Cara Install eSPT PPN 1107 PUT Versi 3.0 Terbaru

Semenjak diberlakukannya PER-01/PJ/2017 banyak wajib pajak yang ramai-ramai download serta install aplikasi eSPT. Terutama bendaharawan yang sudah lama lapor SPT Masa PPN 1107 PUT dengan cara manual, sekarang sudah diwajibkan dengan aplikasi eSPT PPN 1107 PUT. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Dasar diharuskannya lapor dengan aplikasi eSPT adalah karena Bendaharawan sudah lapor menggunakan aplikasi eSPT PPh 21. Buka kembali PER-01/PJ/2017.
Baca juga : Sekarang Lapor Wajib eSPT
Seperti yang dialami oleh rekan saya (seorang bendaharawan kantor), setelah mendapatkan installer aplikasi eSPT PPN 1107 PUT dari KPP ternyata bingung saat akan melakukan Instalasinya. Yang membuat bingung bukan caranya, tetapi ada beberapa notifikasi saat install yang mungkin bagi pemula akan mengira adanya error.

Untuk mengurangi rasa penasaran dan mungkin saja membuat anda bingung juga cara install eSPT PPN 1107 PUT, berikut akan saya jelaskan cara install eSPT PPN 1107 PUT.

Notifikasi Saat Install eSPT PPN 1107 PUT
Notifikasi Saat Install eSPT PPN 1107 PUT


Cara Install eSPT PPN 1107 PUT

  • Pastikan aplikasi eSPT PPN 1107 PUT yang anda dapatkan adalah bersumber resmi misal dari pajak.go.id ataupun dari Kantor Pajak langsung. Untuk aplikasi eSPT PPN 1107 PUT versi terakhir yang harus anda gunakan adalah versi 3.0
  • Tutup beberapa aplikasi yang sedang anda gunakan (running)
  • Untuk melakukan instal double klik file installer. Silahkan ikuti petunjuknya.
  • Saat proses install anda akan mendapati beberapa notifikasi, yang pertama adalah "Welcome to the eSPT PPN 1107 PUT Versi 3.0 Installation Program. Setup cannot install system file or update shared files if they are in use. Before proceeding, we recommend that you close any applications you may be running". Silahkan klik saja OK untuk proses selanjutnya.
  • Setelah itu anda akan diminta untuk memilih direktori hasil instalasi eSPT PPN 1107 PUT. Saya lebih memilih default otomatis (lihat gambar 2) dan langsung saja klik Icon Komputer untuk install.
  • Jika muncul notifikasi seperti (gambar 3) langsung saja klik Continue.
  • Setelah itu ada beberapa notifikasi yang muncul juga pilih saja "Ignore" hingga aplikasi eSPT PPN 1107 PUT sukses terinstall.
Baca juga : Install eSPT PPN 1107 PUT An Error Occured While Registering The File
Ada notifikasi yang mirip error tetapi jika anda klik Ignore proses install akan tetap berlanjut. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. 

Aplikasi eSPT PPN 1107 PUT berhasil terinstal, silahkan langsung Anda gunakan dengan mengisi profil terlebih dahulu dengan DB1107PUT. Untuk username adalah Administrator dan passwordnya adalah 123. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Install eSPT PPN 1107 PUT Versi 3.0 Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment