus mengimport semua element data yang pernah anda inputkan. Yang akan saya jadikan tutorial adalah cara backup database pajak keluaran, untuk yang lain caranya tetap sama namun itemnya yang berbeda.

cara backup data e-faktur, pajak keluaran
cara backup data e-faktur, pajak keluaran

Login ke aplikasi e-faktur yang anda miliki, kemudian pilih menu faktur - pajak keluaran dan pilih export lalu save file. Nanti anda akan diarahkan ke direktori penyimpanan data, pilih lokasi penyimpanan. Klik open maka proses export data akan berjalan hingga muncul notifikasi export data selesai yang menandakan anda sukses mengexport. Format file yang tersimpan nantinya adalah CSV.

Apabila data telah anda ekport dalam bentuk CSV dan aplikasi e-faktur anda bermasalah, maka anda tidak perlu resah karena masih punya backup yang nantinya tinggal anda import ke dalam aplikasi e-faktur baru. Demikian semoga bermanfaat.

7 comments for "Cara Backup database efaktur_eksportimport"

  1. halo gan. terima kasih atas sarannya. saya sudah berhasil back up faktur pajak keluar dan masukan nya. tapi bagaimana saya memback up SPT nya ya? bisa tolong dibantu gan. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. @Marisca Fiona : untuk backup SPTnya tidak ada, silahkan rekan create ulang nanti.

    ReplyDelete
  3. bagaimana cara nya untuk meng-export hanya 1 masa pajak saja? misalnya saya ingin meng-export masa pajak bulan 2 saja, itu bagaimana caranya ya?

    ReplyDelete
  4. @Kristin Natasha : silahkan gunakan filter di efaktur, pilih sesuai masayang akan di ekspor.

    http://www.efakturespt.com/2017/03/cara-filter-masa-pajak-di-aplikasi-e.html

    Setelah etrfilter masa tersebut, blok dan klik kanaan lalu import.

    Ketika sudah terkspor jangan lupa untuk menghapus pengaturan filternya

    ReplyDelete
  5. apakah untuk mengeksport data yang ada diefaktur ke direktori penyimpanan data perlu waktu yang lama? Soalnya saya dari tadi menunggu tidak ada muncul notifikasi eksport data selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya cepat, tegantung besar datanya. .. Kmrin saya ada banyak juga tidak sampe 3 menit sudah eskpor seluruhnya

      Delete
  6. napa setelah diimport balik faktur pajak masukan jadi belum diupload? mohon pencerahan. thanks

    ReplyDelete