Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update e-Faktur 3.0

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara bertahap akan meluncurkan pembaharuan aplikasi e-faktur untuk meningkatkan pelayanan dan tentu saja semakin memudahkan wajib pajak. Berdasarkan informasi yang beredar pada laman efaktur.pajak.go.id, sudah tersedia update e-faktur 3.0.

Implementasi e-faktur 3.0 dimulai pada bulan Agustus 2020 untuk wajib pajak yang telah ditunjuk. Tahap pertama ini diperuntukkan bagi seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) di KPP LTO, KPP Madya Jakarta dan Perwakilan PKP di KPP Madya Luar Jakarta.

Cara update e-faktur 3.0

Selanjutnya, implementasi tahap kedua meluas kepada 5 PKP di KPP Madya Luar Jakarta dan KPP Pratama. Nah, pada bulan Oktober 2020 akan dilakukan serentak implementasi e-faktur 3.0 secara nasional.


Jadi, bagi anda yang sudah ditunjuk untuk menggunakan aplikasi e-faktur 3.0 tahap pertama, silahkan update aplikasi e-faktur 3.0 untuk melihat perubahan apa saja yang ada di versi terbaru kali ini.

Cara Update e-Faktur 3.0


Bagi anda yang masih bingung dengan cara update aplikasi e-faktur 3.0, berikut saya uraikan cara-cara untuk update aplikasi e-faktur.

1. Silahkan anda download patch update aplikasi e-faktur 3.0 pada laman efaktur.pajak.go.id. Download patch update sesuai dengan Operating System (OS) pada laptop/PC yang anda gunakan. Dalam laman tersebut sudah tersedia patch update untuk OS Linux 32 bit, Linux 64 bit, Windows 32 bit, Windows 64 bit, dan Mac 64 bit.

Cara update e-faktur 3.0

2. Extract file patch update yang telah anda download, lalu buka file hasil extract. Pastikan hasil extract ada 3 file yaitu EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd.

Cara update e-faktur 3.0

3. Copy file hasil extract mulai dari EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd, kemudian pastekan ke dalam folder aplikasi e-faktur yang anda gunakan saat ini. Catatan penting, sebelum anda melakukan copy-paste ketiga file tersebut, rename dahulu EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd yang ada di folder aplikasi e-faktur saat ini.


4. Misal rename EtaxInvoiceMain.exe menjadi EtaxInvoiceMain_old dan seterusnya atau nama sesuai keinginan anda. Hal ini untuk menghindari risiko terjadinya e-faktur corrupt.

Cara update e-faktur 3.0

5. Setelah berhasil me-rename dan copy-paste EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd, silahkan anda langsung double klik EtaxInvoiceUpd (yang baru saja dicopy), untuk menjalan update.

6. Tunggu hingga proses update selesai, kemudian buka EtaxInvoice.exe untuk membuka aplikasi e-faktur versi 3.0

Alhamdullilah, dengan cara di atas aplikasi e-faktur berhasil update ke versi 3.0. Jangan terbalik balik saat update aplikasi e-faktur, karena dapat menyebabkan aplikasi e-faktur corrupt. Demikian, semoga bermanfaat.

44 comments for "Cara Update e-Faktur 3.0"

  1. pak, klo saya sudah update versi 3.00, tapi untuk yang lama saya otomatis replace so pasti data sudah hilang. dan ternyata pas coba upload ada tercantum ETAX-40001 DAN ETAXSERVICE:-200017. Saya sempat reset client semalam dan di enofa sudah tertulis aktif. gimana solusinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba impor sertifikatnya ke dalam aplikasi efaktur 3.0 kah?

      Delete
  2. Thanx petunjuknya pak, saya sudah jalankan prosedur upgrade sesuai petunjuk pak, waktu saya jalankan contoh pembatalan faktur selalu keluar Error ETAX-40001, kenapa ya pak, mohon petunjuk dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama, coba kenalkan ulang sertifikat elektroniknya. Setelah berhasil melakukan update selalu kenalkan ulang sertifikat elektronik
      Semoga berhasil...

      Delete
  3. pak, saya sudah update versi 3.00, dengan mengikuti tahapan yang ada diatas tapi dan ternyata pas coba upload ada tercantum ETAX-40001 dan sudah saya masukan juga sertifikat elektroniknya masih saja sama tercantum ETAX-40001 itu kenapa ya??? mohon petunjuknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sampai saat ini belum bisa? bisa dicoba dengan tutup Aplikasi eFaktur, kemudian Masukkan Folder eFaktur ke dalam Exclude Path Antivirusnya.

      Delete
    2. Masih Belum Bisa Pa, dan setelah dimasukan kedalam Exclude Path Antivirus pun sama tidak bisa..

      Delete
    3. Sertifikat elektronik masih aktif ya ini?

      Delete
    4. sertifikat masih aktif ..

      Delete
    5. Coba download sertifikatnya yg baru di enofa online, lalu kenalkan ulang

      Delete
    6. Alhamdulillah sudah bisa dan berhasil, Terima kasih..

      Delete
  4. CannotCreateTransactionException, Please Try Again pas login web efaktur kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dihapus dulu semua sertifikat yg terinstall di browsernya bu, baru install lagi sertifikatnya hasil download baru yg enofa online. Semoga berhasil

      Delete
  5. Mau tanya donk, sy sudah extract file nya dan sudah copas ke e tax yg lama, tp ketika sy jalankan e tax invoice nya muncul pesa " Java Runtime error"... ada yg bisa kasi solusi tidak?? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan patch yang digunakan sama dengan efaktur lama, efaktur lama 64 bit pastikan patchnya juga 64 bit. Pernah coba beda bit hasilnya muncul java runtime error.

      Delete
  6. Pak, kami sudah install e-faktur versi 3.0, pada saat mau upload faktur pajak keluaran pengganti, tidak bisa, muncul Error ETAX-40003 : Error di service session ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar. Kami sudah ulang download sertifikat elektronik, dan sertifikat elektronik tersebut masih berlaku.
    Mohon bantuan untuk solusinya Pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah ini baru saja pindah KPP? Bisa jadi ini karena kode aktivasinya yg berubah akibat pindah kpp atau baru saja reset aplikasi efaktur client.

      Delete
    2. Saya juga mengalami hal demikian selalu muncul Error ETAX-40003 : Error di service session ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar. Semua sudah dijalankan tetapi selalu tidak bisa.

      Delete
    3. Download sertifikat baru di enofa online lalu kenalkan lagi di aplikasi efakturnya..

      Delete
  7. Saya sudah coba klik 2x pada Upd terbaru tetapi muncul tulisan “java runtime environment not found” Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dengan cara teman2 di atas, dengan mengganti patch updatenya

      Delete
  8. Pak mohon bntu jawab,
    pas register versi 3.0, sudah sampai ketahap masukkan captcha serta psswrd yg benar tetapi pas submit selalu muncul terus etax-40005 error diservice registrasi null.
    dan juga sudah melakukan reset atau atur ulang aplikasi client dari aplikasi e-Nofa.
    tetap saja muncul etax-40005 tsb pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini etax-40005 biasanya nyantol di status client efakturnya. Pastikan berhasil reset di enofa dan saat registrasi efaktur gunakan kode aktivasi yg baru yaaa... Kode aktivasi akan berubah setiap reset

      Delete
  9. mohon advisenya, jika sudah berhasil lapor pajak, melalu efaktur versi.3.0. lalu saya mau cetak formulir A2 dalam bentuk PDF ngak bisa ya? saya coba download, yang muncul dlm bentuk CSV.. karna kalo utk versi 2.0 kita cetak PDF bs

    ReplyDelete
    Replies
    1. download di efaktur web based ya ini pak?

      Delete
  10. alhamdulillaah... aplikasi saya sudah bisa diupdate... tutorialnya mantul...

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. saya sudah update efaktur versi 3.0 dan mau lapor melalui web base e faktur, berhasil login.. pada saat klik monitoring SPT tidak muncul tampilan monitoring SPT justru kembali ke tampilan beranda.. apakah ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah spt itu pak, mungkin server sdg error/ banyak pengunjung sehingga lalu lintas pada merayap. Mohon logout tunggu beberapa saat lalu login kembali. Sy melakukan hal tersebut alhasil, got it. Smga membantu, tmksh...

      Delete
    2. Silahkan clear chaced sma cookies di browser bu poetry, tekan CTRL Shift Delete, jangan centang history.. Kemudian coba lagi akses efaktur web based

      Delete
  13. pak, mhn pencerannya dunk...
    Pak tanya dunk...soal isi dari aplikasi 3.0 ini, bgini...
    Kondisi 3.0 di pc sy lancar jaya tp sptinya ada keganjlan pada folder log dan patch file efaktur
    1.folder log
    berisi text dokumen dan file log (debug.log-thn-bln-tgl)...note: text dan log ini akan terupdate jika admin melakukan update data di efaktur 2.2 (sy sering amati ini benar terjadi). Tp permasalahnnya saat sy beralih ke 3.0 tgl 28-09-20, kenapa di folder log ini (text doc dan file log nya proses update tdk ada penambahan sd tgl saat ini....??). biasanya di text doc ada penambahan narasi berupa histories tgl admin update baik beruba coding atau error yg terjadi, tp kondisinya di pc sy yg beriisi efaKTUR 3.0 UPDATE tdk terjadi, tdk pd saat pakai 2.2 updatenya sllu berjln.
    2. patch file efaktur
    di PC sy ada file spt ini:
    >>Etaxinvoice.config....type CONFIG File
    >>Etaxinvoice...............type Apllication
    >>Etaxinvoice_backup..type Apllication

    >>EtaxinvoiceMain.config....type CONFIG File
    >>EtaxinvoiceMain...............type Apllication
    >>EtaxinvoiceMain_backup..type Apllication

    >>EtaxinvoiceUpd.config....type CONFIG File
    >>EtaxinvoiceUpd...............type Apllication
    >>EtaxinvoiceUpd_backup..type Apllication

    Saat sy bandingkan dg efaktur rekan beda kantor
    ada file spt ini:
    yg berubah hanya pada
    >>Etaxinvoice.config....type XML Configuration
    >>EtaxinvoiceMain.config....type XML Configuration
    >>EtaxinvoiceUpd.config....type XML Configuration
    dan sy melihat di folder log (text dokumen dan degug.log berjln normal dan mengikuti date disaat admin update efaktur pd posisi tgl terakhir)

    ini kenpa yaa pak...??????
    1. folder log sy tdk berjln
    2. di pc sy efakturnya ada CONFIG File dg kondisi no.1 tp, rekan sy itu adaXML Configuration

    note: tp sejauh ini sy mengooperasikan 3.0 lancar pak, hanya sj saat login pertama x lamaaaaaa sekali..wlpn konek juga ke database dn bisa key in/ get data.
    Tmksh pak, pencerannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dirasa ada kendala lamanya saat buka aplikasi, bisa update ulang bu nani, dengan copy file update tanpa merubah nama file, langsung copy and replace. Sukses selalu bu...

      Delete
  14. UNTUK PELAPORAN APA BISA MULTI NPWP DALAM 1 BROWSER PAK?JIKA BISA BAGAIMANA CARANYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal instal sertifikat lainnya di browser. Nanti akan muncul pilihan npwp sesuai dengan sertifikatnya ketika akses efaktur web base

      Delete
  15. Saya ada masalah uppload PIB di efaktur 3.0.
    DB saya sebelum update 3.0 pernah hilang, tapi saya sudah minta ke KPP dan sudah dikasih. tapi yg dikasih PM nya ada yg kurang, mulai jan 2020 sampai mei jan 2020 tidak ada di db, sehingga saya disuruh untuk entry & uppload ulang.
    Ketika saya sudah uppload, statusnya REJECT dengan Ket: ETAX-API-50003 : No.dokumen yg sama sudah terdaftar. Padahal saya sudah meneliti satu per satu no.dokumen (no.dokumen#ntpn) dan tgl jg sudah sesuai. Bgmna ya solusinya?
    mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  16. saya mau melakukan posting efaktur bulan 11 thn 2020 permbetulan & efaktur bln Dec 2020 tp tidak bisa karena ada perubahaan profil di bagian alamat user. Alamat thn 2020 berbeda dengan thn 2021 karena ada sinkronisasi di system/aplikasi efaktur. ini bagaimana solusinya??

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah perbedaan alamat wajib pajak dikarenakan perubahan wilayah KPP? coba instal ulang sertifikat elektronik barunya dengan download di enofa online.

      Delete
  17. halo, maaf OOT. kalau muncul etax 40003 dan etax service 200017 kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah ibu dian baru saja pindah kpp?
      https://www.efakturespt.com/2017/08/tidak-bisa-start-uploader-e-faktur.html?m=1

      Delete
  18. Pak, pada saat upload muncul kode e tax-40003, error di service session, kondisi tidak pindah kpp, mohon pencerahannya. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Kasus:
    Get data seharusnya untuk masa agustus 2021, akan tetapi saya menginputkan get data untuk masa september 2021 dan kemudian sudah terlanjur di approve. Mengingat kita tidak bisa memindahkan masa pengkreditan yg terlanjur di aprrove di efaktur, apakah ada solusi pak? agar FPM Juli Agustus yang sudah terlanjur di aprrove masa september kemudian kita rubah menjadi FPM untuk masa agustus 2021. Terimakasih pak Triwibowo

    ReplyDelete