Solusi Tidak Dapat Buat PDF Error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat

Setelah update aplikasi e-faktur versi 2.0, banyak wajib pajak yang mengeluhkan adanya error baru saat akan buat PDF Faktur Pajak. Sampai beberapa hari setelah updatepun banyak yang belum bisa. Wajib pajak yang mengalami error saat buat PDF hanya wajib pajak yang menggunakan aplikasi e-faktur dengan sistem Network Database (server-client).

Kebanyakan yang tidak dapat buat PDF adalah aplikasi e-faktur dengan sistem Network Database yaitu pada eplikasi client e-faktur. Pada versi sebelumnya 1.46, wajib pajak masih dapat buat PDF faktur pajak. Akan tetapi setelah adanya update e-faktur versi 2.0, pada aplikasi e-faktur client tidak dapat buat PDF dan selalu muncul error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat.

Jika anda ingin langsung dapat membuat PDF faktur pajak silahkan buat melalui aplikasi server e-faktur.


Error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat
Error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat

Untuk aplikasi client e-faktur yang tidak dapat buat PDF dan selalu muncul error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat, berikut saya sampaikan solusinya. Solusi ini saya dapatkan dari grup telegram Diskusi Perpajakan. 

  • Penyebab e-faktur yg digunakan oleh client tidak dapat buat PDF karena aplikasi yang terhubung ke database-server adalah aplikasi dengan db lokal yang kosongan.
  • Agar buat PDF dapat dilakukan, diharapkan untuk meng-copy folder ETaxInvoice yang terdapat dalam folder db aplikasi server kemudian paste di folder dalam folder db aplikasi client.
  • Jika folder ETaxInvoice ukurannya besar, anda dapat membuat db baru. Akan tetapi, ketika akan dicopy ke aplikasi e-faktur client diharapkan untuk diubah dengan nama ETaxInvoice karena aplikasi akan membaca default database ke nama folder tersebut.
Catatan yang perlu anda perhatikan : pastikan untuk melakukan cara di atas aplikasi e-faktur dalam keadaan tertutup. Untuk saat mengcopy folder ETaxinvoice jangan copy and replace tetapi hapus dahulu yang di client baru pastekan.

Demikian Solusi Tidak Dapat Buat PDF Error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

22 Responses to "Solusi Tidak Dapat Buat PDF Error ETAX-30009 : Report Tidak Dapat Dibuat"

  1. sudah kami lakukan sesuai petunjuk, tapi untuk transaksi diatas tanggal 2 okt 2017 tetap tidak mau (ETAX-30009). mohon masukan untuk solusinya

    ReplyDelete
  2. Kasus yang saya alami dari beberapa komputer dikantor ada yang bisa & ada yang gak bisa. Itu kira-kira permasalahannya ada dimana ya? padahal data efaktur nya sama seperti dari komputer yang bisa ?

    ReplyDelete
  3. aneh ganti versi 2.0 bukannya makin efisien,malah mempersulit user yg connect lwt jaringan...

    ReplyDelete
  4. Agar buat PDF dapat dilakukan, diharapkan untuk meng-copy folder ETaxInvoice yang terdapat dalam folder db aplikasi server kemudian paste di folder dalam folder db aplikasi client.

    folder db aplikasi server maksudnya yang mana?
    mohon pencerahan nya..
    thanks..

    ReplyDelete
  5. Agar buat PDF dapat dilakukan, diharapkan untuk meng-copy folder ETaxInvoice yang terdapat dalam folder db aplikasi server kemudian paste di folder dalam folder db aplikasi client.

    folder db aplikasi server maksudnya yang mana?
    mohon pencerahan nya..
    thanks..

    ReplyDelete
  6. saya bantu jawab pak taufik arie
    saya juga pengguna aplikasi efaktur server-client permasalahan saya untuk client menggunakan efaktur update terbaru tidak bisa cetak pdf. untuk solusinya mengcopy folder ETaxInvoice yang terdapat di dalam folder db pada efaktur server,
    setelah itu di pastekan ke folder db client
    lalu buka kembali aplikasi efaktur pada client, baru bisa di cetak pdf
    barusan saya coba bisa cetak untuk client

    ReplyDelete
  7. masih kadang bisa kadang tidak. dan ini sangat mengganggu. sebelumnya pencetakan pdf di client tidak pernah ada kendala sampai ada update versi terbaru. mohon segera diberi solusi. bukan hanya sekedar "tutup aplikasi dan ulangi"

    ReplyDelete
  8. sudah saya lakukan persis seperti yang disarankan. dan hasilnya adalah tidak bisa. parah banget nih. mengganggu bisnis perusahaan.

    ReplyDelete
  9. Versi 2.0 ini cukup mengganggu, di tempat saya bekerja juga sama persis kendala permasalahannya. Sudah saya lakukan copy & replace folder etaxinvoice tidak bisa juga, input certificate tidak bisa juga. Mohon solusinya.. thanks

    ReplyDelete
  10. versi Mac tidak bisa create PDF sama sekali, (versi sebelumnya lancar), mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  11. semua yang diberitahukan, mengenai copy folder db ke lokal supaya bisa buat pdf tidak bisa juga. mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  12. sudah dicoba berulang kali, masih tetap tidak bisa.. mohon diinfokan ada cara lain atau mungkin step-step nya masih ada yang belum dijelaskan.

    ReplyDelete
  13. yang error diserver nya langsung pak, gimana ini

    ReplyDelete
  14. sudah skami coba berulang-ulang petunjuk seperti yang disarankan, hasilnya tetap tidak bisa. Terus kudu piyeee... ??

    ReplyDelete
  15. Adakah langkah lebih jelasnya? Saya bingung

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Baru dapet solusinya,
    Buka -> Referensi -> Administrasi Sertifikat -> Update sertifikat elektronik -> masukkan passwd -> ok

    Dan selesai.... bisa langsung cetak PDF

    ReplyDelete
  18. saya sudah bisa pdf dari komputer client (bukan server), ternyata kita harus login menggunakan user selain administrator yaitu menggunakan user pegawai (ada di menu referensi-administrasi user), disitu akan muncul EFaktur yg pernah dibuat masing2 user, kalo masih kosong coba buat satu Efaktur silahkan di buat PDF.. saya sudah coba dan bisa

    ReplyDelete
  19. terima kasih, semoga menjadi solusi bagi rekan lainnya :)

    ReplyDelete
  20. Db yang berada di pc atau laptop client. Apakah sudah dapat dbny?

    ReplyDelete
  21. Saya mencoba solusi dari talitha dan berhasil

    Caranya:
    Buka -> Referensi -> Administrasi Sertifikat -> Update sertifikat elektronik -> masukkan passwd -> ok

    Semoga membantu

    ReplyDelete

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel