Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Upload Faktur Reject Error ETAX-30004 : Error Upload FakturNull Pointer

Setelah update e-faktur versi 2.0, ada beberapa error yang dialami oleh wajib pajak dan kode error yang muncul belum pernah ada sebelum sebelumnya. Ada yang mengalami gagal update e-faktur versi 2.0, ada yang upload faktur reject padahal sebelumnya masih aman-aman saja. Bahkan ada yang upload faktur pajak sampai berhari hari belum bisa. Tenang, disini banyak rekan-rekan yang akan membantu jika mengalami kesulitan.

Langsung saja kita masuk pada pembahasan error e-faktur. Error yang akan dibahas kali ini belum pernah saya alami secara langsung tetapi pernah ditanyakan oleh rekan yang mengalami error. Pada saat upload faktur pajak (uploader sukses berjalan) tiba-tba status approvalnya adalah "reject". Upload faktur pajak reject dengan keterangan error ETAX-30004 : Error Upload FakturNull Pointer. 

efaktur Error ETAX-30004 : Error Upload FakturNull Pointer
Error ETAX-30004 : Error Upload FakturNull Pointer

Jika anda mengalami upload faktur reject keterangan ETAX-30004 : Error Upload FakturNull Pointer, silahkan coba untuk solusi berikut ini

  • Restart aplikasi e-faktur, dengan cara menutup lalu membukanya kembali. Lalu upload ulang faktur yang reject tersebut.
  • Jika cara pertama tidak membuahkan hasil. Coba cara selanjutnya yaitu dengan melakukan patch/import ulang sertifikat elektronik yang baru di menu Referensi - Administrasi Sertifikat. Untuk mendapatkan sertifikat elektronik yang baru silahkan unduh dahulu di enofa online (efaktur.pajak.go.id)
  • Setelah berhasil anda unduh, langsung tempatkan sertifikat elektronik dalam folder e-faktur.
  • Silahkan upload ulang faktur pajak yang reject.
Baca juga : Solusi e-Faktur Error ETAX-30002 Tidak Dapat Melakukan Hashing
Kenapa anda harus patch ulang sertifikat elektronik yang baru? karena hal ini berkaitan dengan gagal hashing atau sertifikat corrupt sehingga tidak dapat untuk digunakan. Demikian, semoga bermanfaat.

5 comments for "Solusi Upload Faktur Reject Error ETAX-30004 : Error Upload FakturNull Pointer"

  1. Apload slalu rijek walau data efaktur sudah betul semua,tolong solusinya

    ReplyDelete
  2. @Fachrul Ghifary : keterangannya sama dengan di atas atau beda pak? coba cek sertifikat elektroniknya, silahkan di import ulang di aplikasi efaktur.

    ReplyDelete
  3. Thanks min, it works , ndak tapi ndak tau itu worksnya karna langkah tersebut di atas atau memang servernya odah aman...hehe...whatever yang penting alhamdllah udah sukses uploadnya..
    oya buat sesama pengguna e-faktur boleh dong sharing2 ilmunya di wa 085658864723

    ReplyDelete
  4. @Awan DCS : Alhamdullilah, biasanya sertifikat perlu di import ulang juga pak..

    ReplyDelete
  5. sama aja mas bacaanya masih reject tolong solusinya

    ReplyDelete