Cara Setting ODBC Menambah Database eSPT

Membahas tentang aplikasi eSPT tentu saja tidak lepas dari adanya error saat penggunaannya. Baik saat proses instalasi, input data eSPT, error cetak eSPT, dan saat buat file CSV untuk dilaporkan ke KPP. Pembahasan kali ini tidak berkaitan dengan error tetapi tata cara menambah database eSPT.

Mungkin anda pernah menjumpai beberapa kendala saat akan menambah database eSPT.  Entah bingung database mana yang dipakai atau ketika akan menambah tidak muncul di daftar aplikasi eSPT. Memang, ada aplikasi eSPT yang memerlukan setting secara khusus ketika akan menambah database. Tidak semata mata tinggal copy paste langsung muncul databasenya dan langsung digunakan.

Ada beberapa aplikasi eSPT yang perlu setting database ke ODBC seperti aplikasi eSPT PPh 23, eSPT Pasal 4 ayat 2, eSPT Tahunan PPh OP, dan eSPT Tahunan PPh Badan 1771. ODBC adalah Open Database Connectivity merupakan sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Jika anda mengalami permasalahan ketika akan menambah database eSPT silahkan setting ODBC terlebih dahulu.
Baca juga : Cara Setting Satu eSPT Untuk Beberapa NPWP 
Yang akan menjadi pembahasan saya kali ini adalah cara menambah database eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2. Tetapi cara ini juga bisa anda terapkan untuk penambahasan database eSPT lainnya.

Unable To Create DSN

rror Unable To Create DSN
Error Unable To Create DSN

Ketika saya akan membuka aplikasi eSPT PPh 4 Ayat 2 ternyata muncul error dengan keterangan "Unable To Create DSN". Dibuka dan tutup kembali masih saja muncul error.

Jika anda mengalami error "Unable To Create DSN" ketika buka aplikasi eSPT baik eSPT PPh 4 ayat 2, eSPT PPh 23, eSPT Tahunan PPh Badan, langsung saja klik kanan pada icon aplikasi eSPT lalu pilih Run As Administrator.

Biasanya cukup sekali saja kita klik Run As Administrator. Untuk selanjutnya jalankan aplikasi eSPTseperti aplikasi-aplikasi pada umumnya.


Cara Menambah db eSPT Setting ODBC

Sebelum saya uraikan cara menambah database eSPT dengan setting ODBC, saya menginformasikan kepada anda bahwa PC yang saya gunakan adalah Windows 7, 32 bit.
Baca juga : Database eSPT Tahunan PPH Badan Kosong Saat Dipindahkan
Untuk menambah database eSPT ada beberapa cara yang bisa anda jalankan. Pertama cari dan copy database atau db eSPT yang masih kosongan. Jangan lupa untuk diberi nama berbeda dengan "db" sebelumnya dan pilih lokasi penyimpanan file yang menurut anda mudah dicari. Untuk pembahasan ini saya meletakkan file "db" bersamaan dengan "db" sebelumnya di C:\Program Files\DJP\eSPT PPh 4(2)\Database

Setelah anda berhasil meletakkan file db kosongan, langsung segera setting ODBC-nya. Masuk Control Panel pilih System and Security. Lalu pilih Data Sources (ODBC) dan akan muncul jendela "ODBC Data Source Administrator". (lihat gambar di bawah)

Cara Setting ODBC Menambah Database eSPT
Control Panel\System and Security\Data Soyrces (ODBC)
Pada jendela "ODBC Data Source Administrator" header menu pilih System DSN. Klik Add dan pada "Create New Data Source" pilih Microsoft Access Driver (*.mdb, *.accdb), Finish.

Pada jendela "ODBC Microsoft Access Setup" silahkan input nama Data Source Name, misal database eSPT efakturespt. Pada Description biarkan kosong saja. Langsung saja klik Select pada database. 

Cari database yang akan anda setting, cari sesuai lokasi penyimpanan dan nama database eSPT yang telah anda lakukan pada cara petama. (lihat gambar di bawah)

System DSN\Add\Microsoft Access Driver
Cara Setting ODBC Menambah Database eSPT
Cari dan pilih database yang akan anda setting
Setelah ketemu, klik OK hingga beberapa jendela kerja tertutup. Silahkan buka aplikasi eSPT PPh 4 ayat 2 atau aplikasi eSPT lainnya, pada saat "connect ke database" seharusnya database akan masuk sesuai nama yang telah anda setting. Gunakan untuk memenuhi kewajiban anda, apabila cara di atas anda lakukan secara urut database eSPT akan bertambah dan siap anda gunakan. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Setting ODBC Menambah Database eSPT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment