Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Upload CSV Excel eSPT ke DJP Online

lapor pajak online, eSPT Loader
DJP Online untuk upload CSV Excel eSPT

Membahas DJP Online, pasti yang ada dalam pikiran anda tentunya e-filling pajak. Bagi anda wajib pajak yang sudah pernah menggunakan e-filling pasti sudah merasakan bagaimana mudahnya lapor SPT dengan e-filling pajak. Begitupun dengan saya.

Memang, DJP dalam hal ini penyedia layanan e-filling pajak terus berinovasi memberikan layanan-layanan yang dapat membuat wajib pajak nyaman dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Sekarang ini kita tentu tahu layanan baru di e-filling pajak, yaitu e-filling pajak di DJP Online dengan penyampaian SPT berupa loader eSPT.

Dengan loader eSPT anda tidak perlu datang ke KPP, anda langsung dapat melakukan lapor pajak online di DJP Online. Instal program eSPT anda antara lain eSPT Tahunan PPh Badan, eSPT Tahunan PPh OP, eSPT Masa PPh 21, eSPT Masa PPh 4 ayat 2, dan SPT Masa PPN (e-faktur). Buat file CSV excel dari eSPT kemudian upload di DJP Online.
Baca juga : Cara Lapor SPT Masa PPN Online (e-Filling Loader)
Namun, dalam proses upload CSV excel eSPT ada hal-hal yang harus anda perhatikan. Yang paling utama adalah File Lampiran atau File Pendukung SPT yang harus diupload. Terkadang saat proses upload dokumen kita tidak memperhatikan ukuran file, padahal memiliki batasan ukuran yang jika kita paksakan malah muncul error.

  1. Untuk batasan file lampiran atau pendukung SPT yang harus anda upload harus memiliki ukuran maksimal 40 Megabyte. Berjumlah satu file.
  2. File lampiran atau pendukung SPT dalam bentuk file PDF. Dengan ketentuan, apabila anda menggunakan pemindaian (SCAN) file SPT menjadi file PDF ukuran resolusi pemindaian yang disarankan adalah 200dpi.
  3. Disarankan nama File lampiran SPT sama dengan nama file CSV excel eSPT.
  4. Nama file CSV Excel eSPT Tidak boleh diganti nama. Biarkan default dari program eSPT.
Di atas adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan jika anda melakukan laporan baik SPT Tahunan ataupun SPT Masa melalui e-filling loader eSPT. e-Filling mudah dan proses cepat. Demikian, semoga bermanfaat.

11 comments for "Aturan Upload CSV Excel eSPT ke DJP Online"

  1. Kenapa pas upload data trus muncul notif kesalahan upload (object)???? mohon pencerahan

    ReplyDelete
  2. @Achmad Hidayat : untuk kasus tersebut memang banyak dialami oleh rekan lainnya pak. Coba dengan clear chace lalu dengan mode igcognito. Untuk slengkapnya dapat dibaca di link berikut

    https://www.efakturespt.com/2018/04/solusi-e-filing-error-upload-file-csv.html

    ReplyDelete
  3. kita kirim file csv saja tanpa lampiran.dan status jadi kurang pajak.apakah efeknya seperti itu?cara mengirimkan lampiran saja seperti apa ya?

    ReplyDelete
  4. @Yogi Fa : kalu memang ada lampiran misalnya bukti potong atau bukti pembyaran bisa dilampirkan. Tidak ada efeknya, sesuai CSVnya seharusnya.

    Untuk cara mengirimkan lampiran, lampiran tersebut dalam bentuk pdf size maksimal 2MB, format nama file sama persis dengan file CSV

    ReplyDelete
  5. APA MAKSUTNYA NAMA FILE TIDAK SAMA PAS DI UPLOAD

    ReplyDelete
  6. Bagaimana cara mau lihat kembali apa yg sdh kita upload?

    ReplyDelete
  7. Lampiran apa saja yah yg perlu di scan bentuk pdf di spt tahunan badan sekolah?

    ReplyDelete
  8. setiap meng upload file lampiran keterangannya dokumen yang anda lampirkan salah..padahal nama csv dan nama file lampiran sdh disamakan

    ReplyDelete
  9. Mau tanya, kalo pas upload csv muncul notif "NPWP SPT tidak sama NPWP login" itu maksudnya apa ya? Dan solusinya bagaimana?

    Itu untuk lapor spt badan.
    Mohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lihat postingan ditempat lain, katanya akun di blacklist, jadi harus ke kantor pajak setempat untuk membuka blacklistnya

      Delete