Uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service

Menindaklanjuti beberapa pertanyaan dari wajib pajak berkaitan dengan error e-faktur saat uploader e-faktur diaktifkan. Beberapa hari terakhir, pertanyaan yang diajukan oleh wajib pajak adalah error ETAX-40002 dengan keterangan Error di service, tidak dapat melakukan koneksi dengan service. Aplikasi e-faktur muncul error ETAX-40002 pada saat setelah klik Start Uploader di Management Upload - Upload Faktur/Retur.
e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Sebelumnya juga sudah saya jelaskan tentang aplikasi e-faktur error ETAX-40002, tetapi penyebab munculnya error yang berbeda. Untuk pembahasan sebelumnya, munculnya error ETAX-40002 dikarenakan koneksi internet pada saat melakukan registrasi e-faktur.
Baca juga : Saat Registrasi e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Melanjutkan pembahasan error ETAX-40002 yang terjadi ketika mengaktifkan uploader e-faktur. Sebelumnya saya memberitahukan untuk mengecek antivirus beserta pengaturan firewall yang digunakan di laptop/komputer untuk menjalankan aplikasi e-faktur. Disamping itu juga provider internet yang digunakan, tidak lupa saya sarankan untuk dicek.

Setelah semua dicek, ternyata sudah sesuai seperti sebelum-sebelumnya yang memang aplikasi e-faktur lancar dijalankan. Rasa curiga pun tertuju pada Sertifikat Elektronik yang dimiliki. Mengapa sertifikat elektronik?

Alasan yang sangat jelas adalah karena sertifikat elektronik e-faktur memiliki masa berlaku selama 2 tahun sedangkan aplikasi e-faktur diberlakukan sejak tahun 2015. Benar saja, setelah dicek ternyata sertifikat elektronik e-faktur yang dimiliki wajib pajak sudah habis masa berlakunya atau expired.
Baca juga : Cara Mengetahui Sertifikat Elektronik e-Faktur Expired/Kadaluarsa
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan sertifikat elektronik yang sudah habis masa berlakunya atau expired? Ya tentu saja mengajukan pembaharuan dengan sertifikat elektronik e-faktur yang baru. Caranya seperti anda pengajuan sertifikat elektronik e-faktur pertama kali.

Kebanyakan wajib pajak memang belum banyak yang mengetahui cara melihat masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur. Banyak yang mengira error ETAX-40002 disebabkan oleh jaringan internet ataupun server e-faktur.

Jadi, solusi uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service adalah cek masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur anda. Apabila masa berlaku habis atau expired silahkan pengajuan baru. Demikian, semoga bermanfaat.
Uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

12 comments:

wanabid's said...

kalo sudah dimasukkan sertifikat yang baru, tetapi waktu upload masih keluar error : tidak dapat melakukan koneksi dengan service,
kenapa ya?

Jaya Makmur Motor said...

sama mas, efaktur saya juga masih seperti itu, kenapa ya?

Fitria Luthfiyani said...

Mohon untuk mengecek antivirus yang saudara gunakan.
Saya waktu instal juga mengalami kejadian yang sama dan berulang,
kemudian saya disable dahulu antivirus yang saya gunakan.

Silahkan lanjutkan proses instalan dari awal.
Alhamdulillah saya telah berhasil aktif terigistrasi dapat dilihat di https://efaktur.pajak.go.id/login pada profil

Semoga berhasil... !(^o^)7......

Triwibowo said...

settingan firewall dan antivirusnya mas? kalau memang tetap tidak bisa silahkan download sertifikat kembali di enofa online dan patchkan lagi. semoga berhasil

Triwibowo said...

bisa jadi referensi buat yang lain. Terima kasih :)

Unknown said...

Permisi, mau tanya. Kalo punya saya tdk bs start uploader padahal tdk saya otak atik laptop saya. Dan apakah benar sertifikat elektronik tsb ada masa berlakunya?

Triwibowo said...

Betul. Masa berlakunya 2 tahun. Coba sertifikatnya diinstal di mozilla nanti aada keterangan masa berlakunya

Rosmelia CWS said...

Setelah kita mendapat sertifikat elektronik yg baru, langsung download atau simpan filenya. Masuk ke aplikasi efaktur, pilih menu Referensi, dimenu tersebut klik administrasi sertifikat, masukan file sertifikat elektronik terbaru yg tadi kita download atau simpan, otomatis akan path, lalu klik simpan, setelah itu exit dulu dari aplikasi, update aplikasi efakturnya. Setelah itu masuk lagi ke aplikasi efaktur, start uploader maka kita sudah bisa upload faktur pajak lagi. Susah payah sy ngulik ternyata kita tinggal input sertifikat elektronik yg terbaru di menu referensi, maka efakturnya sudah konek lagi dengan DJP server dan bisa upload faktur lagi. Selamat mencoba....

yusup apes said...

Maaf untuk sertifikatnya itu kita dapet yang baru atau masih pake yg lama.?

otong pakpol said...

Cara untuk pengajuan sertifikat elektronik bagaiamana langkahnya ya mas ?

yaya ajun80 said...

Mau tanya e-faktur habis masa berlakunya tg 10 juni , sampai tgl 16 belum mengajukan kembali sedangkan tgl 11,12,14 ada faktur yang harus dibuat..
Apakah tgl 11,12,14 tersebut bisa diupload?? terima kasih

Triwibowo said...

@Yupsup apes > Jika pengajuan pembaharuan maka akan dapat yang baru

@otong pakpol > coba baca ini pak
http://www.efakturespt.com/2016/11/syarat-e-faktur-pengajuan-sertifikat.html

@yaya ajun80 > sertifikat elektronik hbs tanggal 10 pak? jika sudah habs masa berlakunya tidak akan dapat upload faktur pajak tetapi nomor2nya masih bisa digunakan untuk upload tanggal 11 dkk

Post a Comment