Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berhasil Update e-Faktur Versi 2.0 Upload Faktur Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017

Untuk melakukan update e-faktur versi 2.0 secara manual memang sangat disarankan semenjak beberapa wajib pajak banyak mengalami gagal update secara otomatis. Untuk update manual e-faktur sudah tidak perlu saya jelaskan pada pembahasan kali ini, karena sudah dibahas berulang-ulang. Silahkan baca terlebih dahulu di bawah ini.

Baca juga : Solusi Gagal Update e-Faktur Versi 2.0
Setelah berhasil melakukan update manual e-faktur versi 2.0, tentunya yang pertama ingin dilakukan adalah upload faktur pajak. Sebelum melakukan upload faktur pajak import ulang sertifikat elektronik yang baru terlebih dahulu (download di enofa online). Barulah setelah sukses import sertifikat elektronik lanjut mulai upload faktur pajak.

Saat akan upload faktur pajak tentunya Anda harus mengaktifkan uploader e-faktur terlebih dahulu. Nah, pada tahap start uploader ini banyak yang bertanya, secara tiba-tiba muncul error "ETAX-40003 : Error di Service Session dan ETAXSERVICE-20017 : Client Tidak Terdaftar". Uploader tidak dapat berjalan alhasil tidak dapat upload faktur pajak.

ETAX-40003 : Error di Service Session dan ETAXSERVICE-20017 : Client Tidak Terdaftar
ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017

Jika anda mengalami error yang sama dan di tahap yang sama juga, silahkan cek databasenya, pastikan "db" yang anda gunakan adalah "db" yang sudah sesuai.

Apabila db tersebut adalah satu-satunya yang memang selalu Anda gunakan, artinya error "ETAX-40003 : Error di Service Session dan ETAXSERVICE-20017 : Client Tidak Terdaftar" berkaitan dengan status e-faktur dekstop di enofa online.

Langsung saja cek status aplikasi e-fakturnya di enofa online (efaktur.pajak.go.id), login dan pilih Profil User. Lihat pada bagian Status Aplikasi e-Faktur Dekstop.

Solusi Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017

Cek Profil User di Enofa Online
Cek Profil User di Enofa Online

Saya juga pernah menemui error "ETAX-40003 : Error di Service Session dan ETAXSERVICE-20017 : Client Tidak Terdaftar" setelah update e-faktur. Padahal, berdasarkan penuturan wajib pajak tidak pernah melakukan reset aplikasi e-faktur. Langsung saja saya cek Profil User di enofa online, memang status belum teregistrasi/belum aktif.

  • Backup dahulu faktur pajak, dokumen lain, retur, lawan transaksi, dan nama barang/jasa dengan metode ekspor. Pastikan seluruh data berhasil terekspor.
  • Setelah itu download aplikasi e-faktur terbaru, silahkan registrasi ulang e-faktur dengan kode aktivasi efaktur dekstop (lihat di enofa online).
  • Setelah berhasil melakukan registrasi e-faktur, data yang sudah Anda eksport tadi silahkan diimport sesuai jenis datanya. Pastikan Anda telah input terlebih dahulu seluruh Range Nomor Faktur di menu Referensi.
  • Silahkan upload ulang faktur pajaknya.
Cara di atas saya lakukan dan akhirnya faktur pajak berhasil upload. Aplikasi e-faktur kembali normal. Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berhasil Update e-Faktur Versi 2.0 Upload Faktur Error ETAX-40003 dan ETAXSERVICE-20017"