Solusi Ampuh Error ETAX-40001 e-Faktur Tidak Dapat Menghubungi EtaxInvoice Server

Sering kali saya mendapat keluhan permasalahan e-faktur yang berkaitan dengan koneksi jaringan internet. Yang membuat heran adalah ketika dibuat browsing dan download, internet sangat stabil bahkan bisa dibilang TOP. Seperti postingan sebelumnya yang berkaitan error ETAX-40001 yaitu error ETAX-40001 e-faktur tidak dapat upload meskipun koneksi internet lancar. Pembahasan ini merupakan kelanjutan dari postingan tersebut.

Pada postingan "error ETAX-40001 e-faktur tidak dapat upload meskipun koneksi internet lancar" telah disebutkan solusi untuk permasalahan error ETAX-40001. Sudah dilakukan setting firewall, antivirus bahkan sampai ganti provider jaringan internet tetap aplikasi e-faktur tidak dapat terkoneksi Internet.


e-Faktur tidak dapat menghubungi EtaxInvoice Server
error ETAX-40001
Telah dilakukan berbagai cara setting di komputer/laptop aplikasi e-faktur tetap tidak terkoneksi internet keterangan selalu ETAX-40001 e-Faktur tidak dapat menghubungi EtaxInvoice Server. Bingung sampai harus ganti Komputer/PC. Tenang, ini ada cara ampuh mengatasi solusi ETAX-40001 yaitu dengan bantuan aplikasi Adware Cleaner. Apa itu adware cleaner? Mengapa harus adware cleaner?

Sebelum masuk ke adware cleaner, pengertian adware sendiri adalah  software yang menginstal dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna komputer. Jadi adware menginfeksi melalui aplikasi atau iklan di web yang secara tidak sengaja di klik atau terinstall. Biasanya kalau didiamkan akan sangat mengganggu saat browsing bahkan saat menjalankan apikasi e-faktur.

Adware cleaner merupakan peralatan keamanan yang digunakan untuk membuang semua adware di komputer/laptop dalam hitungan detik dengan pemindaian cepat. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu. Dengan adware cleaner maka semua adware yang menginfeksi di komputer/laptop dapat dihilangkan. Coba install adware cleaner yang dapat anda download di alamat dropbox bawah. Download dan install seperi aplikasi pada umumnya.

https://toolslib.net/downloads/finish/1/
Setelah itu, coba jalankan aplikasi e-faktur kembali. Cara ini pernah terbukti ampuh. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

118 Responses to "Solusi Ampuh Error ETAX-40001 e-Faktur Tidak Dapat Menghubungi EtaxInvoice Server"

  1. Solusinya benar-benar ampuh … terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Malah hilang semua data pajak keluaran. Bagaimana cara mengembalikan semua data-data faktur yang sebelumnya?? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diklik perbaharui juga gak ada? Coba ambil file di folder backup dengan tanggal yg mash ada datanya. Ekstrak kemudian masukkan ke aplikasi efaktur yang terbaru atu blm diapa2in.

      Delete
  3. terima kasih gan, mantap.
    solusi tepat

    ReplyDelete
  4. Samasama, senang bisa membantu..

    ReplyDelete
  5. gan, berhasil !

    makasih banyak lho solusinya tepat banget

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Untuk info yang saya dapat sampai hari minggu 8 januari 2017 pukul 17.00 ada perbaikan dan pemeliharaan server efaktur.

      Delete
    2. ya Allah..pantesan,dari pagi nyobain berbagai cara,tapi tetep gakbisa >.< thanks yaa gan infonya ^^

      Delete
    3. Samasama gan, mohon bersabar :D

      Delete
  7. sampai hari ini tgl 8 msih belum bisa, ,masih muncul terus kode error 40001

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai semalam memang masih under maintenance. Pagi ini udah lancar :)

      Delete
  8. saya sudah coba mas,,tapi masih belum bisa, kode 40001 masih muncul,,kenapa ya? buka situs e-nofa tetep bisa,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek settingan firewall di PC/laptopnya, di exception atau offkan dahulu dan kalau ada antivirus avg sama avast coba firewallnya dinonaktifkan juga caranya ada di http://www.efakturespt.com/2016/12/cara-setting-firewall-antivirus-untuk.html
      semoga berhasil :)

      Delete
    2. kalau memang tetap gak bisa, coba ganti provider jaringan internetnya

      Delete
  9. Kemungkinan di server pajaknya ya, hari ini juga beberapa kawan saya masih belum bisa konek ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak banyak wajib pajak yang belum bisa terkoneksi aplikasi efakturnya. Tetaou Saya cek di
      http://svc.efaktur.pajak.go.id/wsdl/MasterFakturService.wsdl
      Mash normal terkoneksi. Ditunggu dulu. Terima kasih

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. tetap ga bisa gan
    saya sudah cek juga efaktur tidak dalam keadaan perbaikan/maintenance
    tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  12. sampai sekarang blm bisa uploder ya? apakah server pajak masih ada gangguan kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lancar pak, tidak ada info gangguan server

      Delete
  13. akhirnya bisa juga makasih ya min

    ReplyDelete
  14. Sy udah coba setting firewall nya tetep ga bisa.. cek koneksi internetnya tetep ga bisa jg.. kenapa yyaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan adware cleaner juga belum bisa? Ganti provider inetnya coba.

      Delete
  15. cara mengatasi etax 40001 di google chrome tidak bisa buat pajak keluaran dan masukan...tlg bantuannya udah pusing banget nih..trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara di atas sudah dicoba? Coba liat juga settingan antivirus sama firewall di pc/laptopnya. Coba di offkan dulu, biasanya 2 hal tersbut yg sering menyebabkan etax-40001. Semoga berhasil :)

      Delete
  16. cakeppp...sangat ampuhhhh...dari kemarin gbsa upload alhamdulillah nemu link ini...semoga dimudahkan semua urusannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, Aamiin, semoga lancar juga urusanya mbak. Senang bisa membantu

      Delete
  17. Mksh gan, udh bisa berjalan lancar

    ReplyDelete
  18. @ferdian dwiyana putra > antivirus sama firewall dicek usahakan di exception atau off. Jika masih coba ganti internetnya

    ReplyDelete
  19. @sanris fajar : samasama gan, senang bisa membantu

    ReplyDelete
  20. gan kenapa masih tidak bisa ya? saya sudah donwload aplikasinya, suda ganti koneksi internetnya, sudah matiin firewall nya tp tetep gak bisa, mohon bantuannya ya gan

    ReplyDelete
  21. apakah memang dr pusat tidak bisa?karna saya sudah melakukannya tapi tetep tidak bisa

    ReplyDelete
  22. gan ini saya kok masih tetep g work...
    padahal kemarin" lancara sekarang tgl 18 july kok g bisa lagi...
    padahal antivirus g ada windows deff udah ane matiin sekalian dengan firewall masih tetep g work ...
    penjelas an nya gan apakah pusat lagi maintance

    ReplyDelete
  23. Saya Udah Coba cara mematiakan firewall malah sdh sy uninstal antivirus nya, sudah download aplikasinya dan sudah sy ganti koneksi internetnya yg lebih stabil..tp tetap gak bisa mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  24. terimakasih pak, cara nya sangat membantu sekali.
    saya coba dan alhamdulilah bisa.
    terimakasih

    ReplyDelete
  25. BERHASIL !!
    Terimakasih infonya sangat membantu,
    Saya mengalami error 40001 pada appl etaxinvoice, sudah coba nonaktifkan anti virus dan Firewall masih tetep error,
    Lalu saya coba scan pake adwCleaner, alhamdulillah bisa upload lagi.

    ReplyDelete
  26. aku udh coba pake adwcleanernya, tp malah loading aja lama banget :(

    ReplyDelete
  27. Saya coba matiin firewall, uninstall antivirus, adware clean, etax40001 masih tetap. masalahnya apa yah

    ReplyDelete
  28. Awalnya lamaaaa bnget, tapi alhamdullah asal sabar aja insyaallah berhasil diuplode :D

    ReplyDelete
  29. gan saya setelah update versi 2.0 kenapa jadi eror 40001 ya ? apakah ada kesalahan dalam penginstalan ?

    ReplyDelete
  30. sama neh. dah off firewall dan antivirus terus adwcleaner. tetep aja gk bisa.

    ReplyDelete
  31. Aplikasi ETaxInvoiceUpd Windows 32 bit & Mem_Config , mau download diman ? disitus resminya eror . mohon infonya

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. coba disubmit ulang sertifikatnya , aku udah bisa . tadinya bermasalah ETAX 40001 juga

    ReplyDelete
  34. mantabssss gan... trima kasih sudah membantu kasih solusi. bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  35. sudah download e faktur versi terbaru, sudah berhasil install, submit sertifikat. Tapi pas mau jalanin uploader gagal :( keterangan ETAX 40001-tidak terhubung ke internet, padahal koneksi lancar jaya. Kalau pakai AdwCleaner maksudnya gimana ya? cukup di install saja kah?

    ReplyDelete
  36. Apa hari ini ada maintenance di server e-fakturnya?
    saya sudah pakai cara itu, tapi masih belum bisa.
    Mohon Informasinya

    ReplyDelete
  37. sama saya juga gak bisa e faktur sedang gangguang nihh kayaknya

    ReplyDelete
  38. sudah dicek anti virus dan konseksi internet tidak bisa juga terhubung ke database efaktur versi 2 ini.. mungkin masih masalah di koneksi server dari program nya

    ReplyDelete
  39. Iya sama gan solusinya gimana nih masih 40001 sampe sekarang

    ReplyDelete
  40. iya nih parah....koneksi gagal terus. yang buat aplikasinya gak siap nih yang terbaru

    ReplyDelete
  41. sekarang giliran uploader udh bisa jalan, eh malah diupload reject 40008. Pajak mau ngeupgrade aplikasi, tapi seperti blm benar2 siap. Karna dari kmaren2 sering error terus.

    ReplyDelete
  42. barusan saya coba telp ke kring pajak ,, setelah sekian lama selalu sibuk , dan akhirnya dri pihak DJP bilang bahwa hari ini emang lagi down server djp nya , untuk itu yang upload hari ini masih eror etax , , sekian informasi nya untuk rekan2 sekalian

    ReplyDelete
  43. thanks info nya dr pg error 40001..

    ReplyDelete
  44. Untuk sekarang apakah masih down server djp nya? masih ada peringatan 40001 soalnya

    ReplyDelete
  45. Untuk sekarang apakah masih down server djp nya? masih ada peringatan 40001 soalnya

    ReplyDelete
  46. sudah dicoba semuanya, tapi masih tetap sama "Error 40001" mohon pencerahan.. trimakasih

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Apa hari ini masih down servernya ? soalnya uploader tidak jalan dan muncul 40001 terus.

    ReplyDelete
  49. Masih problem sama ETax 40001, apa masih down server pajaknya

    ReplyDelete
  50. Min sampai saat ini saya masih tidak bisa upload efaktur problem ETax4001 terus dari semenjak update 2.0 telp kringpajak jawabannya server down terus, sementara kantor2 tetangga sudah pada bisa. solusi nya dong min.... tq

    ReplyDelete
  51. @Maulina saricoba > coba import ulang sertifikatnya yang baru di menu referensi (download di enofa online lagi) setelah itu pastikan firewall off/exception, antivirus yang dipakai disable.

    ReplyDelete
  52. @triwibowo Kokmasih muncul pesan 40001 yaa ? tolong ini gmana solusinya .

    ReplyDelete
  53. Di e nofa ndak bisa download ulang sertifikatnya, katanya halaman sudah kadaluarsa

    ReplyDelete
  54. Apakah sertifikatnya kadaluarsa? coba dicek dulu masa berlaku sertifikatnya

    ReplyDelete
  55. tulisan di e nofa sih sertifikat sudah tdak berlaku, tapi di e faktur masih bisa di gunain yg sertifikat lama.

    ReplyDelete
  56. silahkan cek masa berlaku sertifikat dahulu di
    http://www.efakturespt.com/2017/02/cara-mengetahui-sertifikat-elektronik-e.html
    Apabila sudah kadaluarsa harus mengajukan kembali ke KPP. Jika tidak diperpanjang tidak akan bisa upload

    ReplyDelete
  57. makasih mas, problemnya sih kyaknya emang di situ. tapi kok rumit yaa ngajuin sertifikatnya

    ReplyDelete
  58. Mas triwibowo sertifikat efaktur saya sudah di perbarui bbrpa waktu lalu saat sudah mau kadaluarsa, firewall sudah saya off kan semua, dan antivirus sya pakai smadav sudah saya uninstall. tapi masih tidak bisa upload juga.

    ReplyDelete
  59. Sama hari ini saya juga tdk bisa upload padahal sertifikat sudah d perbaharui dan efaktur ver 2.mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  60. [10 Oktober 2017 pukul 15:00] Semuanya sudah saya coba, mulai dari menonaktifkan firewall, mematikan proteksi antivirus, instal adwcleaner, tapi masih belum bisa juga...

    ReplyDelete
  61. msh blm bisa...sampai sekarang gmn solusinya..faktur sdh diminta trus sama customer

    ReplyDelete
  62. sayamsh gak bisa upload faktur rekan, muncul pemberitahuan 40001 terus
    smohon silusinya min

    ReplyDelete
  63. ampunnn saya juga kasus nya sama padahal udah coba segalanya, tapi tetep aja, mana di uber2 pada minta faktur pajak??
    bantu dongggg!!! bingung sampai saya samperin kantor pajak jawabannya enteng banget katanya coba terus aja kemungkinan selver lagi overload, padahal temen saya bisa bisa aja kaga ada masalah?? bantu bantu dongg

    ReplyDelete
  64. Coba pak silahkan cek
    1. Firewall di PC/laptop, pastikan exception atau off dahulu
    2. Antivirus yang digunakan (ex: avast untuk disable dulu)
    3. Dengan adware cleaner.
    4. Lakukan import ulang sertifikat baru (download di enofa online). Pastikan sertifikat elektronik tidak kadaluarsa. Kamrin ada kasus ini ternyata sertifikat sudah kadaluarsa.
    5. Jika cara diatas tidak mampu mengatasi solusi, silahkan coba untuk ganti provider internetnya.

    Semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  65. mas bro...cara ganti provider internet gmn caranya? saya pakai wifi. apa saya harus cr tempat wifi slain di kantor gitu ya mas bro? langkah2 yg ditas sdh saya lakukan tetap etax 40001

    ReplyDelete
  66. Betul cari wifi selain di kantor. Bisa dengan tethering memakai HP.

    ReplyDelete
  67. Mas bro Triwibowo...alhamdulilah..saran yg sebelumnya di edisi reset enofa dan register ulang langkah saya terakhir masalah troble etax 40001, resikonya saya harus upload spt ulang sesuai masa dan tahun pajak...trims ya mas bro..sukses sll buat mas bro Triwibowo

    ReplyDelete
  68. Sudah sgala cara d lakukan masih saja ga bisa apioad ,skarang udah ganti bulan tetap aja ga bisa apload

    ReplyDelete
  69. Masih muncul pesan 40001? tolong ini gmana solusinya..

    ReplyDelete
  70. Trimakasih mas atas informasi dan tuntunannya..
    Sangat membantu

    ReplyDelete
  71. @nusabangsa : samasama, senang bisa membantu...

    ReplyDelete
  72. klo sy kan ada di laptopnya ada 2 aplikasi jd dua prusahaan nah yg satunya bisa upload seperti biasa yg satunya lg gabisa itu knp yah kira2? eror 40001 pdhl yg aplikasi satunya mah bisa

    ReplyDelete
  73. semua cara sudah saya coba ni,mulai disable firewall,ganti jaringan,ganti Komp/Laptop..bahkan antivirus semua sy hapus..tp tetap error 4001..mohon info dan bantuan rekan semua..trm ksh

    ReplyDelete
  74. import ulang sertifikat elektronik sudah dilakukan? coba download sertifikat baru di enofa online kemudian importkan di menu referensi.. Semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  75. Ga bisa gan...msh muncul ETAX - 40001

    ReplyDelete
  76. gimana nih ga bisa masukin nomor NTPN,slalu eror......

    ReplyDelete
  77. Aduh dari kmarin belum buka efaktur . dan hari ini mau buat ga bisa hwaaaa. ini kenapa etax 40001

    ReplyDelete
  78. gan kenapa ya setelah update windows e faktur nggak bisa upload etax40001

    ReplyDelete
  79. sudah saya non aktifkan windows defender, donlod adware cleaner, tetep aja nggak bisa

    ReplyDelete
  80. kayanya rata2 error etax 40001 ini karena sertifikat digital yang sudah expired. pertanyaan saya, apa bisa sertifikat ini di download tanpa harus ke KPP? karena tanggal segini juga sudah pada tutup kantor pemerintahan. Sudah coba masuk ke download enofa, tapi tetep tidak ada download sertifikat.. please help...

    ReplyDelete
  81. sistemnya eror mulu biar dah di update sertifikatnya ..denda aja di kecengin #ledig

    ReplyDelete
  82. eror 40001,sdh pake adw cleaner, matiin antivir, firewall, sdh system restore, msh juga. apakah dr server pusat?

    ReplyDelete
  83. @Fransisco Tualaka : tidak ada masalah pak, apakah sudah bisa?

    ReplyDelete
  84. @triwibowo :sampai detik ini tetep belum bisa upload. tgl 10 juni 2018 21:56. solusinya bagaimana

    ReplyDelete
  85. tgl 21 juni 2018 sy bisa upload, tp pagi ini kok muncul etax-40001 tidak dapat menghubungi etaxinvoice, apa server lagi maintenance ya ? mohon infonya

    ReplyDelete
  86. dari tgl 23 juni 2018 uploader gak bisa jalan sampai hari ini juga, firewall off, sertifikat e dah di download ulang jg ttp gk bisa. Mohon info thx

    ReplyDelete
  87. padahal sudah saya download aplikasinya, tapi tetap tidak bisa,masih tampil etax- 4001 tidak dapat menghubungi etax invoice,tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  88. sangat disayangkan yaaa. kenapa aplikasi efaktur belum bisa berjalan dengan baik sih. saya juga mengalami ETAX-40001 dari tgl 22 juni 2018 sore tidak bisa upload. sudah berbagai cara dilakuin. sudah call kring pajak juga untuk masukkan sertifikat lagi. tetep gabisa. sudah tanggal segini. mau lapor SPT gaisa. amsyong telat lapor kena denda. sapa yang disalahkan klo gini duuuhhh -_-

    ReplyDelete
  89. MASIH ERROR :( ETAX 40001 MUNCUL TERUS. TOLONGGGG

    ReplyDelete
  90. adwcleaner gak bisa di install. Pesannya "This application has failed to start because dwmapi.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem"
    Tolong solusinya ???

    ReplyDelete
  91. @Mirza Afrianda : coba cari file dll.nya dulu yaitu dwmapi.dll. lalu register dwmapi.dll, baru instal adware cleaner lagi pak

    ReplyDelete
  92. mohon bantuannya saat mau upload faktur pajaknya kok gak bisa ya? padahal jaringan internetnya lancar. selalu muncul etax 40001

    ReplyDelete
  93. saya juga sudah pak saran dari pak @triwibowo tapi tetap aja gak bisa. Apa yang salah?
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
  94. Intinya .. di instal lg trs masukin sertifikat elektroniknya

    ReplyDelete
  95. Alhamdulillah langsung bisa setelah coba cara ini.. thanks

    ReplyDelete

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel