Solusi e-Faktur Error ETAX-30002 Tidak Dapat Melakukan Hashing


Setelah melakukan input faktur keluaran di aplikasi e-faktur, secara pasti akan menerbitkan kepada pembeli/penerima Barang Kena Pajak (BKP)/Jasa Kena Pajak (JKP). Tentunya sebelum diterbitkan dan menjadi faktur pajak yang dapat dinyatakan secara lengkap sesuai aturan formal harus dilakukan upload terlebih dahulu. Upload ini menghubungkan dengan server DJP, kelengkapan e-faktur yang sudah diinput akan diverifikasi apakah sukses atau reject.

Yang menjadi kekhawatiran para wajib pajak dalam hal ini anda sebagai PKP adalah upload e-faktur tiba-tiba notifikasi reject. Banyak notifikasi dan alasan reject, tergantung dengan kesesuaian e-faktur yang anda input. Seperti yang akan kita bahas, selesai upload ternyata reject. Keterangan e-faktur reject "ETAX-30002 tidak dapat melakukan hashing". Yang ada dalam pikiran anda sama dengan saya semestinya yaitu kata hashing, tidak dapat melakukan hashing.

Secara umum saja, hashing adalah transformasi dari karakter string menjadi nilai yang lebih pendek atau key yang mewakilkan string aslinya. Hashing biasanya digunakan untuk mengindex dan mengambil item atau data dalam suatu database.

Solusi Tidak Dapat Melakukan Hashing

  • Pastikan file sertifikat elektronik ada dan tidak berpindah tempat penyimpanan. Dalam hal anda telah memindahkan sertifikat, maka harus melakukan setting ulang atau path kembali di aplikasi e-faktur.
  • Lakukan path atau import ulang sertifikat elektronik yang anda miliki dan/atau yang sudah digunakan sebagai registrasi e-faktur. Caranya, Login aplikasi efaktur - menu referensi - Administrasi Sertifikat - klik open kemudian cari lokasi sertifikat yang anda simpan. Apabila sertifikat elektronik hilang atau tidak ditemukan, bisa download di enofa online. Login enofa online kemudian pilih menu download sertifikat digital.
  • Setelah dapat sertifikat elektronik, anda diminta untuk memasukkan passphrase sebagai keamanan sertifikat elektronik.
  • Simpan hingga muncul notifikasi "path sertifikat berhasil diupdate".
Setelah cara di atas anda lakukan, coba lakukan upload kembali. Demikian, terima kasih.
Solusi e-Faktur Error ETAX-30002 Tidak Dapat Melakukan Hashing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

2 comments:

Ta Mandiri said...

Mau tanya setelah diupload biasa saya klik pdf namun tidak bisa. Keterangan E-TAX-30009: Report tidak dapat dibuat.General Error. Mohon solusi nya

Triwibowo said...

Cetak dari client ya? Untuk pencetakan pdf melalui servernya

Post a Comment