Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Upload Faktur Reject Error ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual

Pembahasan kali ini mengenai upload faktur pajak yang mengalami error "reject". Ada beberapa wajib pajak yang pada saat upload faktur pajak mengalami reject. Error reject tersebut dengan keterangan yang berbeda dari efaktur versi sebelumnya. Benar saja, hal ini masih berkaitan dengan adanya update aplikasi e-faktur versi 2.0.

Pada saat upload faktur pajak muncul error "reject" dengan keterangan ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual. Jika anda mengalami erorr reject yang sama, pasti yang anda lakukan pertama kali adalah mengecek kebenaran nomor seri faktur pajaknya. Pada saat anda cek nomor seri fakturnya, ternyata sudah sesuai dengan permohonan. Bahkan anda cek di administrasi faktur memang belum digunakan.

Upload Faktur Reject Error ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual
Reject ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual

Upload faktur pajak reject Error ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual muncul karena sewaktu anda input faktur pajak, Anda memasukkan tanggal yang lebih kecil dari tanggal permohonan Nomor Seri Fakturnya.

Jadi solusinya, masukkan tanggal yang sesuai dan tidak boleh lebih kecil dari anda menerima Nomor Seri Faktur pajak tersebut. Misalnya anda menerima Nomor Seri faktur pajak pada tanggal 02 Oktober 2017, Anda tidak diperkenankan untuk input tanggal 01 Oktober 2017 kebelakang. Harus tanggal 02 Oktober 2017 ke atas. Demikian, semoga bermanfaat.

27 comments for "Upload Faktur Reject Error ETAX-API-00003 : Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual"

  1. Terima kasih, sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, ulasannya sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. Sangat... sangat membantu, TOB Om...

    ReplyDelete
  4. samasama, senang bisa membantu

    ReplyDelete
  5. maaf, mohon solusinya
    kalo sudah terlanjur salah input nomor referensi faktur pajak, bagaimana cara mengubahnya?

    ReplyDelete
  6. saya baru saja mengalami kejadian tsb di"reject" tapi no faktur pajak tersebut sudah benar dan sesuai jatah karena tinggal meneruskan bulan lalu. dan tidak ada keterangan apa-apa..ini biasanya karena apa?tq sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Keterangan tidak ada ya? Coba tutup aplikasi lalu buka kembali dan uoload ulang. Jika tetap reject periksa kembali nama barang/jasa apakah terdapat karakter khusus.

    Coba juga import ulang sertifikat elektroniknya, semoga berhasil...

    ReplyDelete
  8. Terimakasih ulasannya sangat membantu.

    ReplyDelete
  9. cara mengatasi masalah tersebut diatas gimana ya,tgl invoice lebih kecil dr no faktur ny

    ReplyDelete
  10. @Sukmayanti ni luh putu gede : sama-sama, senang bisa membantu

    ReplyDelete
  11. sangat membantu, terima kasih

    ReplyDelete
  12. kalo beda bulan bagaimana, krn minta nya pas sudah beda bulan / periode

    ReplyDelete
  13. beda bulan dalam hal ini tidak diperkenankan tanggl faktur lebih kecil dari tanggal permintaan NSFP

    ReplyDelete
  14. Terima kasih infonya sangat membantu....

    ReplyDelete
  15. Makasih bgt pa uraian nya,cuma mohon petunjuk jika tgl tidak bisa dirubah (tgl transaksi ) sebelum permintaan nsfp apakah ada solusi lain..karena kebijakan dari lawan transaksi saya tidak bisa berubah..pa..mohon petunjuk,makasih.

    ReplyDelete
  16. Makasih bgt pa uraian nya,cuma mohon petunjuk jika tgl tidak bisa dirubah (tgl transaksi ) sebelum permintaan nsfp apakah ada solusi lain..karena kebijakan dari lawan transaksi saya tidak bisa berubah..pa..mohon petunjuk,makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf untuk perubahan tanggal mundur sebelum permintaan NSFP tidak bisa dilakukan. Karena secara administrasi-pun dan dibuat pengganti juga tidak akan bisa.

      Delete
  17. saya baru saja mengalami kejadian tsb di "reject" keterangan Nomor Seri Faktur Pajak Bukan Jatah Penjual/tanggal faktur sebelum tanggal permintaan NSFP.
    tapi no faktur pajak tersebut sudah benar dan sesuai jatah karena tinggal meneruskan bulan lalu.bagaimana solusinya, tks sebelumnya

    ReplyDelete
  18. Misi pak...
    NSFP saya tertanggal 03 Januari 2019, sedangkan saya buat faktur hari ini (07 Mei 2019), tp knapa masih muncul kode tersebut ya pak...??
    Apakah NSFP skrg ada tgl expired nya...?? misal berlaku bbrp bulan kedepan..??

    Mohon pencerahannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tadi sempat error, silahkan dicoba kembali..

      Delete
  19. NSFP saya tanggal 5 Januari 2019,sy buat Faktur tgl 7 mei 2019 ,msh muncul ket rijek dan sm seperti kejadian di atas..tolong bantuannya

    ReplyDelete
  20. kasus saya sama dengan kasus rekan2 diatas apa tidak ada solusi soalnya saya baru dapat masalah seperti ini dan tanggal rekam faktur tgl 10 februari tapi gak bisa di gunakan kalaupun bisa itu hnya tanggal 24 smapi 30 mohon bantuannya

    ReplyDelete