Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Bisa Start Uploader e-Faktur Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017

Pembahasan kali ini berkaitan dengan error aplikasi e-faktur. bagi saya sendiri error ini pernah saya temui di aplikasi e-faktur tetapi berbeda penyebabnya. Oleh karena itu akan saya bahas pada artikel ini.

Ada wajib pajak yang mengalami error e-faktur yaitu tidak bisa start uploader e-faktur. Pada saat klik start uploader ternyata bukannya jalan seperti biasanya tetapi malah muncul error ETAX-20003 : Error di Service Session, ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar. Kemunculan error tersebut membuat saya bingung karena saya pernah menemui error ETAX-20003 dan ETAX-20017 pada saat import database e-faktur.
Baca juga : Solusi Error ETAX-20003 dan ETAX-20017 Saat Import Database e-Faktur
Tidak Bisa Start Uploader e-Faktur Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017
e-Faktur error ETAX-20003 dan ETAXSERVICE-20017

Sebelum saya membahas untuk solusinya, alangkah baiknya kita sama-sama mengetahui penyebab tidak bisa strart uploader e-faktur error ETAX-20003 : Error di Service Session, ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar.


  • Penyebab utamanya adalah Anda melakukan pindah wilayah KPP. Dalam hal ini wajib pajak selaku PKP mengajukan perpindahan wilayah usaha/tempat tinggal atau wilayah kerja KPP. Dengan berpindahnya wilayah KPP maka PKP harus membuat akun PKP baru yaitu dengan kode aktivasi dan password baru. Adanya kode aktivasi baru menyebabkan kode aktivasi dekstop (yang lama) menjadi tidak bisa digunakan. Alhasil aplikasi e-faktur tidak dapat membaca kode aktivasi lama client e-faktur sehingga muncullah error ETAX-20003 : Error di Service Session, ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar.

Tapi tenang, bagi anda yang kini sedang mengalami tidak bisa strart uploader e-faktur dan muncul error ETAX-20003 : Error di Service Session, ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar, berikut saya berikan solusinya.

Untuk solusinya cukup panjang tetapi sangat mudah untuk anda lakukan. Pertama, lakukan backup data faktur-faktur pajaknya dengan metode ekspor. Eskport semua faktur pajak keluaran, faktur pajak masukan, nota retur, dokumen lain, referensi barang/jasa, dan referensi lawan transaksi. Silahkan baca link di bawah jika anda belum mengetahui cara ekspor data e-faktur.
Baca juga : Cara Backup Data e-faktur Ekspor Import
Setelah anda melakukan backup data aplikasi e-faktur. Lakukan Reset aplikasi e-faktur untuk mendapatkan kode aktivasi yang baru. Perlu anda ketahui sekali lagi, jika anda melakukan reset aplikasi e-faktur melalui enofa online anda akan mendapatkan kode aktivasi baru. Kode aktivasi baru dapat anda lihat di profil enofa online.
Baca juga : Cara Reset Aplikasi e-Faktur 
Apabila anda sudah berhasil melakukan reset aplikasi e-faktur di enofa online, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan registrasi e-faktur kembali. Catatan penting, untuk registrasi ulang aplikasi e-faktur, anda harus gunakan aplikasi yang masih fresh atau belum teregistrasi. Lakukan registrasi ulang e-faktur seperti pertama kali.
Baca juga : Cara Registrasi Ulang e-Faktur
Langkah yang terakhir setelah anda berhasil melakukan registrasi ulang e-faktur adalah import data-data e-faktur yang sudah anda backup tadi (di langkah pertama). Jangan lupa input referensi nomor seri faktur pajak dahulu ya. Apabila cara di atas anda lakukan secara berurutan, pasti akan menyelesaikan error Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017. Aplikasi e-faktur siap anda gunakan kembali seperti semula. Demikian, semoga bermanfaat. 

12 comments for "Tidak Bisa Start Uploader e-Faktur Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017"

  1. Pak, saya mau tanya kalau gagal start uploader keterangan "ETAX-40001 Tidak Dapat Menghubungi EtaxInvoice Server, Anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service". Ini kenapa ya? Padahal komputer sudah tersambung internet dan lancar. Trims.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya sarannya membantu kmarin saya ga bisa upload pas saya coba berhasil ternyata kuncinya biar bisa harus masukin dulu referensi nomor fakturnya. terima kasih brooo

    ReplyDelete
  3. aku sudah ikutin smua saran nya tapi tidak berhasil kenapa ya? tetep eror etax 4.0003. mohon saran nya

    ReplyDelete
  4. @arifin vio : ini terkait pindah wilayah kpp bukan

    ReplyDelete
  5. Rima Shedragon@ waktu mengisi refensi nomor faktur itu habis import database dulu atau habis import database

    ReplyDelete
  6. saya sudah melakukn apa yang sobat sarankan tapi tetep masih error ... ada saran lain gak?

    ReplyDelete
  7. Selamat siang Pak Tri, mau tanya saya setelah melakukan export import data contoh.pajak masukan ko statusnya belum approve semua. Apa berpengaruhnya saya sebelum back up data melakukan reset aplikasi dulu di enofa

    ReplyDelete
  8. E-TAX 40005 EROR di service registrasi null

    ReplyDelete
  9. setelah sukses reset aplikasi dan registrasi sukses kenapa setelah log out lalu masuk ke aplikasi lagi muncul general eror hubungi call centre e faktur

    ReplyDelete
  10. Sudah saya lakukan berurutan tetapi malah error saat masuk kembali. Ada pemberitahuan "Column 'UANG_MUKA_PPN' alredy exists in Table/View "ETAX"."FAKTUR" mohon solusinya ya pak

    ReplyDelete
  11. Saya sudah lakukan semua secara berurutan tapi saat import pajak keluaran terjadi gagal import dan ada keterangan "ERROR OBJECT MAPPING KODE DOKUMEN PENDUKUNG SALAH" bagaimana solusinya?

    ReplyDelete