Cara Meremove Nama System DSN Yang Salah Pada ODBC

Untuk menambah database baru di aplikasi eSPT terutama aplikasi eSPT PPh Tahunan Badan, eSPT Tahunan PPh OP, eSPT Masa PPh 23, dan eSPT Masa PPh 4 Ayat 2 Anda harus setting ODBC terlebih dahulu. Jika Anda tidak setting ODBC dan hanya copy paste database kosong saja, maka database tersebut tidak akan terbaca di aplikasi eSPT.

Baca juga : Cara Setting ODBC Untuk Menambah Database eSPT

Untuk cara setting ODBC atau menambah database eSPT silahkan baca link di atas. Tidak perlu saya jelaskan kembali di sini.

Ketika Anda menambahkan database baru eSPT, setelah dicek ternyata terdapat kesalahan baik dari jenis databasenya maupun penamaan database. Karena dibuat berulang kali maka nama-nama database tersebut muncul di setiap aplikasi eSPT.

Jika terlalu banyak daftar database eSPT mungkin bagi Anda sangat mengganggu dan membuat bingung ketika akan lapor SPT. Bahkan beberapa memang tidak digunakan.

Apabila dalam aplikasi eSPT Anda terlalu banyak database yang tidak digunakan alngkah baiknya dihapus agar administrasi SPT anda tersusun rapi. Untuk menghapus list database yang ada di eSPT kita tidak serta merta mengahpus database-nya saja langsung hilang. tetapi kita harus mengahapusnya melalui "ODBC Data Source Administrator". Pada bagian "System DSN". Pilih nama databasenya dan langsung saja klik "remove".

tidak bisa menghapus file system DSN eSPT
Hapus System DSN

Tidak Bisa Diremove

Meskipun kita sudah meremove daftar database eSPT seperti di atas, database tersebut tetap saja muncul (tidak bisa dihapus). Nama databse dalam system DSN pun masih ada. Ada juga dengan cara meremove langsung hilang saat itu juga. Apabila database eSPT dan system DSN milik Anda tidak bisa diremove, berikut terdapat tips yang bisa Anda jalankan.
  • Buka regedit (registry editor) bisa Anda buka dengan cara, masuk Run (windows + R) dan ketika regedit
  • Pada Registry Editor yang sudah tampil, silahkan buka folder system DSN-nya (sepert di bawah ini)
Computer - HKEY_LOCAL_MACHINE - SOFTWARE - ODBC.INI - ODBC Data Sources - pilih Nama Database (nama system DSN) yang akan Anda remove - Klik kanan, DELETE.
registry editor hapus system DSN database eSPT
Registry Editor

Cara di atas adalah untuk windows 32 bit, apabila Anda menggunakan windows 64 bit hanya beda sedikit saja. Lihat berikut ini,

Computer - HKEY_LOCAL_MACHINE - SOFTWARE- WOW6432Node - ODBC.INI - ODBC Data Sources - pilih Nama Database (nama system DSN) yang akan Anda remove - Klik kanan, DELETE.

Dengan cara tersebut maka nama database anda akan terhapus dan nama database/data source di system DSN ODBC akan terhapus juga. Demikian, semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meremove Nama System DSN Yang Salah Pada ODBC"

Post a Comment

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel