Solusi File CSV eSPT PPh 23 Terbaca Nihil Saat Dilaporkan

Saat melihat gawai, secara tidak sengaja bersamaan mendapat pesan dari rekan kerja. Rekan saya menanyakan permasalahan perihal eSPT PPh 23 yang dilaporkan ke loket TPT, bukan error. eSPT PPh 23 status "Kurang Bayar" kenapa terbaca "Nihil" ya saat dilaporkan?

Kronologi dan Solusi Permasalahan

Ada wajib pajak yang melaporkan SPT Masa PPh 23 menggunakan eSPT (dengan membawa file CSV hasil create dari eSPT Masa PPh 23) ke loket TPT. Saat diterima oleh petugas loket TPT ternyata SPT PPh 23 yang dilaporkan terbaca "Nihil". Padahal SPT tersebut statusnya "Kurang Bayar".

Solusi File CSV eSPT PPh 23 Terbaca Nihil Saat Dilaporkan

Dicoba beberapa kali terbacanya memang "Nihil". Sayapun teringat oleh rekan saya yang pernah mengalami hal serupa, solusi tersebut pernah berhasil membuat SPT terbaca dengan status yang sebenarnya (Kurang Bayar).
Solusi dari file CSV eSPT PPh 23 terbaca Nihil saat dilaporkan adalah, dengan membuat file CSV di laptop atau komputer lain. Atau instal ulang eSPT PPh 23 kemudian create file CSV ulang.

Jika Anda hanya memiliki 1 laptop saja, silahkan instal ulang aplikasi eSPT PPh 23. Sebelum instal ulang, ambil database atau "db"nya terlebih dahulu agar nanti Anda tidak perlu input ulang datanya. Tinggal buat file CSV-nya saja. Berikut urain singkatnya,
  • Ambil database eSPT PPh 23 yang digunakan (jangan sampai salah ambil database)
  • Instal ulang eSPT PPh 23
  • Setting database yang telah diambil dengan ODBC agar dapat terbaca di aplikasi eSPT.
  • Setelah berhasil, silahkan create ulang file CSV eSPT PPh 23.
  • Laporkan kembali.
Baca juga : Cara Setting ODBC Untun Menambah Database eSPT

Apabila anda mengalami permasalahan yang sama tinggal pilih saja mau create file CSV di laptop lain atau instal ulang eSPT PPh 23. Pilih mana yang menurut anda mudah untuk dilakukan. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi File CSV eSPT PPh 23 Terbaca Nihil Saat Dilaporkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment