Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Simpel Instal Aplikasi e-Faktur di Macbook

Siapa yang tak kenal dengan macbook? Adalah salah satu jenis komputer jinjing atau laptop macintosh yang saat ini digandrungi oleh pecinta Teknologi Informasi. Produk yang dibuat oleh Apple Inc, merupakan produk terlaris dan tidak diragukan lagi kemampuannya. Tapi tidak dengan di Indonesia, macbook merupakan salah satu produk yang jarang orang memiliki. Berbeda dengan windows yang setiap orang pasti memiliki dan pernah menggunakan.

Jarangnya orang memiliki macbook menjadikan orang yang biasa memakai windows akan kaku ketika mengoperasikan, karena sistem operasinya sangat berbeda. Disamping itu, ada beberapa aplikasi yang memang membutuhkan pengaturan khusus ketika diinstal di macbook. Ketika aplikasi di windows tinggal instal saja, di macbook anda harus melakukan pengaturan-pengaturan khusus yang mungkin bagi anda terlihat mudah ternyata ketika dilakukan aplikasi tidak berjalan.

Seperti halnya dengan aplikasi e-faktur, bagi pengguna windows mungkin terasa mudah ketika melakukan instal, tinggal jalanin EtaxInvoice saja. Sedangkan di macbook, anda langsung instal atau membuka saja tidak akan mau jalan. Memang ada pengaturan yang harus anda lakukan ketika akan instal aplikasi e-faktur di macbook. Tenang, instalnya simpel kok. 

Pertama, siapkan aplikasi e-faktur yang memang khusus untuk macintosh, dapat anda download di efaktur.pajak.go.id. Download di alamat website tersebut, merupakan alamat resmi milik DJP untuk download aplikasi e-faktur, pilih Aplikasi e-Faktur Macinthos 64 bit. Setelah terdownload, ekstrak file taruh di tempat yang anda inginkan, dalam hal ini dicontohkan file e-faktur berada di dekstop dengan nama "eFaktur."
Cara simple instal aplikasi e-faktur di Mac
Cara simple instal aplikasi e-faktur di Mac

Buka terminal macbook, cara buka terminal di macbook ada beberapa yaitu buka Application, pilih Utilities, kemudian klik Terminal, selain itu anda juga bisa membuka Terminal dengan menggunakan Spotlight di sudut kanan atas, dan pada dock (akses cepat ke aplikasi) macbook.

Jika sudah muncul tampilan dialog terminal, ikuti petunjuk seperti pada gambar di atas atau ketiklah seperti dibawah. Pastikan aplikasi e-faktur berada di direktori yang dimaksud misalnya cd dekstop akan membawa anda ke direktori dekstop

  • cd Dekstop/
  • cd eFaktur/EFaktur_Mac64
  • -/EtaxInvoice
Setelah anda ketik -/EtaxInvoice dan tekan enter seharusnya aplikasi e-faktur akan terbuka. Cara di atas, jika anda lakukan dengan benar dan urut maka aplikasi e-faktur akan dapat digunakan. Demikian cara simpel instal aplikasi e-faktur di macbook, semoga bermanfaat.

11 comments for "Cara Simpel Instal Aplikasi e-Faktur di Macbook"

  1. Gan, ./ETaxInvoice atau -/ETaxInvoice?
    Saya masih kesulitan untuk menjalankan aplikasi efaktur.

    ReplyDelete
  2. @abdul haris : -/EtaxInvoice ini gan

    ReplyDelete
  3. @triwibowo mas minta tolong banget, saya uda satu minggu ga bisa buka efaktur, ini uda ahkhr bulan sy masih belum nemu cara update versi mac nya. mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  4. sudah bisa update macnya pak?

    ReplyDelete
  5. Sudah ada yg bisa install efaktur untuk mac?saya sudah coba buka sesuai contoh diatas tapi aplikasinya tidak bisa kebuka jg,ada yg bia bantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak akan pernah terbuka dengan command seperti itu, karna mac tidak mengenal command "CD"

      di mac ketika anda ingin mengakses sesuatu harus menggunakan command "Sudo"

      Delete
  6. saya sudah ikuti cara di atas tapi belum berhasil

    ReplyDelete
  7. ini yang bikin tread nya tidak mengerti tentang Mac OS,

    ITU ADALAH PERINTAH UNTUK DI GUNAKAN DI WINDOWS

    di mac tidaklah menggunakan keyword "cd"
    di mac menggunakan command " SUDO "
    Dan yang lebih penting lagi,
    Dalam directori Folder tersebut bukanlah Program untuk mac,
    Karna ketika saya coba reprogram agar bisa running di mac menggunakan Xcode Sama sekali nihil isi nya adalah script tidak jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya dong sy dah instal tapi utk faktur dah diisi & udah jadi tapi d save k desktop/doc nga bisa pdg jg mo d print nga bisa akhirnya cuma screenshot

      Delete
  8. Tetep gabisa kebuka pas di tahap -/ETaxInvoice isinya "No such file or directory" gimana tuh ? mohon bantuanya

    ReplyDelete
  9. untuk enternya ./EtaxInvoice enter

    ReplyDelete