Solusi Error HRESULT 0xc8000222 Saat Instal NET Framework 4.0

Pembahasan kali ini mengenai permasalahan atau error saat instal aplikasi eSPT Tahunan PPh OP Versi 1.5. Aplikasi eSPT Tahunan PPh OP 1.5 merupakan versi terbaru dan bisa langsung anda gunakan untuk membuat file CSV laporan SPT.

Untuk dapat melaporkan SPT Tahunan PPh OP golongan wajib pajak usahawan atau memiliki pekerjaan bebas, Anda harus menggunakan formulir 1770. Jika anda ingin lapor SPT dengan formulir 1770 secara e-filling melalui DJPOnline, yang harus anda lakukan adalah membuat file CSV dengan aplikasi eSPT Tahunan PPh OP dan/atau dengan e-form.

Apabila menurut anda lebih enak menggunakan file CSV dari aplikasi eSPT Tahunan PPh OP, silahkan instal eSPT-nya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan installer eSPT Tahunan PPh OP Terbaru Versi 1.5 dapat anda buka link di bawah.

Baca juga : Download dan Instal eSPT Tahunan PPh OP Terbaru

Saat instal aplikasi eSPT Tahunan PPh OP ada sofware pendukung yang wajib anda instal terlebih dahulu. Yaitu Crystal Report dan NET Framework 4.0.Tidak hanya untuk instal eSPT Tahunan PPh OP saja, tetapi seluruh aplikasi eSPT membutuhkan kedua software tersebut.

Apabila Microsoft .NET Framework 4.0 (Microsoft Dot Net Framework) belum terinstal, maka saat instal aplikasi eSPT Tahunan PPh OP Anda akan diminta untuk instal .NET Framework 4.0. Jika anda ulang-ulang pun hasilnya akan tetap tidak bisa terinstal, selalu muncul permintaan untuk install .NET Framework 4.0.

Error Saat Instal .NET Framework 4

Karena .Net Framework 4.0 sangat vital, maka Anda harus install terlebih dahulu. Apabila tidak anda install maka aplikasi eSPT Tahunan PPh OP tidak dapat diinstal dan Anda tidak dapat melakukan laporan SPT Tahunan.

Baca juga : Software Pendukung Yang Wajib Anda Sebelum Install eSPT

Saat instal .Net Framework 4.0 secara tak terduga muncul keterangan "Installation Did Not Succeed". Disamping itu muncul code error HRESULT 0xc8000222.

Lebih lengkapnya  ".NET Framework 4 Client Profile has not been installed because HRESULT 0xc8000222".


Mencoba berulang kali install .NET Framework 4.0 tetap saja muncul code error HRESULT 0xc8000222. Bingung juga, apa ada yang salah dengan laptopnya. Padahal .NET Framework 4.0 tersebut diinstal ke laptop lain berhasil. Yang salah pasti di laptopnya.

Sempat bingung juga, Alhamdullilah akhirnya berhasil menemukan solusi untuk mengatasi error HRESULT 0xc8000222 dari beberapa web dan forum microsoft. Solusi yang dipublish juga hampir sama semua. Tetapi untuk solusi berikut ini berhasil saya praktekkan

Solusi HRESULT 0xc8000222

Masuk ke Command Prompt (cmd) as administrator. Klik start atau tekan tombol start windows pada keyboard, ketik cmd. Ketika cmd tampil klik kanan pilih "Run as Administrator".

Solusi Error HRESULT 0xc8000222 Saat Instal NET Framework 4.0

Setelah itu, pada jendela command prompt (cmd) silahkan langsung anda ketik net stop WuAuServ lalu enter. Pastikan muncul keterangan "The windows update service was stopped successfully"

Solusi Error HRESULT 0xc8000222 Saat Instal NET Framework 4.0


Buka command prompt (cmd). Langsung saja tekan tombol Start + R atau klik start ketikkan Run. Pada "Run" ketikkan %windir%.

Baca juga : Tips Sederhana Saat Lapor eSPT

Setelah ketik %windir% lalu enter, akan muncul tampilan folder C:\Windows. Cari folder dengan nama SofwareDistribution. Folder SoftwareDistribution silahkan Anda ganti nama/rename menjadi SDold.

Solusi Error HRESULT 0xc8000222 Saat Instal NET Framework 4.0

Apabila anda berhasil merename folder SoftwareDistribution menjadi SDold, langsung kembali ke command prompt (cmd) tadi dan masih tetap as administrator. Pada jendela cmd, ketik net start WuAuServ lalu enter.

Solusi Error HRESULT 0xc8000222 Saat Instal NET Framework 4.0


Apabila terdapat keterangan "The window update service was start succeesfully", silahkan tutup. Lalu instal ulang .NET Framework 4.0. Dengan cara tersebut .NET Framework 4.0 yang sebelumnya error dengan code HRESULT 0xc8000222 berhasil terinstal. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Error HRESULT 0xc8000222 Saat Instal NET Framework 4.0 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment