Uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service

Menindaklanjuti beberapa pertanyaan dari wajib pajak berkaitan dengan error e-faktur saat uploader e-faktur diaktifkan. Beberapa hari terakhir, pertanyaan yang diajukan oleh wajib pajak adalah error ETAX-40002 dengan keterangan Error di service, tidak dapat melakukan koneksi dengan service. Aplikasi e-faktur muncul error ETAX-40002 pada saat setelah klik Start Uploader di Management Upload - Upload Faktur/Retur.
e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Sebelumnya juga sudah saya jelaskan tentang aplikasi e-faktur error ETAX-40002, tetapi penyebab munculnya error yang berbeda. Untuk pembahasan sebelumnya, munculnya error ETAX-40002 dikarenakan koneksi internet pada saat melakukan registrasi e-faktur.
Baca juga : Saat Registrasi e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service
Melanjutkan pembahasan error ETAX-40002 yang terjadi ketika mengaktifkan uploader e-faktur. Sebelumnya saya memberitahukan untuk mengecek antivirus beserta pengaturan firewall yang digunakan di laptop/komputer untuk menjalankan aplikasi e-faktur. Disamping itu juga provider internet yang digunakan, tidak lupa saya sarankan untuk dicek.

Setelah semua dicek, ternyata sudah sesuai seperti sebelum-sebelumnya yang memang aplikasi e-faktur lancar dijalankan. Rasa curiga pun tertuju pada Sertifikat Elektronik yang dimiliki. Mengapa sertifikat elektronik?

Alasan yang sangat jelas adalah karena sertifikat elektronik e-faktur memiliki masa berlaku selama 2 tahun sedangkan aplikasi e-faktur diberlakukan sejak tahun 2015. Benar saja, setelah dicek ternyata sertifikat elektronik e-faktur yang dimiliki wajib pajak sudah habis masa berlakunya atau expired.
Baca juga : Cara Mengetahui Sertifikat Elektronik e-Faktur Expired/Kadaluarsa
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan sertifikat elektronik yang sudah habis masa berlakunya atau expired? Ya tentu saja mengajukan pembaharuan dengan sertifikat elektronik e-faktur yang baru. Caranya seperti anda pengajuan sertifikat elektronik e-faktur pertama kali.

Kebanyakan wajib pajak memang belum banyak yang mengetahui cara melihat masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur. Banyak yang mengira error ETAX-40002 disebabkan oleh jaringan internet ataupun server e-faktur.

Jadi, solusi uploader e-Faktur Error ETAX-40002 : Error di service, Tidak dapat melakukan koneksi dengan service adalah cek masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur anda. Apabila masa berlaku habis atau expired silahkan pengajuan baru. Demikian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
7 April 2017 at 09:51 delete

kalo sudah dimasukkan sertifikat yang baru, tetapi waktu upload masih keluar error : tidak dapat melakukan koneksi dengan service,
kenapa ya?

Reply
avatar
18 April 2017 at 14:43 delete

sama mas, efaktur saya juga masih seperti itu, kenapa ya?

Reply
avatar
19 April 2017 at 06:47 delete

Mohon untuk mengecek antivirus yang saudara gunakan.
Saya waktu instal juga mengalami kejadian yang sama dan berulang,
kemudian saya disable dahulu antivirus yang saya gunakan.

Silahkan lanjutkan proses instalan dari awal.
Alhamdulillah saya telah berhasil aktif terigistrasi dapat dilihat di https://efaktur.pajak.go.id/login pada profil

Semoga berhasil... !(^o^)7......

Reply
avatar
25 April 2017 at 12:57 delete

settingan firewall dan antivirusnya mas? kalau memang tetap tidak bisa silahkan download sertifikat kembali di enofa online dan patchkan lagi. semoga berhasil

Reply
avatar
25 April 2017 at 12:58 delete

bisa jadi referensi buat yang lain. Terima kasih :)

Reply
avatar