Solusi eSPT Error Object Variable Or With Block Not Set, Tidak Bisa Cetak dan Create CSV

Ada beberapa error aplikasi eSPT yang memang sangat membingungkan untuk diartikan errornya. Salah satu error eSPT yang menurut saya membuat bingung untuk mencari solusinya adalah Error "Object Variable Or With Block Not Set."
eSPT PPh 23 Error Object Variable Or With Block Not Set
eSPT PPh 23 Error Object Variable Or With Block Not Set
Akibat kemunculan error tersebut sangat beragam dan menjangkit beberapa aplikasi eSPT. Contohnya aplikasi eSPT PPh 4 ayat 2 yang tidak bisa cetak sekaligus tidak bisa buat CSV, eSPT PPh 23 juga tidak bisa cetak bukti potong sekaligus tidak bisa buat CSV. Mayoritas error Object Variable Or With Block Not Set dialami oleh eSPT PPh 4 ayat 2 dan eSPT PPh 23. Tetapi error tersebut juga muncul di aplikasi eSPT Tahunan PPh OP saat akan create CSV.

Kemunculan error tersebut mengakibatkan wajib pajak tidak dapat lapor SPT Masa ataupun SPT Tahunan. Penyebabnyapun saya tidak mengetahui secara pasti, apa memang aplikasi eSPT belum terinstal sempurna, apa mungkin ada karakter yang tidak diperkenankan diinput, dan/atau memang pengaturan di laptop/PCnya.

Jangan menyerah, tapi cobalah untuk menerapkan solusi ini. Backup database anda, bisa dengan cara ekspor ke dalam format CSV ataupun langsung ambil databasenya di C:\Program Files\DJP, kemudian pilih eSPTnya.

Setelah anda melakukan backup database aplikasi eSPT, langsung segera lakukan intall ulang. Uninstal terlebih dahulu baru lakukan install eSPT lagi. Diusahakan ketika melakukan install ulang, anda menggunakan installer aplikasi eSPT yang lain atau baru.

Apabila sudah berhasil melakukan instal ulang, gunakan database yang telah anda backup tadi. Buat ulang SPTnya dan coba buat CSV ataupun cetak SPTnya kembali. Demikian, semoga bermanfaat.

21 Responses to "Solusi eSPT Error Object Variable Or With Block Not Set, Tidak Bisa Cetak dan Create CSV"

  1. Mas, saya punya masih saja begitu. Bahkan sudah berbeda laptop. Bagaimana ya caranya.

    ReplyDelete
  2. Sy jg, penyebab nya stelah sy update Windows, kok mlah gini ya... Udh install dan uninstall tp ttep aja g bisa...

    ReplyDelete
  3. saya juga, sudah diuninstall dan install ulang espt pasal 4(2), 23 dan Badan masih muncul pesan "Obyek variable or with block viariable no set"

    ReplyDelete
  4. iya, saya juga masih belum bisa, sudh install ulang juga tetep ga bisa

    ReplyDelete
  5. Adakah yang sudah menemukan caranya? saya juga mengalami hal yang sama

    ReplyDelete
  6. Solusi sementara mau gak mau harus rollback / downgrade windows 10 nya dari versi 1809 ke versi 1803 sambil menunggu adanya patch terbaru dari aplikasi eSPT.
    https://www.yourwindowsguide.com/2018/10/rollback-windows-10-version-1803-upgrading-version-1809.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya mau coba solusi itu, tapi belum jadi, masa iya harus rool back segala. Akuudah coba uninstal update terakhir tapi ga bisa semuanya. Masih nunggu beberapa hari coba. kemaren juga aku telp kring pajak, blm ada solusi. However Thanks Mas Rudi Lavida

      Delete
    2. Terima kasih mas Rudy Lavida atas sarannya buat rekan-rekan.. Memang error ini mayoritas dialami oleh windows 10

      Delete
  7. Just to inform u guys, roll back works for fix the problem. I already did it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Edo, sy mau nanya, windows 10 ke 7 apakah nnti datanya akan hilang? atau adakah cara khusus biar mencegah hilang database?

      Delete
  8. saya menggunakan windows 7 ultimate. pada apliasi espt PPh Final 4(2) bisa print tapi tidak bisa create CSV, ada tiga file DB (3 perusahaan) yang 2 bisa create CSV namun yang 1 tidak bisa cretae CSV, mungkin ada yang mnegalami hal sama dengan saya, mohon share solusinya.
    Terimakasih
    (saya sudah coba lewat CMD namun msh gagal)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dbnya klik kanan properties. Compatibilty pilih windows xp sp3 dan bagian run administrator dicentang.

      UAC control setting di control panel coba dibuat low..

      Delete
  9. ahh parah no espt.. masak harus rollback os. cuman untuk aplikasi ini,, gak segera ditangani ini

    ReplyDelete
  10. Apakah sudah ada update solusi terbaru mengenai masalah ini, tanpa perlu rollback OS? Sepertinya pihak DJP kurang tanggap atau menganggap remeh masalah ini, atau bahkan menjadikan ini peluang untuk mengenakan denda keterlambatan pelaporan bagi wajib pajak.

    ReplyDelete
  11. windows 10 -1809 sudah lebih dari 10 hari gak bisa rollback. solusi nya apa ya ?

    ReplyDelete
  12. Ini solusi Object Variable Not Set pada Windows 10 tanpa harus rollback http://ortax.org/ortax/?mod=forum&page=show&idtopik=78864

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah berhasil buka SPT bulan2 sebelumnya. Buat bukti potong periode baru juga sudah bisa, tetapi saat mau ke SPT masanya kok masih error yang sama ya?

      Delete
  13. Berhasil. Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  14. Ini hanya yg PPh23, untuk espt yg lain bagaimana solusinya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel