Upload Faktur Reject Error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang

Untuk permasalahan upload faktur pajak memang sangat beragam, mulai dari aplikasi e-faktur tidak terhubung jaringan padahal saat buat browsing lancar, start uploader hanya muter-muter, dan error e-faktur "reject". Update aplikasi e-faktur versi 2.0 memunculkan kode-kode error yang belum pernah kita temui sebelumnya. Seperti yang akan saya bahas kali ini.

Error yang akan saya bahas kali ini adalah error yang ditemui oleh rekan kerja saya saat membantu wajib pajak mengatasi error aplikasi e-faktur. Saat upload faktur pajak dan berhasil upload, ternyata status keterangan yang didapat adalah "reject". Faktur pajak yang reject tersebut muncul keterangan error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang. 

efaktur reject ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang
ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang

Kecurigaan saya munculnya error ETAX-API-10001 adalah berkaitan dengan sertifikat elektronik. Awalnya saya memberikan solusi untuk melakukan patch ulang sertifikat elektronik yang baru (download di enofa online) di menu Referensi - Administrasi Sertifikat. Hasilnya tetap sama, reject error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang.

Bikin bingung juga, selalu reject. Dengan melihat keterangan "Upload Faktur Corrupt", akhirnya saya meminta untuk mengecek faktur pajak yang telah diinput. Cek nama barangnya apakah melebihi karakter yang sudah ditentukan oleh aplikasi e-faktur (sudah benar), cek apakah ada karakter tertentu misal tanda petik " (tidak ada).

Tetapi, ada tanda "-" di nama barangnya,. Coba untuk dihapus dan upload ulang. Alhamdullilah dengan menghapus tanda - di nama barang akhirnya sukses upload juga.

Jika anda mengalami error yang sama seperti yang sudah saya bahas, silahkan cek nama barang/jasa yang sudah diinput. Pastikan tidak ada karakter khususnya/unik. Demikian, semoga bermanfaat.
Upload Faktur Reject Error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

6 comments:

ulfa setiawan said...

Saya Sudah Korscek Kaya Gitu Tapi Masih Sama Ya Apa Penyebabnya Ya Mohon Pencerahan

Triwibowo said...

jumlah karakter apa sudah sesuai, cek tanggal faktur apakah tidak lebih kecil dari permintaan nsfp. Sertifikat elektronik juga download di enofa online.

Shalahuddin Syaifullah said...

Terima kasih solusinya mas, pernah tidak mengalami ada WP yang reject upload tulisannya "Nomor seri yang dimasukan tidak sesuai jatah" padahal sudah sesuai dengan yg diberi (jadi yang reject selang seling gitu, ada yg bisa ada yg tidak).

mulya mandiri jaya said...

ETAX-API-20009 : Nilai PPN tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran (2.195.637)
ketika diganti input DPP = 21.956.370 (otomatis PPN = 2.195.637) ketika di upload di reject dengan keterangan :
ETAX-API-20008 : Nilai DPP tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran (21.956.363)
ETAX-API-00005 : Faktur pajak keluaran harus terdaftar sebagai efaktur (padahal ada nota dengan WP dan no NPWP yang sama bisa sukses upload)
Tolong dibantu ya mas kalo sudah pernah alamai seperti itu

Unknown said...

saya masih mengalami error (etax-API-10001) sampai sekarang, padahal sudah di cek nama barang/jasa yang diinput tidak ada karakter khususnya/unik seperti yang disampaikan sebelumnya,, tapi tetap tidak bisa di upload juga dan keterangan selalu reject
Mohon bantuannya ya

Adimas Annas said...

di masukkan DPP dan PPN nya mas mulya, jangan lupa tanggal fakturnya

Post a Comment