Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Upload Faktur Reject Error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang

Untuk permasalahan upload faktur pajak memang sangat beragam, mulai dari aplikasi e-faktur tidak terhubung jaringan padahal saat buat browsing lancar, start uploader hanya muter-muter, dan error e-faktur "reject". Update aplikasi e-faktur versi 2.0 memunculkan kode-kode error yang belum pernah kita temui sebelumnya. Seperti yang akan saya bahas kali ini.

Error yang akan saya bahas kali ini adalah error yang ditemui oleh rekan kerja saya saat membantu wajib pajak mengatasi error aplikasi e-faktur. Saat upload faktur pajak dan berhasil upload, ternyata status keterangan yang didapat adalah "reject". Faktur pajak yang reject tersebut muncul keterangan error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang. 

efaktur reject ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang
ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang

Kecurigaan saya munculnya error ETAX-API-10001 adalah berkaitan dengan sertifikat elektronik. Awalnya saya memberikan solusi untuk melakukan patch ulang sertifikat elektronik yang baru (download di enofa online) di menu Referensi - Administrasi Sertifikat. Hasilnya tetap sama, reject error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang.

Bikin bingung juga, selalu reject. Dengan melihat keterangan "Upload Faktur Corrupt", akhirnya saya meminta untuk mengecek faktur pajak yang telah diinput. Cek nama barangnya apakah melebihi karakter yang sudah ditentukan oleh aplikasi e-faktur (sudah benar), cek apakah ada karakter tertentu misal tanda petik " (tidak ada).

Tetapi, ada tanda "-" di nama barangnya,. Coba untuk dihapus dan upload ulang. Alhamdullilah dengan menghapus tanda - di nama barang akhirnya sukses upload juga.

Jika anda mengalami error yang sama seperti yang sudah saya bahas, silahkan cek nama barang/jasa yang sudah diinput. Pastikan tidak ada karakter khususnya/unik. Demikian, semoga bermanfaat.

22 comments for "Upload Faktur Reject Error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang"

  1. Saya Sudah Korscek Kaya Gitu Tapi Masih Sama Ya Apa Penyebabnya Ya Mohon Pencerahan

    ReplyDelete
  2. jumlah karakter apa sudah sesuai, cek tanggal faktur apakah tidak lebih kecil dari permintaan nsfp. Sertifikat elektronik juga download di enofa online.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih solusinya mas, pernah tidak mengalami ada WP yang reject upload tulisannya "Nomor seri yang dimasukan tidak sesuai jatah" padahal sudah sesuai dengan yg diberi (jadi yang reject selang seling gitu, ada yg bisa ada yg tidak).

    ReplyDelete
  4. ETAX-API-20009 : Nilai PPN tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran (2.195.637)
    ketika diganti input DPP = 21.956.370 (otomatis PPN = 2.195.637) ketika di upload di reject dengan keterangan :
    ETAX-API-20008 : Nilai DPP tidak sesuai dengan yang tercantum di faktur keluaran (21.956.363)
    ETAX-API-00005 : Faktur pajak keluaran harus terdaftar sebagai efaktur (padahal ada nota dengan WP dan no NPWP yang sama bisa sukses upload)
    Tolong dibantu ya mas kalo sudah pernah alamai seperti itu

    ReplyDelete
  5. saya masih mengalami error (etax-API-10001) sampai sekarang, padahal sudah di cek nama barang/jasa yang diinput tidak ada karakter khususnya/unik seperti yang disampaikan sebelumnya,, tapi tetap tidak bisa di upload juga dan keterangan selalu reject
    Mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
  6. di masukkan DPP dan PPN nya mas mulya, jangan lupa tanggal fakturnya

    ReplyDelete
  7. ini pengalaman saya yang sama ternyata ada karakter yang sesuai, coba lihat di http://www.efakturpajak.com/2015/08/solusi-error-etaxservice-20021-upload.html
    download Notepad ++ untuk dapat mengetahui ada atau tidak karakter yang tidak sesuai

    ReplyDelete
  8. dalam hal "upload facture corrupt" biasanya ada karakter yang tidak sesuai

    ReplyDelete
  9. permisi gan numpang nanya klo di reject trus ada keterangannya kyk gini ETAX-API 10010 SOLUSINYA GIMANA YA BOSS ..? MOHON BANTUANNYA

    ReplyDelete
  10. @Cendrawasih arena intim press : coba cek apakah ada karakter khusus di nama barang atau alamat. Jika ada hapus saja rekan

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah tadinya saya sudah pusing berkali-kali (ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang). ternyata benar ada karakter "-" di nama barangnya. Hatur nuhun Gan...

    ReplyDelete
  12. @waesul korni : Alhamdullilah, samasama. Senang bisa membantu

    ReplyDelete
  13. ko ada yang janggal sama kaya di atas ternyata di alamat ada tanda -, tapi setelah di cek ada beberapa alamat yang sukses di upload ada - di alamat ga apa".

    ReplyDelete
  14. permisi sis/ gan mau tanya klo keterangannya ETAX-40001 kenapa y?anda harus terhubung dengan internet.
    padahal di rmh internet tidak ada masalah saya mau upload fp kluaran desember 2017.mohon bantuanta gan/sis

    ReplyDelete
  15. silahkan import ulang sertifikat elektroniknya yang baru (download di enofa online), cek antivirus yang digunakan, firewall, coba dengan adware cleaner. semoga berhasil...

    ReplyDelete
  16. Permisih mau tanyak, gimana ya solusinya jika faktur yang saya mau uplod eror karna ada simbol derajat, nah di posisi ini derajatnya kami tidak boleh di hapus harus di cantumkan, ada yang punya solusi lain gak ?

    ReplyDelete
  17. Bener bang....Makasih Infonya....WTF....cuma gara2 tanda petikask@$%$@%@%$#%#@^

    ReplyDelete
  18. saya juga mengalami ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang setelah saya cek karakter dokumennya tidak ada karakter khusus. tapi hanya dimasa itu saja . saya upload masa yang lain sukses . mohon dibantu

    ReplyDelete
  19. baca beberapa hasil pencarian teratas google, jawabannya sama. mungkin copas.

    begitu baca artikel ini, saya pikir memang masuk akal krn memang ada nama barang menggunakan simbol. setelah saya hilangkan simbol itu... :

    BERHASIL!! :)

    bermanfaat banget. makasih.

    ReplyDelete
  20. makasih pak, this is work, gak boleh ada karakter strip

    ReplyDelete