Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update e-Faktur 3.0

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara bertahap akan meluncurkan pembaharuan aplikasi e-faktur untuk meningkatkan pelayanan dan tentu saja semakin memudahkan wajib pajak. Berdasarkan informasi yang beredar pada laman efaktur.pajak.go.id, sudah tersedia update e-faktur 3.0.

Implementasi e-faktur 3.0 dimulai pada bulan Agustus 2020 untuk wajib pajak yang telah ditunjuk. Tahap pertama ini diperuntukkan bagi seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) di KPP LTO, KPP Madya Jakarta dan Perwakilan PKP di KPP Madya Luar Jakarta.

Cara update e-faktur 3.0

Selanjutnya, implementasi tahap kedua meluas kepada 5 PKP di KPP Madya Luar Jakarta dan KPP Pratama. Nah, pada bulan Oktober 2020 akan dilakukan serentak implementasi e-faktur 3.0 secara nasional.


Jadi, bagi anda yang sudah ditunjuk untuk menggunakan aplikasi e-faktur 3.0 tahap pertama, silahkan update aplikasi e-faktur 3.0 untuk melihat perubahan apa saja yang ada di versi terbaru kali ini.

Cara Update e-Faktur 3.0


Bagi anda yang masih bingung dengan cara update aplikasi e-faktur 3.0, berikut saya uraikan cara-cara untuk update aplikasi e-faktur.

1. Silahkan anda download patch update aplikasi e-faktur 3.0 pada laman efaktur.pajak.go.id. Download patch update sesuai dengan Operating System (OS) pada laptop/PC yang anda gunakan. Dalam laman tersebut sudah tersedia patch update untuk OS Linux 32 bit, Linux 64 bit, Windows 32 bit, Windows 64 bit, dan Mac 64 bit.

Cara update e-faktur 3.0

2. Extract file patch update yang telah anda download, lalu buka file hasil extract. Pastikan hasil extract ada 3 file yaitu EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd.

Cara update e-faktur 3.0

3. Copy file hasil extract mulai dari EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd, kemudian pastekan ke dalam folder aplikasi e-faktur yang anda gunakan saat ini. Catatan penting, sebelum anda melakukan copy-paste ketiga file tersebut, rename dahulu EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd yang ada di folder aplikasi e-faktur saat ini.


4. Misal rename EtaxInvoiceMain.exe menjadi EtaxInvoiceMain_old dan seterusnya atau nama sesuai keinginan anda. Hal ini untuk menghindari risiko terjadinya e-faktur corrupt.

Cara update e-faktur 3.0

5. Setelah berhasil me-rename dan copy-paste EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd, silahkan anda langsung double klik EtaxInvoiceUpd (yang baru saja dicopy), untuk menjalan update.

6. Tunggu hingga proses update selesai, kemudian buka EtaxInvoice.exe untuk membuka aplikasi e-faktur versi 3.0

Alhamdullilah, dengan cara di atas aplikasi e-faktur berhasil update ke versi 3.0. Jangan terbalik balik saat update aplikasi e-faktur, karena dapat menyebabkan aplikasi e-faktur corrupt. Demikian, semoga bermanfaat.

Post a comment for "Cara Update e-Faktur 3.0"