Uploader e-Faktur Tidak Jalan, Error ETAX-40001

Hari Rabu, 10 Mei 2017, saat itu sore hari terdapat panggilan seorang wajib pajak yang mengalami permasalahan terkait aplikasi e-faktur. Dari penjelasan yang sudah diutarakan kepada saya, aplikasi e-faktur milik wajib pajak tersebut tidak dapat melakukan start uploader. Dengan keadaan start uploader yang tidak jalan maka pekerjaan menerbitkan faktur pajak yang selama ini diemban olehnya terhenti beberapa hari.

Setelah saya cek, memang ketika setelah klik start uploader loading terus menerus dan akhirnya tidak jalan. Bahkan keluar notifikasi error ETAX-40001. Dari permasalahan tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa aplikasi e-faktur tidak dapat terkoneksi oleh jaringan internet sedangkan saat dicoba untuk browsing baik-baik saja.
Uploader e-Faktur Tidak Jalan, Error ETAX-40001
Start Uploader e-Faktur Hanya Loading
Yang pertama saya lakukan adalah cek pengaturan firewall pada laptop, ternyata sudah off. Selanjutnya saya cek antivirus yang digunakan, benar saja antivirus yang digunakan adalah Avast. Perlu diketahui juga bahwa antivirus Avast seringkali memblock jaringan internet yang akan terhubung aplikasi e-faktur. 
Baca juga : Cara Setting Firewall Antivirus Untuk Koneksi e-Faktur
Langsung saja saya menonaktifkan untuk proteksinya. Beberapa kali saya menemui permasalahan seperti ini tinggal menonaktifkan proteksi antivirus Avast. Tetapi berbeda dengan wajib pajak ini, saat saya akan menonaktifkan proteksinya laptop yang dimiliki sangat lamban bahkan sangat menggaggu. Akhirnya saya dengan ijinnya menguninstal antivirus Avast.

Saya diperbolehkan uninstal Avast katanya memang biar tidak mengganggu kerjanya nanti. Setelah berhasil saya uninstal dan saya meminta wajib pajak tersebut untuk mencoba start uploader e-fakturnya, alangkah bahagianya berhasil. Demikian, semoga menjadi referensi anda jika mengalami permasalahan yang sama dan semoga bermanfaat.
Uploader e-Faktur Tidak Jalan, Error ETAX-40001 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

2 comments:

Febri Yanto said...

Terima Kasih.. Sangat Membantu

Triwibowo said...

@Febri Yanto > samasama mas senang bisa membantu

Post a Comment