e-Form Error Ada Kesalahan Pada Koneksi Ke Server

Untuk lapor SPT Tahunan Formulir 1770, anda dapat menggunakan 2 cara yaitu e-Form dan e-Filing dengan upload file CSV. Mungkin sebagian dari anda lebih menyenangkan menggunakan e-Form. Selain tidak perlu instal aplikasi eSPT Tahunan PPh OP 1770, anda langsung bisa mengisi secara offline.

Namun, terkadang yang namanya sistem aplikasi tidak terlepas dari error. Baik dari aplikasinya sendiri maupun dari sang pengguna (human error). 

Seperti halnya dengan pengisian SPT melalui e-Form. Ketika sudah mengisi data, dan akan kirim data SPT ke server DJP ternyata muncul error. Keterangan e-Form error "Pastikan anda sudah mengisi field dengan benar dan tersambung ke internet! Jika pesan ini masih muncul, ada kesalahan pada koneksi server."

e-Form Error Ada Kesalahan Pada Koneksi Ke Server
e-Form Error

Meskipun di dalam keterangan error terdapat "ada kesalahan pada koneksi server", ternyata tidak sepenuhnya. Bisa jadi koneksi internet yang ada di dalam PC atau laptop Anda.

Jika anda mengalami e-form error seperti keterangan di atas berikut solusi yang bisa anda terapkan
  • Cek koneksi internet anda, apakah sudah tersambung dengan jaringan internet? Coba untuk browsing (pastikan lancar).
  • Apabila ternyata internet lancar, kemungkinan besar terdapat pengisian data pada e-Form yang belum lengkap. Misalnya data pada Daftar Harta Pada Akhir Tahun.
Cek apakah daftar harta yang sudah anda isi sudah lengkap dan sesuai. Pastikan tidak ada harta yang harga perolehannya terisi "0".


Baca juga : Cara Bayar Pajak Online Lewat ATM BRI

Kebanyakan wajib pajak mengisi daftar harta ini tidak lengkap dan ketika sudah selesai akan mengirim SPT ke server DJP ternyata muncul error sambungan internet bermasalah atau seperi di atas. Apalagi dengan jumlah harta yang banyak, terkadang terlewatkan satu harta menjadi kurang lengkap. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "e-Form Error Ada Kesalahan Pada Koneksi Ke Server"

  1. Mohon maaf saya ingin bertanya. saya mengalami masalah ini, akan tetapi koneksi internet saya berjalan lancar dan harga harta perolehan sudah saya pastikan tidak ada yg bernominal "0". Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. @EDDY NASRUL STB TANJUNG : Coba cek kembali field isian bapak, apakah ada field yang berwarna pink? Jika ada bisa diperbaiki atau dihapus.

    Metodenya pembukuan atau pencatatan pak? cek juga lampiran pdfnya.

    ReplyDelete
  3. @Triwibowo : sudah saya cek, tidak ada yang warna pink. lampiran pdf sudah saya unggah. metodenya sih pencatatan

    ReplyDelete
  4. Sama nih masalahnya, sampai sekarang masih seperti itu. mohon petunjuk pak. terima kasih

    ReplyDelete
  5. Sama juga.. sampai skrg masi blm bs submit. Tulisan itu terus muncul, pdhal sudah tidak ada yg warna pink, harta perolehan juga tidak ada yg 0, dan saya menggunakan metode pencatatan. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  6. Sama juga sampai sekarang belum berhasil submit

    ReplyDelete
  7. mohon pencerahannya rekan pajak

    ReplyDelete
  8. sama saya jg masih blm bisa, tolong penerahannya.

    ReplyDelete
  9. SAMA BOS..Pastikan anda sudah mengisi field dengan benar dan tersambung ke internet ! Jika pesan ini masih muncul, ada kesalahan pada koneksi ke server.

    ReplyDelete
  10. pakai efiling saja rekan. tapi instal spt op dulu selanjutnya upload csv.. terus kirim. pakai eform bikin emosi

    ReplyDelete
  11. pakai efilling juga kagak bisa, hik hik telat laporan nih, bakalan kena denda deh

    ReplyDelete

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel