Uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service

Menindaklanjuti beberapa pertanyaan dari wajib pajak berkaitan dengan error e-faktur saat uploader e-faktur diaktifkan. Beberapa hari terakhir, pertanyaan yang diajukan oleh wajib pajak adalah error ETAX-40002 dengan keterangan Error di service, tidak dapat melakukan koneksi dengan service. Aplikasi e-faktur muncul error ETAX-40002 pada saat setelah klik Start Uploader di Management Upload - Upload Faktur/Retur.
e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Sebelumnya juga sudah saya jelaskan tentang aplikasi e-faktur error ETAX-40002, tetapi penyebab munculnya error yang berbeda. Untuk pembahasan sebelumnya, munculnya error ETAX-40002 dikarenakan koneksi internet pada saat melakukan registrasi e-faktur.
Baca juga : Saat Registrasi e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Melanjutkan pembahasan error ETAX-40002 yang terjadi ketika mengaktifkan uploader e-faktur. Sebelumnya saya memberitahukan untuk mengecek antivirus beserta pengaturan firewall yang digunakan di laptop/komputer untuk menjalankan aplikasi e-faktur. Disamping itu juga provider internet yang digunakan, tidak lupa saya sarankan untuk dicek.

Setelah semua dicek, ternyata sudah sesuai seperti sebelum-sebelumnya yang memang aplikasi e-faktur lancar dijalankan. Rasa curiga pun tertuju pada Sertifikat Elektronik yang dimiliki. Mengapa sertifikat elektronik?

Alasan yang sangat jelas adalah karena sertifikat elektronik e-faktur memiliki masa berlaku selama 2 tahun sedangkan aplikasi e-faktur diberlakukan sejak tahun 2015. Benar saja, setelah dicek ternyata sertifikat elektronik e-faktur yang dimiliki wajib pajak sudah habis masa berlakunya atau expired.
Baca juga : Cara Mengetahui Sertifikat Elektronik e-Faktur Expired/Kadaluarsa
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan sertifikat elektronik yang sudah habis masa berlakunya atau expired? Ya tentu saja mengajukan pembaharuan dengan sertifikat elektronik e-faktur yang baru. Caranya seperti anda pengajuan sertifikat elektronik e-faktur pertama kali.

Kebanyakan wajib pajak memang belum banyak yang mengetahui cara melihat masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur. Banyak yang mengira error ETAX-40002 disebabkan oleh jaringan internet ataupun server e-faktur.

Jadi, solusi uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service adalah cek masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur anda. Apabila masa berlaku habis atau expired silahkan pengajuan baru. Demikian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »