Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Error File not found: zlib.dll

eSPT Tahunan PPh Badan error File not found: zlib.dll
Create CSV error File not found: zlib.dll
Untuk dapat melakukan laporan SPT Tahunan PPh Badan tentunya anda harus membuat CSV beserta lampiran-lampiran yang diwajibkan. Untuk membuat CSV anda harus membuatnya melalui aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Jika anda belum memiliki eSPT Tahunan PPh Badan 1771, anda dapat download di bawah ini. 
Baca juga : Download eSPT Tahunan PPh Badan 1771 Terbaru
Setelah anda selesai melakukan input data di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan, untuk bisa laporan SPT, anda harus create CSV. Tetapi, ada yang membuat janggal di wajib pajak ketika create CSV eSPT Tahunan PPh Badan.

Ketika klik Create File ternyata muncul keterangan seperti error "File not found: zlib.dll". Namun, saat anda klik OK file CSV berhasil terbentuk. 

Awalnya bingung juga dengan kemunculan error File not found: zlib.dll. Meskipun CSV berhasil terbentuk tetapi CSV tersebut pasti akan dikembalikan oleh petugas pajak yang meneliti atau menerima CSV anda. Hal tersebut dikarenakan file CSV tidak dapat terbaca oleh viewer DJP.

Lokasi file Zlib.dll, Windows 32 bit
Untuk mengatasi munculnya error File not found: zlib.dll, berikut solusinya

  1. Anda harus memiliki file bernama zlib.dll. Boleh anda ambil dari PC/laptop ataupun download di web lain (ketika anda search zlib.dll akan muncul banyak sekali)
  2. Bagi anda pengguna windows 32 bit. Copy file zlib.dll yang lokasinya ada di C:\Windows\System32\1771 2010 RP (lihat gambar). Masukkan/pastekan ke dalam direktori C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010.
  3. Bagi anda pengguna windows 64 bit. Copy file zlib.dll yang lokasinya ada di C:\Windows\SysWOW64\1771 2010 RP. Masukkan/pastekan ke dalam direktori C:\Program Files (x86)\DJP\eSPT 1771 2010.
  4. Setelah itu buat kembali file CSV eSPT Tahunan PPh Badan 1771 dan segera laporkan melalui e-filling atau langsung datang ke KPP.
Dengan mengcopy file zlib.dll ke dalam direktori hasil Install eSPT Tahunan PPh Badan 1771 (cara di atas), CSV akan normal terbentuk tanpa akan ada error File not found: zlib.dll dan akan terbaca di viewer DJP. Demikian, semoga bermanfaat.

13 comments for "Solusi Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Error File not found: zlib.dll"

  1. Dear Tri ,

    mau tanya , kalau saya kasusnya beda , csv sudah berhasil disimpan , tetapi tidak ditemukan , file zibl.dll sudah ada , mohon advise nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksdnya csv yg terbentuk tidak ada lokasi penyimpanan?

      Coba UAC pada control panel dibuat never notify. Dan waktu menentukan ditektori penyimpanan csv usahakan jangan di C

      Delete
  2. alhamdulillah berhasil, terima kasih...

    ReplyDelete
  3. sore, sy mau tny, kan sy ada buat pembetulan ke 1, nah pas mau create cvs muncul ktrgn the requested operation is not supported in this platform, cvs kemudian bs disimpan tp pas dibuka kosong isinya, mhn bantu solusinya thx

    ReplyDelete
  4. lalu ada masalah baru yang muncul, muncul notif "the requested operation is not supported in this applicatin" padahal saya menggunakan aplikasi yang diperoleh langsung dari personil pajak. Aneh banget. Anyway, ngapain sih zlib.dll ini pake hilang. sebelumnya tidak ada masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah saya bisa diatasi setelah membaca informasi di blog ini https://ockpp.wordpress.com/2018/04/06/espt-tahunan-badan-error-prj17712009-the-requested-operation-is-not-supported-in-the-platform/comment-page-1/?unapproved=1034&moderation-hash=59ccde94f3e9a4d0e48fd1674f34e01f#comment-1034

      Delete
  5. bila semua cara sudah dicoba dan masih gagal menemukan file csv tersebut, maka biasanya itu masalah settingan komputernya, jadi penyimpanan nanti kesimpan di virtual store. so langsung aja cek file csv ke virtual store.

    C://users/nama user/appdata/local/virtual store/program...

    ReplyDelete
  6. Trimakasih membantu sekali.. langsung bisa create csv nya..

    ReplyDelete
  7. saat membuat CSV file muncul pesan ...the parameter is incorrect... dan file 0 KB mohon solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa solusi di atas sudah dilakukan? taruh file zlib.dll di instalasi espt pph badan

      Delete
  8. Siang Pak, saya mengalami error pada saat penarikan CSV yaitu "either BOF or EOF is true,..." CSV tetap ter create akan tetapi pada saat pelaporan tidak dapat terbaca oleh sistem DJP, dan saya telah melakukan tahapan dalam forum ini. Mohon solusinya


    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang ibu winna
      zlib.dll sudah diletakkan di instalasi espt belum berhasil juga yaa? coba masuk Control Panel - Programs - Programs and Features - Cari program eSPTnya lalu klik kanan Repair.

      Delete