e-Faktur Error ETAX 30023 | Sertifikat Elektronik e-Faktur Jangan Diganti Nama

Dalam beberapa hari ini saya menemui beberapa permasalahan pada wajib pajak terkait dengan sertifikat elektronik e-faktur. Sebenarnya sangatlah mudah dan terlalu simpel jika saya membahas permasalahan ini. Akan tetapi wajib pajak banyak yang tidak mengetahui permasalahan terkait sertifikat elektronik ini.

Waktu memandu wajib pajak untuk melakukan registrasi ulang e-faktur saya menemukan kesalahan error saat setelah memasukkan sertifikat elektronik dan passphrase. Keterangan error yang muncul adalah error ETAX 30023 : "File Certificate tidak bisa di pakai, Passphrase certificate salah tidak dapat memakai sertifikat digital".

Saya pun bingung pada saat itu karena setelah saya cek sertifikat elektronik milik wajib pajak memang miliknya dan passphrase yang dimasukkan sudah sesuai. Berulang kali saya coba masukkan sertifikat elektronik dan passphrase saat registrasi ulang e-faktur error tetap sama ETAX 30023. Kemudian saya buka katalog error e-faktur terkait error ETAX Lihat Disini.

efaktur error ETAX 30023
error ETAX 30023
Di katalog error e-faktur dijelaskan bahwa penyebab error ETAX 30023 adalah Format Certificate Salah, File Certificate tidak ditemukan, Certificate bukan milik user terdaftar, Tidak ditemukan Certificate yang benar untuk user. Kami pun bergerilya mencari penyebab tersebut satu per satu.

Pada akhirnya tertuju pada format nama sertifikat elektronik milik wajib pajak yang tidak biasanya. Ternyata oleh wajib pajak, sertifikat elektronik tersebut diganti namanya menjadi 9 digit NPWP. Sebenarnya kalau sertifikat elektronik e-faktur sudah diganti nama tidak akan dapat dipakai lagi, istilahnya formatnya sudah tidak sesuai atau corrupt. 

Solusi permasalahan sertifikat yang sudah diganti nama adalah saya download ulang sertifikat elektronik di enofa online. Login enofa online dan pilih menu Download Sertifikat Digital. Setelah terdownload gunakan sertifikat elektronik baru tersebut untuk registrasi ulang e-faktur. Dengan memakai sertifikat elektronik yang barusan download akhirnya aplikasi e-faktur berhasil teregistrasi.

Pesan yang dapat diambil, ketika akan melakukan patch sertifikat elektronik ke dalam aplikasi e-faktur atau install sertifikat elektronik ke dalam browser jangan sampai sertifikat elektronik diganti namanya. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "e-Faktur Error ETAX 30023 | Sertifikat Elektronik e-Faktur Jangan Diganti Nama"

  1. udah saya donlod ulang kok gk mau juga ya, dimana lg salahnya ya pak, mohon bantuannya,
    ada limit waktu penginstalan sertifikat elektronik gk ya dari waktu pertama dikasih ke penginstalan aplikasinya, karena ada selang waktu 2 minggu setelah sertifikat eketronik diberikan baru saya instal, mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Download ulang dan sertifikat jangan diganti nama atau dibuka. Langsung saja gunakan. Kebanyakan wajib pajak salah dalam memasukkan passphrase. Pastikan besar dan kecilnya huruf pak. Semoga berhasil...

    ReplyDelete
  3. Pak Tri
    saya baru saja mengalami error 30023, dan sudah download ulang tanpa rename, passphrase juga sudah sesuai tapi tetap muncul error 30023
    kira-kira kenapa ya??mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. @putra agusta : yakin pak passphrase sudah besar? besar kecilnya huruf?

    kebanyakan memang salah di passphrase

    ReplyDelete

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel