eFiling SPT PPh Badan Dokumen Yang Dilampirkan Salah

Pada April 2019, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah melakukan perubahan pada proses eFiling khususnya upload file CSV beserta lampirannya. Jika eFiling sebelumnya saat upload file CSV telah muncul kolom untuk upload file CSV beserta lampiran PDF-nya, kini upload lampiran PDF-nya tidak muncul.

Lampiran PDF-nya akan muncul ketika anda unggah file CSV SPT. Secara otomatis lampiran-lampiran SPT akan menyesuaikan dengan SPT yang akan anda laporkan.

Namun, ada beberapa wajib pajak yang masih belum mengetahui jika lampiran akan muncul otomatis setelah unggah file CSV. Sedikit panik dan terkadang menganggap DJP Online sedang error. Padahal itulah sedikit perubahan yang dilakukan oleh DJP.

Adanya perubahan tersebut tentu saja ada error baru yang muncul ketika upload file CSV SPT ataupun Lampiran PDF SPT. Seperti beberapa wajib pajak yang mengalami error saat upload file lampiran PDF SPT PPh Badan.


Upload file CSV SPT PPh Badan berhasil. Namun, ketika upload lampiran PDF SPT muncul error "Dokumen Yang Dilampirkan Salah".

eFiling eSPT PPh Badan Dokumen Yang Dilampirkan Salah

Mencoba upload kembali juga keterangan sama, Dokumen Yang Dilampirkan Salah.

Apabila anda mengalami error saat eFiling SPT Tahunan PPh Badan, silahkan anda lakukan solusi berikut ini
  • Cek apakah nama file CSV SPT PPh Badan telah sesuai dengan kode SPT, contoh 1234567896160000112201800F1132140111 
  • Untuk penamaan file lampiran PDF pada eFiling SPT PPh badan sedikit mengalami perubahan. yaitu anda harus menambahkan kode dibelakangnya. Selain nama file harus sama dengan nama file CSV, anda harus menambahkan kode lampiran dibelakangnya. Misalnya Lampiran Laporkan Keuangan, nama file lampiran PDF-nya harus (nama file CSV)LK atau 1234567896160000112201800F1132140111LK
  • Cek lampiran PDF anda. Untuk lampiran 1 Lampiran Keuangan diwajibkan (karena ada tanda bintang merah). Untuk lampiran lainnya opsional, dapat anda lampirkan sesuai nama lampiran-lampiran tersebut.
Jadi, solusi dari eFiling error Dokumen Yang Dilampirkan salah adalah cek file lampiran PDFnya baik nama, size dan jenis lampirannya. Apabila masih error juga, coba compress lampiran PDF-nya maksimal 2 Mb.


Boleh juga anda coba melampirkan lampiran 2-Rekapitulasi Peredaran Bruto PP-23 (khusus WP PP-23). Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "eFiling SPT PPh Badan Dokumen Yang Dilampirkan Salah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel