Melakukan Pembatalan Faktur Pajak Keluaran di Aplikasi e-Faktur Yang Sudah Upload

Sebelumnya telah dijelaskan berkaitan dengan Cara Mudah Membuat Faktur Pajak Pengganti di e-Faktur. Penyebab timbulnya faktur pajak pengganti dan faktur pajak batal berbeda. Faktur pajak pengganti diterbitkan oleh PKP secara garis besar karena kesalahan dalam penulisan dan/atau pengisian e-faktur. Sedangkan untuk faktur pajak batal dikarenakan terdapat pembatalan transaksi penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak. Selain itu, Faktur pajak yang telah dibuat salah NPWP atau salah nama Lawan Transaksi.

Pembatalan Faktur Pajak dapat dilakukan sepanjang terhadap SPT Masa PPN dimana Faktur Pajak yang dibatalkan tersebut dilaporkan masih dapat dilakukan pembetulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Berikut cara melakukan pembatalan faktur pajak di aplikasi e-faktur

Masuk menu Faktur - Pajak Keluaran - Adminisitrasi Faktur, kemudian pilih faktur pajak yang akan dibatalkan. Untuk lebih jelasnya lihat skema gambar dibawah

melakukan pembatalan faktur pajak yang sudah upload
Cara Melakukan Pembatalan e-Faktur

Setelah klik Batalkan Faktur akan muncul detail faktur pajak yang akan dibatalkan. Klik kembali Batalkan Faktur hingga muncul notifikasi
Pembatalan faktur berhasil dilakukan
Pastikan bahwa faktur pajak keluaran yang telah dibatalkan dengan melihat status faktur menjadi ''Batal". Dengan pembatalan faktur pajak ini, maka nomor seri faktur pajak yang sudah dibatalkan tidak dapat digunakan kembali. Demikian, semoga bermanfaat.
Melakukan Pembatalan Faktur Pajak Keluaran di Aplikasi e-Faktur Yang Sudah Upload Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

4 comments:

Neni triana Prs said...

selamat sore, mau nanya kalau pembatalan faktur pajak HARUS buat surat pembatalan faktur nya yah ?

Triwibowo said...

1. Pembatalan transaksi harus didukung oleh bukti atau dokumen yang membuktikan bahwa telah terjadi pembatalan transaksi. Bukti dapat berupa pembatalan kontrak atau dokumen lain yang menunjukkan telah terjadi pembatalan transaksi.

2. Faktur Pajak yang dibatalkan harus tetap diadministrasi (disimpan) oleh PKP Penjual yang menerbitkan Faktur Pajak tersebut.

3. PKP Penjual yang membatalkan Faktur Pajak harus mengirimkan surat pemberitahuan dan copy dari Faktur Pajak yang dibatalkan ke KPP tempat PKP Penjual dikukuhkan dan ke KPP tempat PKP Pembeli dikukuhkan.

Riska Fitria said...

Sore Pak,

Client kami membatalkan kontrak sepihak, padahal kami sudah membuatkan faktur pajak dan sudah dilaporkan juga pada bulan berikutnya, apakah bisa faktur yang kami keluarkan dibatalkan agar faktur tersebut tidak bisa dijadikan faktut masukan oleh mereka?, apabila bisa, mohon pencerahannya, terima kasih

Triwibowo said...

apakah sudah dibuat nota pembatalan? Jika dalam efaktur versi lama bisa langsung saja. Untuk versi 2.0 mekanisme pembatalan faktur pajak ada perbedaan.

http://www.efakturespt.com/2017/10/cara-membatalkan-faktur-pajak-di-e.html

Post a Comment