Buat File CSV Error The Parameter Is Incorrect

Sebelum anda dapat lapor SPT secara online melalui saluran djponline.pajak.go.id, anda harus membuat file CSV melalui aplikasi eSPT. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sudah menyediakan hampir seluruh jenis pajak dapat dilaporkan secara elektronik (e-Faktur dan eSPT). Sangat memudahkan wajib pajak tentunya.

Namun, dalam penggunaan aplikasi eSPT tidak terlepas dari error dan kendala yang dihadapi. Misalnya, saat anda input data dalam aplikasi eSPT sangat lancar tanpa error sama sekali. 

Namun, ketika tahap akhir pembuatan file CSV SPT ternyata muncullah error secara tiba-tiba dan mengejutkan. Akhirnya tidak dapat buat file CSV dan lapor SPT menjadi tertunda.

Seperi error dalam pembahasan kali ini, saat buat file CSV error The Parameter Is Incorrect. Akibatnya file CSV tidak dapat terbentuk.

Baca juga : eSPT PPh 23 Error Tidak Dapat Buat CSV

Buat file CSV error The Parameter Is Incorrect, tidak dialami oleh aplikasi eSPT 1107 PUT saja, tetapi banyak ditemui juga di aplikasi eSPT PPh Badan 1771.

Pada eSPT PPh Badan 1771, sama keterangan error The Parameter Is Incorrect. Bahkan kadang setelah itu muncul error "The encryption secret has not been properly initialized".

Buat File CSV Error The Parameter Is Incorrect

Solusi Error The Parameter Is Incorrect

Apabila anda mengalami error yang sama saat buat file CSV baik eSPT 1107 PUT, eSPT PPh Badan, dan jenis eSPT lainnya. Terdapat solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya.

Solusi pertama untuk mengatasi error The Parameter Is Incorrect adalah meregister capicom.dll. Silahkan anda download file capicom.dll lalu letakkan pada hasil instalasi aplikasi eSPT atau C.

Setelah itu, register capicom.dll melalui Command Prompt (cmd). Untuk lebih lengkapnya anda bisa baca pada link berikut ini.

Baca juga : Error Buat File CSV register Capicom.dll

Tutorial link di atas untuk mengatasi error espt PPh 21, silahkan anda sesuaikan jenis eSPT yang mengalami error.
Solusi kedua, jika pada solusi pertama sudah anda lakukan tetapi tidak membuahkan hasil, silahkan anda instal ulang aplikasi eSPT.

Sebelum anda instal ulang aplikasi eSPT, backup dahulu database anda. Tujuan backup database, agar anda tidak perlu lagi input data di aplikasi eSPT dari awal. Copy database dan letakkan pada direktory atau lokasi penyimpanan lain.

Backup database selesai, masuk pada pengaturan User Account Control Settings atau UAC. Tekan tombol start windows pada keyboard lalu ketikkan UAC. Setting UAC ke Never Notify.

Buat File CSV Error The Parameter Is Incorrect

Barulah aplikasi eSPT anda uninstal, lalu instal ulang aplikasi eSPT. Kemudian koneksikan database aplikasi eSPT dengan cara setting ODBC database eSPT. Cobalah untuk buat file CSV lagi.

Baca juga : Setting ODBC Menambah Database eSPT

Semoga dengan solusi pertama anda sudah membuahkan hasil sehingga tanpa harus instal ulang aplikasi eSPT. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Buat File CSV Error The Parameter Is Incorrect"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel